Advertisement

Jenis Investasi yang Paling Aman dan Beresiko Rendah

Rancakmedia.com – Ketahui jenis investasi yang paling aman dan tidak beresiko besar. Investasi saham saat ini lebih populer di kalangan anak muda. Salah satu alasannya adalah diprediksi akan menghasilkan pendapatan yang besar.

Namun di balik itu semua, investasi saham membutuhkan ketabahan yang tinggi. Karena berinvestasi di saham memerlukan pengambilan risiko tinggi, itu membutuhkan nyali.

Nilai saham bervariasi cukup cepat. Seperti roller coaster, bahkan perubahan dapat terjadi dalam hitungan menit.

1. Investasi Emas

Jika tiba-tiba meningkat, kamu akan merasa senang. Namun, harga mungkin turun drastis setelah beberapa waktu, dan kamu mungkin mengalami “perut tidak nyaman”.

Jika kamu tidak memiliki ‘kekuatan’ untuk memikul beban yang luar biasa, kamu mungkin merasa depresi. Investasi saham terkenal dengan tingkat risiko dan imbalannya yang tinggi.

Akibatnya, kamu harus mempersiapkan secara psikologis. Jika kamu adalah investor yang lebih berhati-hati, kamu sebaiknya menghindari saham.

Daftar Jenis Investasi yang Paling Aman

Berikut ini adalah alternatif jenis investasi paling aman dan berisiko rendah yang disarankan untuk orang awam, yaitu:

1. Investasi Emas

Investasi emas telah terbukti bebas risiko dan kecil kemungkinannya untuk mengalami kerugian. Apalagi kecenderungan harga emas terus menanjak setiap tahunnya. Dan, harga emas juga cukup konstan, jadi kamu tidak akan rugi.

kamu dapat memperoleh dari investasi emas jika kamu menahannya untuk jangka waktu yang lama. Semakin lama jangka waktunya, semakin banyak keuntungan yang kamu peroleh.

Bagaimana cara menghitung keuntungan dari investasi emas ini?

Satu gram harga emas sekitar 500 ribu rupiah pada 2011, misalnya. Sementara harga emas saat ini, pada 2021 sudah mencapai 900 ribu rupiah per gram. Jadi, investasi emas kamu naik 80 persen dalam 10 tahun.

Bayangkan apa jadinya jika di tahun 2011 kamu punya 10 gram emas seharga 5 juta rupiah. Sekarang, kamu bisa menjualnya seharga 9 juta rupiah.

Kami memiliki berbagai alternatif investasi emas untuk dipilih. Setidaknya salah satu dari mereka telah menabung emas dengan kelipatan 10.000 rupiah setiap bulannya.

2. Surat Utang Negara

2. Surat Utang Negara

Ada berbagai pilihan obligasi pemerintah yang bisa kami coba. Diantaranya adalah Savings Bonds Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST) dan Obligasi Negara Ritel (ORI). Meskipun kurang menguntungkan dibandingkan saham, ketiganya memiliki risiko rendah tetapi imbalan tinggi.

Saat membeli obligasi pemerintah, kamu sering mendapatkan kupon atau pembayaran bunga yang melebihi investasi awal.

Selain itu, nilai kupon ini tumbuh seiring dengan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Namun, jika suku bunga turun, kupon kami akan tetap, lho.

Investasi satu juta rupiah dalam obligasi pemerintah juga dalam jangkauan. Akibatnya, menghemat uang daripada membelanjakannya untuk pakaian adalah investasi yang lebih bijaksana. Bukankah itu yang rata-rata orang pikirkan?

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang investasi, sebagai berikut:

Daftar Jenis Investasi yang Paling Aman

Investasi Apa Saja Yang Halal?

Yaitu apapun bentuk propertinya, baik itu ruko, rumah, maupun tanah, investasi properti termasuk salah satu investasi yang sesuai dengan syariat islam, investasi yang berbentuk tanah atau bangunan termasuk dengan investasi halal dalam prinsip syariah.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi dengan dua jenis investasi yang paling aman di atas?

Demikian artikel tentang jenis investasi yang paling aman dan beresiko rendah, semoga jenis investasi yang kami sebutkan di atas dapat bermanfaat untuk kamu semua, selamat mencoba.

Back to top button