What Is Celsius Crypto and How Does It Work

Rancakmedia.com – Berikut ini informasi yang akan kami bahas tentang apa itu celcius crypto lengkap dengan penjelasan bagaimana cara kerjanya, silahkan kamu baca artikel ini sampai habis ya.

Celsius Network telah berada di ujung lidah semua orang selama seminggu terakhir, dan bukan tanpa alasan. Platform ini telah berada di garis depan badai cryptocurrency saat ini dan kemerosotan pasar sejak dimulai pada tahun 2014.

Beberapa hari yang lalu, perusahaan melakukan apa yang ditakuti banyak orang – Celsius Network membekukan semua penarikan, pertukaran, dan transfer antar akun. Karena perusahaan mengklaim bahwa “bertindak demi kepentingan komunitas kami adalah prioritas utama kami”, pengguna tidak dapat mengakses uang mereka.

“Celsius menemukan hasil dan sebelum itu tidak ada yang membayar untuk hasil. Saya sedang berbicara tentang satu setengah tahun sebelum DeFi. Dengan Celsius, kata-kata awalnya adalah, “Buat bitcoin dari bitcoin, atau ini token – kamu bisa menghasilkan dengan token.” dalam obrolan eksklusif dengan CEO Alex Mashinsky, kami belajar kembali pada bulan April.

Mashinsky tentu saja tidak memperkirakan gangguan besar yang akan dihadapi organisasinya hanya dua bulan kemudian. Perlu dicatat bahwa Celsius Network adalah peserta utama di pasar pinjaman bitcoin. Pada saat penulisan ini, itu juga dalam kesulitan yang nyata sebuah posisi yang, jika diperparah lebih lanjut, mungkin memiliki konsekuensi bencana bagi seluruh bisnis.

Apa Itu Celcius Crypto dan Cara Kerjanya?

ETH, BTC, dan banyak stablecoin lainnya semuanya dapat diinvestasikan di satu tempat melalui Celsius Network, platform terpusat. Terlepas dari kenyataan bahwa ia terlihat seperti bank, tampaknya berfungsi lebih seperti dana lindung nilai.

Apa Itu Celcius Crypto dan Cara Kerjanya

Beberapa model bisnis yang berbeda telah diterapkan. Pertama, ada bagian di mana pengguna dapat mengembangkan minat pada koin mereka. Prosesnya mudah: kamu menyetorkan mata uang kripto kamu ke Celsius dan dijamin pengembalian tahunan hingga 17% APY, angka yang mungkin berfluktuasi.

“Celsius mendapatkan semua uangnya dalam bentuk pinjaman, oleh karena itu semua hal lain yang kami berikan (gratis),” Mahinsky memberi tahu kami. “Kami menghasilkan semua uang kami dari pendapatan, pendapatan dari institusi kami menyediakan semua layanan kepada konsumen kami secara gratis: on-ramp, swap, pinjaman – semuanya cukup gratis. Itu sebabnya tidak ada yang bisa mengalahkan Celsius.”

Kedua, pengguna dapat meminjam uang dan menempatkan cryptocurrency mereka sebagai keamanan. Misalnya, jika kamu berada dalam skenario di mana kamu membutuhkan USDT atau USDC, tetapi kamu tidak ingin menjual BTC kamu, kamu dapat menggunakannya sebagai jaminan dan mendapatkan pinjaman dari Celsius dengan tingkat bunga tertentu, tentu saja.

Celsius bukan satu-satunya perusahaan yang menyediakan layanan ini. Istilah “CeFi” digunakan untuk menggambarkan alternatif keuangan terdesentralisasi (juga dikenal sebagai DeFi) di mana pengguna terus terlibat dengan perantara pusat.

Apa yang berkaitan dengan posisi pasar saat ini dan mengapa Celsius berada dalam kesulitan yang jelas adalah bagian di mana mereka menawarkan tarif tertentu bagi konsumen untuk menyetor uang mereka di situs.

Sebagai ganti berbagai stablecoin, Celsius menjanjikan pengembalian yang serupa dengan ini. Ya, itu mendapatkan banyak perhatian, dan perusahaan telah berkinerja baik akhir-akhir ini. Faktanya, pada November 2021, perusahaan meningkatkan putaran investasi terbarunya menjadi $750 juta, menilai perusahaan lebih dari $3,25 miliar dolar.

Salah satu dari banyak kekuatan Celsius adalah kemampuan mereka untuk secara rutin memperoleh keuntungan lebih besar daripada yang mereka berikan kepada pelanggan mereka. Misalnya, jika mereka menjamin hingga 7 persen pada USDC, ini menunjukkan bahwa mereka akan menggunakan USDC yang mereka investasikan untuk memperoleh tarif yang lebih besar.

Satu-satunya masalah? Nah, pada waktu-waktu biasa, seharusnya tidak ada kesulitan. Masalah berkembang ketika pasar runtuh dan, ya, memang begitu. Dalam beberapa hari terakhir, ETH telah turun lebih dari 50%, sementara BTC telah turun lebih dari 30%. Ketika hal ini terungkap, itu mengungkap beberapa masalah dengan gaya manajemen Celsius.

Apa yang Salah Dari Celcius Crypto

Indikator merah utama bahwa ada sesuatu yang benar-benar salah dengan Celsius muncul ketika mereka menghentikan penarikan dan transfer, membuat semua kliennya kehilangan uang mereka. Namun, potensi teknologi berbasis blockchain sebagian besar disamarkan karena sepenuhnya terlihat.

Kelompok itu berusaha keras untuk mencari tahu di mana Celsius bisa bersembunyi, tetapi situasinya tidak terlihat bagus. Misalnya, kami dapat memantau posisi perusahaan dalam pinjaman DAI besar menggunakan Oasis (protokol yang memungkinkan pengguna untuk meminjam DAI dengan segala jenis agunan yang didukung oleh Pembuat).

Untuk meringkas, Celsius telah meminjam DAI dengan rasio jaminan 195.93 persen dan mengamankan pinjaman dengan hampir $545 juta di WBTC. Dengan harga 26% di bawah harga BTC saat ini, mereka telah menetapkan harga likuidasi di mana seluruh saham mereka yang bernilai lebih dari $500 juta akan dilikuidasi secara on-chain jika mereka tidak memberikan jaminan lebih lanjut.

Aspek yang paling mengkhawatirkan dari situasi ini adalah bahwa Celsius tidak hanya gagal mengembalikan pinjaman tetapi juga telah menambahkan lebih banyak agunan beberapa kali dalam beberapa hari sebelumnya.

Kepemilikan mereka serendah 5% dari likuidasi pada satu waktu. Perlu diingat – mereka mungkin uang yang Celcius pengguna menaruh harapan untuk mendapatkan pengembalian, dan mereka hanya 5 persen dari seluruh kerugian belum lagi efeknya jika BTC senilai lebih dari $500 juta menghantam pasar selama keadaan sulit seperti hari ini.

Pedagang individu dengan toleransi risiko yang tinggi mungkin setuju dengan ini, tetapi perusahaan bernilai miliaran dolar yang mengelola uang orang biasa harus berpikir dua kali.

Hal di atas hanyalah salah satu ilustrasi mengapa situasinya tampak suram. Yang lainnya adalah bahwa perusahaan mentransfer sekitar $320 juta untuk FTX tanpa mengungkapkannya kepada komunitas sebelum mereka menghentikan penarikan.

Bagi banyak pelanggan, keheningan total perusahaan selama 24 jam terakhir telah menjadi tkamu yang paling mengkhawatirkan bahwa mereka tidak akan pernah lagi memiliki akses ke uang mereka.

Risiko Besar untuk Industri Crypto

Bahkan ketika masalah dengan Celsius masih berkembang, itu menimbulkan kekhawatiran jangka pendek dan jangka panjang ke pasar cryptocurrency yang lebih luas secara keseluruhan.

Risiko Besar untuk Industri Crypto

Dalam waktu dekat, Celsius memiliki jumlah besar crypto. Terlepas dari volatilitas saat ini, situs web mereka masih mengklaim memiliki aset 151.534 BTC pada saat penulisan kalimat ini.

Terlepas dari ukurannya, Celsius adalah salah satu pemberi pinjaman utama di sektor ini dan tidak diragukan lagi akan menimbulkan kegemparan di pasar jika mereka mulai melikuidasi aset. Beberapa mengklaim bahwa penurunan saat ini sebagian terkait dengan penjualan perusahaan.

Ini juga membawa kita ke perhatian jangka panjang untuk seluruh komunitas bitcoin: aturan yang ketat dan tidak sah. Kita telah melihat apa yang terjadi ketika ekosistem Terra tenggelam pihak berwenang dari seluruh dunia mulai mengeluarkan peringatan dan mengembangkan peraturan yang ketat dalam upaya untuk melindungi investor dari bencana semacam itu di masa depan.

Asumsikan perusahaan “crypto-native” dengan aset miliaran dolar bangkrut karena pengelolaan uang yang buruk sebagian karena aturan yang tidak jelas atau tidak ada. Firasat saya adalah itu tidak akan indah dan tidak akan membantu. Regulator akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis ini, dan mereka memiliki alasan kuat untuk menjaga jarak melindungi investor kecil.

Dampak Runtuhnya Celcius Crypto

Celsius adalah salah satu platform pinjaman teregulasi yang memungkinkan pelanggan mendapatkan bunga atas simpanan kripto atau bahkan membuat pinjaman kripto yang dijaminkan. Karena LTV (Loan-to-Value) pinjaman yang ditawarkan oleh Celsius Network lebih dari 50%, peminjam diharuskan untuk menyediakan lebih banyak uang daripada yang mereka butuhkan sebagai jaminan.

Jaminan pengguna secara otomatis ditambahkan ke kumpulan yang sama setiap kali mereka melakukan deposit dengan Celsius. Agunan ini kemudian dipinjamkan ke lembaga keuangan dan sebagai gantinya, mendapat bunga dari mereka. Sebagian dari bunga yang dikumpulkan dari institusi tersebut selanjutnya diberikan kepada individu yang telah menempatkan kripto di Celsius.

Ini seperti bank di mana uang yang disimpan pelanggan sebagai FD atau RD kemudian digunakan untuk memberikan pinjaman kepada pelanggan lain. Deposan mendapatkan bunga dari bank mereka, yang memungkinkan mereka untuk menghargai pelanggan mereka atas kesetiaan mereka.

Celsius Network Digital Asset Holdings

Situs web resmi Celsius Network mempromosikan 7 persen penawaran pengembalian untuk Stablecoin seperti USD Coin(USDC) & Tether (USDT), 7,25 persen untuk Polygon, dan 6 persen untuk Ethereum dan 6,25 persen untuk Bitcoin. Protokol selanjutnya meminjamkan aset dari kumpulan tertentu dengan harga lebih tinggi kepada peminjam.

Pada bulan Mei, Celsius mengklaim memiliki 1,7 juta pelanggan dan hampir $ 11,7 miliar dalam aset yang dikelola (AUM) (AUM). Untuk simpanan mata uang kripto, ia memberikan persentase hasil tahunan (APY) hingga 18% dan mengklaim telah memberikan pinjaman dengan total lebih dari $8 miliar.

Menurut sumber tertentu, dompet Core DeFi, sekarang dompet Celsius di Aave memiliki 409K stETH, 4.49K wBTC, 9.5K weTH dalam jaminan dan $206 juta, $99,4 juta DAI & $932K USDT dalam hutang. Di Compound, Celsius memiliki 14.436 WBTC, 87.604 ETH agunan dan $141.6 juta DAI dan $82,9 USDC dalam hutang. Celsius Vault Maker, di sisi lain, berutang $ 279 juta di DAI dan memiliki utang 21.961 WBTC dan 6,7 juta LINK.

Di Mana Masalah Itu Muncul dan Bagaimana Caranya?

Semuanya dimulai ketika stETH atau ETH yang dipatok 1:1, yang dipertaruhkan melawan Ethereum, runtuh. stETH, produk dari Lido Finance, mewakili ETH yang terkunci dalam Rantai Beacon ETH 2.0 dan dapat digunakan sebagai jaminan untuk meminjam ETH tambahan pada platform DeFi.

Di Mana Masalah Itu Muncul dan Bagaimana Caranya

Oleh karena itu, ketika stETH kehilangan sahamnya dari ETH, posisi yang telah meminjam ETH melalui stETH akan dilikuidasi. Ini menyebabkan penjualan panik, terutama Ethereum di pasar crypto.

Ketika token stETH kehilangan sahamnya, itu menghasilkan banjir penebusan yang menyebabkan kemacetan likuiditas pada platform DeFi yang populer. Akibatnya, Lido menganggap Celsius sebagai pemangku kepentingan signifikan dalam stablecoin mereka. Karena peringkat stETH kurang dari ETH, dilema muncul di sini!

Krisis Likuiditas Celcius Crypto

Ini adalah kebenaran yang diketahui bahwa Celsius telah kehilangan beberapa LUNA & UST selama keruntuhan, tetapi pada saat yang sama, protokol juga kehilangan sejumlah besar Ethereum. Ya! Jaringan telah kehilangan hampir 35.000 ETH dalam insiden kehilangan kunci Stakehound pada Mei 2021 meskipun menyimpan lebih dari 42.000 ETH di dompet yang dikonfirmasi. Peretasan BadgerDAO, di sisi lain, menelan biaya platform $50 juta.

Bencana LUNA-UST diyakini disebabkan langsung oleh platform Celsius’s Anchor, yang menyimpan 500 juta dolar dalam simpanan pelanggan. Total $120 juta uang pengguna hilang dalam insiden ini. Selain kerugian besar, krisis likuiditas muncul ketika ada ketidaksesuaian antara kewajiban likuid dan aset tidak likuid.

Protokol memiliki sekitar 73 persen dari ETH-nya yang terkunci di stETH atau dipertaruhkan di ETH 2.0 yang membuatnya sulit untuk ditarik hingga digabungkan. Karena itu, Celsius hanya memiliki 27% kepemilikan ETH yang terbuka, sehingga membuat mereka gulung tikar.

Selain itu, keadaan pasar menyebabkan penarikan ETH besar yang naik hingga 50.000 ETH setiap minggu. Ini mungkin menyebabkan kebangkrutan paling cepat dalam lima minggu ke depan. Karena pasar tidak stabil, Celsius Network telah menghentikan semua transfer dan penarikan cryptocurrency.

Dampak Terhadap Pasar Crypto

Karena penurunan tajam nilai ETH dalam beberapa minggu terakhir, pernyataan ini membuat seluruh pasar cryptocurrency anjlok. Harga Bitcoin bertahan di atas zona dukungan penting di atas $28.700, turun untuk menguji level terendah 18-bulan di $20.500.

Meskipun pasar crypto tampaknya telah pulih sedikit, tampaknya masih sedikit lebih dari ‘kucing mati yang memantul,’ menjaga bulls pada level yang sedikit lebih tinggi. Saat ini, harga Ethereum bertahan kokoh di atas $1200 setelah pada dasarnya naik dari penghalang $1075. Namun, melihat teknikal dan pola grafik, hari-hari yang lebih suram masih akan datang.

Dampak Terhadap Pasar Crypto

Perusahaan telah berkinerja baik akhir-akhir ini. Celsius telah meminjam DAI dengan rasio jaminan 195.93 persen dan mengamankan pinjaman dengan hampir $545 juta dalam bentuk WBTC. Dengan harga 26% di bawah harga BTC saat ini, mereka telah menetapkan harga likuidasi di mana seluruh saham mereka yang bernilai lebih dari $500 juta akan dilikuidasi secara on-chain.

Conclusion

Jadi sebenarnya apa itu celcius crypto, yang merupakan peserta utama di pasar pinjaman bitcoin. Platform ini telah berada di garis depan badai cryptocurrency saat ini sejak dimulai pada tahun 2014. Pengguna dapat mengembangkan minat pada koin mereka dan menggunakannya sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari Celsius pada tingkat bunga tertentu.

Celsius adalah alternatif untuk keuangan terdesentralisasi di mana pengguna terlibat dengan perantara pusat. Pada November 2021, perusahaan menaikkan putaran investasi terbarunya menjadi $750 juta, menilai perusahaan lebih dari $3,25 miliar dolar.

Check other Rancakmedia.com News and Articles at Google News

Back to top button

Adblock Detected

Please Turn OFF Your AdbLock Browser For Continue. Thanks / Please Turn Off Your AdBlock First. Thank you