Advertisement

Apa itu Optimism (OP) dalam Transaksi Ethereum

Rancakmedia.com – Perlu kamu ketahui tentang apa itu Optimism (OP) yang dapat memungkinkan pengguna Ethereum untuk menghemat uang untuk gas dengan menggulung batch transaksi.

Ethereum telah berkembang menjadi cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, sebagian besar karena dukungannya untuk kontrak pintar yang mendasari ekosistem yang kuat dari aplikasi terdesentralisasi (dapps) dan platform keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Tapi datang ke masalah: lambat dan mahal untuk digunakan, karena biaya transaksi terus-menerus tinggi. Solusi penskalaan telah muncul untuk membuat transaksi Ethereum lebih cepat dan lebih murah karena komunitas Ethereum menunggu rilis pembaruan terjadwal ke jaringan yang akan mengatasi masalah ini.

Apa itu Optimism (OP)

Apa itu Optimism (OP)

Optimism mempercepat transaksi Ethereum dan memotong biayanya dengan menempatkannya di blockchain lain menggunakan teknik kompresi data tingkat lanjut. Saus khusus untuk metodologi penskalaan Optimism ada dalam namanya.

Ia menggunakan teknik yang disebut optimistis rollup, di mana beberapa transaksi ‘digabungkan’ menjadi satu transaksi, diselesaikan di blockchain lain, dengan penerimaan diumpankan kembali ke blockchain Ethereum utama.

Jika semua transaksi dalam rollup adalah asli, rollup optimis adalah bentuk rollup ‘optimis’, atau positif. Ini menghemat waktu dengan menghilangkan kebutuhan untuk menunjukkan bukti keaslian transaksi individu.

Selama satu minggu, validator rollup dapat menguji semua orang di rollup untuk melihat apakah mereka merasa ada data yang palsu. Selain prnjelasan tentang optimism, berikut ini kamu harus tahu juga tentang apa itu AUGUR (REP), silahkan baca disini.

Dasbor di Dune Analytics menunjukkan bahwa Optimism memotong biaya transaksi Ethereum (juga dikenal sebagai biaya gas) hingga 129 kali lipat. Ini didukung oleh platform DeFi seperti Synthetix dan Uniswap.

Per Dune Analytics, Optimism mengamankan sekitar $740 juta nilai on-chain, pada Maret 2022, turun dari sedikit di atas $1 miliar pada Januari. Optimism diperkenalkan pada Juni 2019, dan testnet dirilis pada Oktober 2019.

Baru pada Januari 2021 alpha mainnet diluncurkan, dan Optimism membutuhkan waktu hingga Oktober 2021 untuk meluncurkan versi mainnet Alpha yang kompatibel dengan Mesin Virtual Ethereum. Mainnet terbuka diluncurkan pada Desember 2021.

Cara Kerja Optimism (OP)

Optimism pada dasarnya adalah ikhtisar kesepakatan baru yang signifikan. Semua blok yang digulung diadakan pada kontrak pintar Ethereum yang disebut Rantai Transaksi Canonical.

Kecuali pengguna mengirimkan transaksi mereka langsung ke Rantai Transaksi Canonical, blok baru dibuat melalui sesuatu yang disebut sequencer. Sequencer ini dengan cepat mengesahkan transaksi yang sah, kemudian membangun dan mengeksekusi blok pada Optimism layer 2 sebuah blockchain yang berada di atas blockchain L1, dalam hal ini Ethereum.

Sebuah ‘rollup’, atau kumpulan transaksi Ethereum, adalah apa yang diwakili oleh blok-blok ini. Sequencer kemudian mengirimkan data transaksi kembali ke Ethereum, di mana selanjutnya dikompresi untuk meminimalkan ukuran transaksi (dan karenanya menghemat uang).

Perangkat lunak lapisan 2 Optimism dimaksudkan untuk mereplikasi kode Ethereum sebanyak mungkin. Misalnya, ia menggunakan mesin virtual Ethereum dan mengisi bahan bakar dengan cara yang sama (walaupun dengan tarif yang lebih rendah, berkat solusi rollup yang optimis).

kamu dapat memindahkan aset ERC-20 apa pun mata uang kripto yang kompatibel dengan standar token Ethereum umum antara Ethereum dan Optimism karena kedua jaringan tersebut sangat mirip.

Keistimewaan dari Optimism

Cara paling sederhana untuk mengatasi Optimism adalah dengan menganggapnya sebagai salah satu dari banyak pendekatan untuk menangani masalah pembengkakan negara Ethereum.

Jaringan Ethereum cocok untuk meledak, dan sampai upgrade ke blockchain arus utama menghemat hari, solusi penskalaan seperti Optimism memungkinkan sektor perbankan terdesentralisasi Ethereum untuk berkembang dan tetap dapat digunakan oleh individu yang tidak dapat membayar biaya transaksi yang terlalu tinggi.

Rollup optimis dapat ditingkatkan dengan cara lain juga. Untuk membantu pengguna Ethereum menghemat uang, baik Arbitrum dan Boba Network menggunakan strategi ini. Rollup tanpa pengetahuan, jenis rollup umum lainnya, digunakan oleh Loopring, Immutable X, dan ZKSync.

Koin lokal untuk menutupi biaya gas kurang dalam Optimism dan Arbitrum. Ini menggunakan ETH seperti Arbitrum. Arbitrum masih dalam pengujian, dan Optimism juga tidak sepenuhnya terdesentralisasi.

Cara menggunakan Optimism

Untuk memulai Optimism, kamu harus melakukan deposit token ETH atau ERC-20 ke jembatan Optimism. Optimism digunakan untuk melakukan transaksi di Ethereum. kamu dapat mengubah token kamu kembali ke mainnet Ethereum setelah kamu selesai.

Untuk menyetor token, kamu harus menyetornya menggunakan Optimism Gateway. Dompet Web3 seperti MetaMask dapat digunakan untuk terhubung ke Gateway. Setoran 1 ETH menggunakan MetaMask memakan waktu sekitar 20 menit, dan layanan ini menagih kami $18 untuk hak istimewa.

Dengan asumsi semua berjalan sesuai rencana, dibutuhkan waktu seminggu dan $52,72 untuk mendapatkan uang kamu. Penundaan ini adalah bagian dari periode tantangan selama seminggu yang termasuk dalam rollup optimis Optimism.

Setelah kamu menyetorkan dana ke Optimism, kamu dapat menggunakannya dalam aplikasi terdesentralisasi yang didukung.

Uniswap, misalnya, memungkinkan kamu untuk berdagang melalui Optimism untuk menghemat biaya. Yang harus kamu lakukan adalah memilih Optimism dari menu jaringan; kemudian, kamu dapat berdagang seperti biasa.

Kesimpulan

Optimism mempercepat transaksi Ethereum dan memotong biayanya dengan menempatkannya di blockchain lain menggunakan teknik kompresi data tingkat lanjut.

Demikian artikel tentang Apa itu Optimism (OP) dalam Transaksi Ethereum, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas