Advertisement

Apa itu Solana dan Cara Kerjanya

Rancakmedia.com – Pada artikel di bawah ini kami akan membahas tentang apa itu Solana dan cara kerjanya, jika kamu belum mengetahui banyak pengguna Ethereum dan pengembang aplikasi menganggap biaya transaksi yang besar sebagai penghalang untuk menggunakan platform.

Definisi Solana (SOL)

Solana adalah blockchain dengan kemampuan kontrak pintar yang memfasilitasi pembentukan lingkungan keuangan terdesentralisasi dan aplikasi kripto yang berbeda, sebanding dengan Ethereum.

Tidak seperti blockchain lainnya, Solana menggunakan metode verifikasi yang menggabungkan proof-of-history (PoH) dengan mekanisme proof-of-stake (PoS). Akibatnya, Solana adalah salah satu blockchain tercepat, dengan tingkat transaksi maksimum 50.000 per detik.

Definisi Solana

Solana bertujuan untuk menciptakan jaringan blockchain terdesentralisasi yang sangat terukur dan aman. Pada akhirnya, ini mengarah ke blockchain dan ekosistem yang mampu memproses transaksi dengan cepat dan murah sementara juga memungkinkan pembuatan ratusan aplikasi kripto baru.

Solana memiliki kapitalisasi pasar $103.514.242.846 miliar dolar, menurut coinmarketcap, dengan harga $202 untuk satu SOL (Desember 2021). Hasil ini menempatkan Solana sebagai aset crypto terbesar ke-5 di dunia.

Sejarah Solana (SOL)

Anatoly Yakovenko dan Greg Fitzgerald, keduanya sebelumnya bekerja di Qualcomm, telah menciptakan blockchain Solana. Penawaran koin awal (ICO) yang sukses mengumpulkan $25 juta untuk proyek Solana Anatoly pada tahun 2017.

Kemudian, Whitepaper resmi Solana diterbitkan pada Februari 2018, diikuti oleh banyak tahap pengujian sebelum akhirnya secara resmi digunakan pada Maret 2020.

Solana sendiri memiliki struktur yang kemudian dipisahkan menjadi dua bisnis, yaitu Solana Labs dan Solana Foundation. Untuk lebih mengembangkan semua aspek teknologi Solana, termasuk sistem proof-of-history (PoH), Anatoly dan rekan-rekannya mendirikan Solana Labs.

Sementara itu, Solana Foundation adalah entitas yang bekerja dengan penggalangan dana, menjalin aliansi eksternal, dan mempromosikan komunitas Solana.

Cara Kerja Solana (SOL)

Menggunakan algoritma proof-of-work (PoW) dan proof-of-stake (PoS), Solana adalah blockchain generasi ketiga. Kedua algoritma ini berfungsi sebagai dua lapisan terpisah yang bekerja secara gratis.

Seperti blockchain generasi ketiga seperti Cardano, metode verifikasi PoS memberikan dasar yang memungkinkan Solana menjadi lebih terdesentralisasi, lebih ramah lingkungan, dan mampu menangani lebih banyak transaksi daripada Bitcoin dan Ethereum.

Kombinasi PoH dan PoS dalam algoritma konsensus Solana memungkinkannya melakukan hingga 50.000 transaksi per detik dengan biaya transaksi yang murah. Ini menciptakan insentif bagi pengembang aplikasi dan konsumen untuk memilih Solana daripada jaringan blockchain lainnya.

Mengapa Layak Berinvestasi di Solana?

Dari sekian banyak cryptocurrency yang ada di pasaran, perlu dipertanyakan apa yang membuat alternatif spesifik ini sepadan dengan waktu, tenaga, dan uang kamu.

Sangat penting untuk mempertimbangkan apakah Solana adalah investasi yang baik atau tidak karena meskipun mata uang digital ini memiliki banyak janji, beberapa usaha gagal.

Jika kamu masih ragu apakah akan membeli atau memperdagangkan Solana, ingatlah pertimbangan berikut:

Volatilitas Mata Uang

Sangat mudah untuk mengatakan bahwa Solana mendapatkan banyak daya tarik hanya dengan melihat kenaikan mata uang ini. Meskipun koin SOL telah tumbuh sekitar 15.000 persen, koin ini masih dalam masa pertumbuhan dan karenanya tunduk pada volatilitas yang signifikan.

Karena itu, penting untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan Solana dan apa yang orang lain yakini tentang masa depan mata uang tersebut.

Potensi Proyek

Banyak orang berfokus pada kinerja pasar saat ini dan kemungkinan finansial suatu barang, tetapi penting juga untuk mengevaluasi apa itu Solana, apa yang dapat dilakukannya, dan apakah kamu yakin bahwa Solana memiliki nilai jangka panjang.

SOL mungkin merupakan janji unik untuk masa depan, tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk proyek kripto lainnya, jadi selalu merupakan ide yang baik untuk melakukan sedikit riset untuk memastikan kamu memasukkan uang kamu ke arah yang benar.

Prediksi untuk Masa Depan

Selain potensi, ada juga aspek penting dalam prediksi harga. Lihat beberapa prediksi crypto para ahli jika kamu ingin tahu apa yang diprediksi orang lain akan terjadi dalam waktu dekat.

Orang-orang mendukung inisiatif ini karena proyeksi Solana saat ini dan hasil yang diharapkan banyak orang.

Metode Perdagangan yang Kamu Gunakan

Jika kamu berpengalaman dalam kripto, kamu akan tahu bahwa jenis investasi ini dapat datang dalam berbagai bentuk – dan bahwa jenis teknik yang kamu gunakan sering kali dapat membuat perbedaan besar pada peluang keberhasilan kamu.

Dari perdagangan harian, hingga pembelian dan penyimpanan; penting untuk menentukan apakah metode trading favorit kamu akan berhasil untuk aset Solana.

Kesimpulan

Solana adalah blockchain dengan kemampuan kontrak pintar yang memfasilitasi pembentukan lingkungan keuangan terdesentralisasi dan aplikasi kripto yang berbeda, sebanding dengan Ethereum.

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang apa itu Solana, tidak hanya itu kami juga membahas tentang sejarah Solana, dan juga cara kerja Solana. Kamu juga dapat membaca artikel tentang cara membeli Solana (SOL).

Demikian artikel tentang Apa itu Solana dan Cara Kerjanya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas