Advertisement

Mengenal MimbleWimble Fitur Terbaru dari Litecoin

Rancakmedia.com – Bagi pembaca buku Harry Potter, ungkapan MimbleWimble mungkin bisa dikenali. Ungkapan MimbleWimble dalam film, yang didasarkan pada novel karya J.K Rowling, adalah salah satu mantra paling terkenal di Harry Potter.

Namun ternyata, ungkapan tersebut tidak hanya ada di ranah fiksi. Namun, ada juga versi kripto dari MimbleWimble. Litecoin MimbleWimble (MWEB) adalah fitur privasi baru yang tergabung dalam mata uang kripto Litecoin.

Sekilas tentang Litecoin

Litecoin (LTC) adalah mata uang kripto yang dimaksudkan untuk memberikan layanan transaksi yang cepat, aman, dan berbiaya rendah. Mata uang kripto ini, yang sering dijuluki “bitcoin versi lite”, didirikan oleh Charlie Lee pada tahun 2011.

Litecoin tidak diragukan lagi didasarkan pada protokol Bitcoin (BTC), meskipun Litecoin juga memiliki perbedaan dengan Bitcoin. Perbedaannya terletak pada teknik hashing yang digunakan, hard cap, blok waktu transaksi, dan banyak hal lainnya.

Saat artikel ini diterbitkan, harga Litecoin (LTC) ke IDR hari ini adalah IDR 2,7 juta dengan volume perdagangan 24 jam sebesar IDR 28,4 triliun. Berdasarkan data CoinMarketCap, Litecoin kini berada di peringkat ke-18 dengan nilai pasar Rp188 triliun.

Baca Juga:  Cara Beli BUSD di Binance dan TokoCrypto dengan Mudah

Apa Itu MimbleWimble? MimbleWimble Fitur Terbaru dari Litecoin

MimbleWimble (MWEB) adalah salah satu protokol yang digunakan dalam blockchain. Tujuan dari protokol ini adalah privasi dan kesepadanan, atau kesetaraan token. Sehingga MimbleWimble dapat memungkinkan akses pengguna untuk mengenkripsi semua data yang digunakan saat melakukan transaksi di pasar aset kripto guna meningkatkan keamanan transaksi.

MWEB hadir dengan menawarkan tingkat perlindungan ekstra pada setiap transaksi. Setiap alamat yang ada dalam suatu transaksi hanya akan tampak sebagai data acak bagi individu yang tidak terlibat dalam transaksi tersebut. Dengan demikian, MWEB diharapkan dapat meningkatkan skalabilitas dalam jual beli aset kripto.

MWEB juga menggunakan CoinJoin. CoinJoin adalah mekanisme yang menggabungkan detail pembayaran yang berbeda untuk menghasilkan rantai transaksi tunggal. Sehingga nantinya, orang yang tidak terlibat dalam transaksi tersebut tidak dapat mengetahui dari mana asal pembayaran dan siapa penerima pembayaran tersebut.

Awalnya, MWEB diusulkan sejak November 2019 tetapi telah ditunda beberapa kali untuk memastikan kematangan protokol sebelum diterbitkan.

Diharapkan tujuan utama dari Mimblewimble adalah untuk meningkatkan keamanan privasi dan transaksi pengguna, serta meningkatkan skalabilitas pembelian dan penjualan aset kripto.

Baca Juga:  Prediksi Harga Coin Catgirl Untuk Awal Tahun 2022

bisa terwujud nantinya. Dengan demikian, keberlanjutan transaksi aset kripto baik di Litecoin atau jaringan blockchain lain yang menggunakan protokol Mimblewimble meningkat di semua area.

Peran MimbleWimble di Litecoin

Berikut adalah dua kemajuan Litecoin menggunakan fitur MimbleWimble-nya:

Transaksi Rahasia

Tujuan Transaksi Rahasia dalam protokol MimbleWimble adalah untuk menjamin privasi pengguna dalam setiap transaksi. Secara umum, alamat sumber penjualan biasanya dapat dilihat dan dicari oleh publik. Dengan fitur Transaksi Rahasia, semua informasi pengguna dapat dijaga dan disembunyikan.

Cut-Through

Fungsi Cut Through mencoba untuk menyingkat data transaksi untuk alasan verifikasi. Fitur ini memungkinkan ukuran setiap data transaksi menjadi lebih kecil dari data yang dihasilkan oleh protokol Bitcoin biasa. Dengan demikian, ukuran blockchain akan tumbuh lebih kecil dan lebih ringan dan aktivitas Litecoin juga tidak perlu menggunakan sumber daya sebanyak sebelumnya.

1 2Next page
Back to top button