Advertisement

Pahami Teknologi yang Digunakan Metaverse dan Contohnya

Rancakmedia.com – Untuk memahami metaverse dan teknologi yang digunakan kamu bisa baca dalam artikel penjelasan mengenai metaverse berikut ini. Pengertian metaverse adalah sebuah konsep yang secara etimologis berasal dari istilah “meta” yang berarti melampaui dan “verse” yang berarti alam semesta.

Secara keseluruhan, metaverse melampaui kosmos dalam istilah etimologis. Dunia virtual Metaverse memiliki konsep 3D yang sangat dekat dengan dunia nyata dalam hal realisme. Melansir dari Nytimes, Rabu (9/2/2022) di dunia metaverse ini membuat pengguna mau menghabiskan uang disana seperti pakaian, dan barang-barang untuk avatar mereka (tiga dimensi citra diri ).

Meta Platforms Inc. didirikan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg pada akhir tahun 2021. Metaverse, menurut Zuckerberg, adalah dunia holografik yang imersif di mana pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dalam berbagai cara yang sama nyatanya dengan virtual. .

Pngan lebih mendalam tentang metaverse, ide teknologi metaverse, dan beberapa teknologi metaverse yang ada akan ditemukan di Liputan6.com, Rabu (9/2/2022).

Memahami Metaverse

Pada akhir tahun 2021, Mark Zuckerberg, CEO Facebook, akan mengganti nama perusahaan menjadi Meta Platforms Inc., disingkat Meta, membangkitkan minat pada istilah “metaverse.” Metaverse awalnya dipresentasikan pada tahun 1992 oleh seorang penulis Neal Stephenson dalam karyanya yang berjudul Snow Crash and Earnest Cline dalam sebuah novel berjudul Ready Player One.

Metaverse adalah kata yang menggambarkan dunia maya dengan konsep 3D. Kata “metaverse,” diciptakan oleh New York Times, mengacu pada versi digital dari realitas virtual dan kehidupan kedua. Dalam dunia metaverse ini membuat pengguna akan mengeluarkan uang disana seperti pakaian, dan barang-barang untuk avatarnya (tiga dimensi citra diri).

Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa metaverse adalah platform komputer untuk menjalani kehidupan kedua secara online, pengalaman yang mirip dengan dunia nyata. Di dunia metaverse, pengguna akan bergantung pada pengontrol sensorik untuk berinteraksi dengan item virtual (dunia virtual) dan menglkan mikrofon untuk berbicara dengan individu lain di sana.

“Beberapa komponen sosial dari metaverse mungkin sudah terlihat di video game. Menurut Nytimes, “pemain dapat memperoleh uang virtual dan menggunakannya untuk membeli pakaian dan barang lain untuk mempersonalisasi avatar mereka.

Konsep Teknologi yang Digunakan Metaverse

Metaverse adalah teknologi yang dapat menghasilkan pengalaman yang dekat dengan dunia nyata. Gagasan tentang dunia metaverse bukanlah hal baru. Menurut Investopedia, untuk memahami gagasan dunia metaverse, seseorang harus mengintegrasikan lima teknologi berbeda sekaligus.

Kami akan mulai dengan media sosial dan melanjutkan ke game online, AR dan VR, dan cryptocurrency. Bagi pengguna, dunia metaverse dibuat cukup interaktif untuk bergerak dengan menggabungkan kelima teknologi ini.

VR dalam pengertian teknologi metaverse adalah beroperasi sebagai instrumen untuk menggambarkan dunia maya secara grafis. Kehadiran VR di metaverse membuat penghuni atau pengguna metaverse bisa melihat komponen visual metaverse yang mendekati kenyataan.

Kemudian teknologi AR akan melengkapi VR dengan menghadirkan karakteristik pendengaran dan sensorik yang memungkinkan penghuni atau pengguna metaverse untuk terlibat langsung dengan metaverse.

Hal ini ditegaskan lebih lanjut oleh Mark Zuckerberg, dimulai dari Fortune yang akan membangun dunia holografik yang memungkinkan pengguna media sosial terhubung satu sama lain seperti di dunia nyata. Selain dapat bereaksi terhadap pesan dan komentar, aplikasi ini juga memiliki beragam grafik dan interaksi yang tampak realistis.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

1 2Laman berikutnya
Tombol kembali ke atas