Advertisement

Mengenal PancakeSwap dan Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenal pancakeSwap, Artikel ini akan menjelaskan apa itu pancakeswap dan bagaimana cara kerjanya kali ini. PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan cryptocurrency dan token tanpa memerlukan clearinghouse pusat.

Layanan ini dibangun di atas Binance Smart Chain (BSC), platform blockchain yang didukung oleh kontrak pintar otomatis dan dioperasikan oleh pertukaran mata uang kripto Binance. Meskipun Binance adalah pertukaran terpusat, Binance tidak memiliki atau menjalankan PancakeSwap, yang dibuat oleh pengembang anonim.

Apa Itu PancakeSwap

PancakeSwap adalah Automated Market Maker (AMM) yang memungkinkan pertukaran mata uang digital di jaringan Binance Smart Chain (BSC). Jaringan ini adalah pembeda utama antara PancakeSwap dan Uniswap.

Dengan pendekatan AMM ini, Anda sebagai pengguna dapat memperdagangkan mata uang digital menggunakan kumpulan likuiditas atau likuiditas yang dibuat pengguna. PancakeSwap menyediakan Yield Farming DeFi kepada penyedia likuiditas untuk membangun kumpulan likuiditas. Penarikan likuiditas ini mengakibatkan total nilai terkunci lebih dari satu miliar dolar AS (TVL).

Selain itu, PancakeSwap, yang diluncurkan di BSC pada September 2020, adalah bagian dari gelombang layanan DeFi yang terus berkembang dan merupakan salah satu DEX utama di platform.

Memang, PancakeSwap dapat diklaim lebih terjangkau dan nyaman digunakan daripada pertukaran terdesentralisasi lainnya seperti Uniswap dan Sushi. Satu penjelasan untuk ini adalah bahwa PancakeSwap dibangun di atas BSC, blockchain dengan throughput tinggi Binance yang dibangun untuk bersaing dengan Ethereum.

CAKE, Token Asli Milik PancakeSwap

PancakeSwap menggunakan token CAKE. CAKE adalah token asli yang berfungsi sebagai token tata kelola serta platform untuk bertani dan mengintai.

CAKE dapat diperoleh dengan likuiditas, mempertaruhkan, atau dengan membelinya di bursa. Token yang dipasok ke penyedia likuiditas (LP) dapat diperdagangkan secara bebas di pasar aset cryptocurrency terbuka.

Selain itu, PancakeSwap menyertakan token kedua yang disebut SYRUP yang memberikan hak kepada pemegang 40% dari emisi CAKE. SYRUP, di sisi lain, tidak diperdagangkan karena dirancang untuk memfasilitasi pelepasan KUE yang dipertaruhkan.

Menurut CoinMarketCap, jumlah total token CAKE yang disebarluaskan di pasar perdagangan aset kripto per November 2021 adalah 248.640.925,31 CAKE. Selain itu, koin CAKE berada di peringkat ke-45.

Selain itu, nilai tukar saat ini untuk satu mata uang CAKE ke satu koin IDR adalah Rp 254.110,-. Sementara biaya PancakeSwap 0,2 persen, 0,17 persen dari biaya masuk ke penyedia likuiditas dan 0,03 persen ke perbendaharaan PancakeSwap.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang CAKE, karena PancakeSwap memiliki 1,2 juta pengikut Twitter. Selain itu, item ini dapat dipercaya, karena sekarang memiliki 1.019.029 pemegang.

Cara Kerja PancakeSwap

Cara Kerja dan Penggunaan PancakeSwap

DEX PancakeSwap memfasilitasi pertukaran token di seluruh pasangan token melalui kumpulan likuiditas. Penyedia likuiditas (LP) berkomunikasi dengan kumpulan dan diberi kompensasi dengan token LP yang mencerminkan bagian mereka di kumpulan.

Token ini berfungsi sebagai kunci bagi mereka untuk menarik bagian mereka dari kumpulan. Tanpa perlu perantara, Anda dapat menukar satu jenis token dengan yang lain.

Sementara pengguna yang mempertaruhkan token mereka di kolam likuiditas akan mendapatkan persentase dari manfaat yang dihasilkan dari taruhan mereka.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button