Advertisement

Apa itu Cardano (ADA) dalam Cryptocurrency

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui apa itu Cardano (ADA) dalam dunia cryptocurrency? Jika belum, simak di bawah ini karena kami akan membahasnya.

Mata uang digital ini mengikuti paradigma yang agak berbeda dibandingkan dengan blockchain lainnya. Meski terlihat seperti Ethereum, Cardano memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki mata uang lain.

Apa itu Cardano (ADA)

Cardano (ADA) adalah sebuah koin crypto generasi ke-3 yang menggunakan teknologi proof of stake. Cardano menyediakan fitur smart contract yang mirip dengan Ethereum sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi desentralisasi.

Proyek ini didirikan oleh Charles Hoskinson. Lapisan penyelesaian dan lapisan komputasi adalah dua lapisan Cardano. Lapisan satu selesai dan selesai.

Token Cardano (ADA) dapat dikirim dan diterima dari satu dompet digital ke dompet digital lainnya menggunakan kemampuan ini.

Ini menggunakan mekanisme serupa yang juga digunakan oleh Eter. Lapisan kedua sedang dalam pengembangan dan berusaha untuk memungkinkan pengguna memulai dan mendaftarkan kontrak pintar.

Setiap negara memiliki peraturan keuangan dan moneternya sendiri. Untuk mematuhi peraturan, kontrak yang sama mungkin ditulis dengan cara yang berbeda untuk mengubah cara data disimpan, diproses, dan diakses.

Dan terlepas dari kenyataan bahwa lapisan komputer terpisah, pengguna ADA mungkin masih menggunakan mata uang yang sama di banyak negara sambil tetap mematuhi aturan dan peraturan yang berbeda.

Lapisan komputasi juga memungkinkan tim proyek Cardano melakukan modifikasi tanpa mempengaruhi ADA atau lapisan penyelesaian.

Cardano memverifikasi transaksi melalui mekanisme bukti kepemilikan. Bukti kepemilikan mengharuskan pengguna, yang disebut sebagai “validator,” untuk menyetor sejumlah koin ADA untuk menunjukkan “minat” mereka dalam proses secara keseluruhan.

Meskipun ADA menjanjikan biaya minimal dan transaksi cepat, fungsi kontrak pintarnya masih dalam tahap pengembangan.

Akibatnya, Cardano masih jauh dari menjadi alat tukar yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian barang dan jasa.

Tujuan proyek Cardano adalah menjadi lebih dari sekadar pengganti mata uang itu bercita-cita untuk menjadi jaringan kontrak cerdas lengkap yang memungkinkan pemerintah untuk memverifikasi kepatuhan sementara juga menawarkan cara yang murah dan mudah untuk mengirim uang kepada orang lain.

Akibatnya, lapisan kedua membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun untuk diselesaikan. Namun, peluang keberhasilan Cardano lebih kuat daripada cryptocurrency dan blockchain alternatif lainnya karena menggunakan metode ilmiah, mengumpulkan saran dari para insinyur dan profesional industri.

Dan meskipun upayanya mungkin memakan waktu lebih lama, itu tidak akan memiliki kesulitan yang sama seperti blockchain lainnya. Harga Cardano diprediksi akan meningkat jika fitur smart contract sudah berjalan sepenuhnya.

Biaya Cardano

Biaya transaksi minimum untuk Cardano (ADA) dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut: x + y ×. Dalam persamaan ini, “x” adalah konstanta unik, bernilai 0,155381 ADA.  Di sisi lain, “y” adalah konstanta tertentu yang nilainya 0,000043946 ADA / byte.

Ini berarti bahwa setiap transaksi akan dikenakan biaya setidaknya 0,155381 ADA, dan biaya tambahan 0,000043946 ADA per byte ukuran transaksi. Karena proyek ini sedang dalam pengembangan, biaya transaksi dapat berubah.

Dan selain dari jaringan, pengguna juga perlu menyisihkan uang untuk komisi, biaya, dan biaya yang terkait dengan perolehan koin dan penarikan uang dari berbagai layanan pertukaran dan perdagangan cryptocurrency.

Keuntungan Menggunakan Cardano

Cardano memberikan berbagai keunggulan karena keunikannya, antara lain sebagai berikut:

1. Blockchain Berlapis

Cardano menyertakan dua blockchain independen untuk pemrosesan token dan kontrak pintar, yang berarti blockchain dapat ditingkatkan tanpa menyebabkan gangguan pada komponen lain.

2. Lebih Dapat di Kustomisasi

Cardano memiliki lebih banyak ruang gerak untuk penyesuaian daripada kebanyakan blockchain lainnya. Misalnya, kontrak pintar tunggal dapat dengan cepat diubah agar sesuai dengan beragam pengguna, menjamin kepatuhan untuk semua pemangku kepentingan.

3. Terdesentralisasi

Blockchain Cardano terdesentralisasi, yang berarti bahwa tidak ada satu institusi pun yang memiliki pengaruh berlebihan terhadap prosedur validasi keamanan dan transaksi. Ini berlaku untuk banyak cryptocurrency terkemuka.

4. Lebih Banyak Kebebasan Finansial

Dengan bantuan Cardano, jutaan orang yang sebelumnya tidak dapat mengakses layanan keuangan sekarang dapat mengendalikan keuangan mereka.

5. Kolaborasi dengan Regulator

Cardano bercita-cita untuk tidak menjadi pengganggu, tetapi seorang inovator. Untuk kepentingan penggunanya, Cardano beroperasi dalam batasan peraturan lokal untuk menjamin kepatuhan penuh.

Dompet Penyimpanan Cardano (ADA)

Dompet digital dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan Cardano.

Ini menggabungkan banyak lapisan keamanan untuk menjaga mata uang di dalamnya tetap aman dan juga membatasi risiko kerugian.

Jika kamu ingin menyimpan Cardano kamu dengan metode yang paling aman, kamu harus menggunakan salah satu layanan dompet digital berikut:

  1. Trezor
  2. Daedalus Wallet
  3. Ellipal Titan
  4. Yoroi
  5. Ledger
  6. Coinswitch
  7. Guarda
  8. Infinito
  9. Atomic Cardano Wallet
  10. AdaLite

Kesimpulan

Cardano (ADA) adalah sebuah koin crypto generasi ke-3 yang menggunakan teknologi proof of stake. Cardano menyediakan fitur smart contract yang mirip dengan Ethereum sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi desentralisasi.

Pada artikel di atas kami tidak hanya membahas tentang apa itu Cardano (ADA) saja, tetapi juga dengan biaya, keuntungan, dan dompet penyimpanan Cardano (ADA).

Demikian artikel tentang Apa itu Cardano (ADA) dalam Cryptocurrency, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas