Advertisement

Apa itu Token Liquity Protocol LQTY

Rancakmedia.com – Token Liquity Protocol LQTY adalah token Ethereum yang mendukung protokol Liquity, platform pinjaman terdesentralisasi untuk pinjaman berbunga 0% menggunakan ETH sebagai jaminan.

Pinjaman dibayarkan dalam stablecoin yang disebut LUSD, dan pemegang LQTY dapat mempertaruhkan token mereka untuk mendapatkan sebagian dari biaya yang dihasilkan dengan membuka dan menutup pinjaman.

Lusd, stablecoin asli protokol yang terkait dengan dolar as, digunakan untuk mengeluarkan ikuiditas tanpa bunga. Lusd berbeda dari stablecoin terdesentralisasi lainnya karena dapat ditukarkan dengan agunan dasar untuk nilai nominal penuhnya.

Seperti sistem stablecoin saat ini, liquity memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan token dengan cara swalayan; namun, sistem lain memiliki prosedur tata kelola canggih yang diperlukan untuk mempertahankan patokan usd dengan mengubah biaya atau suku bunga.

Likuitas menggantikan persyaratan untuk kepentingan dan interaksi manusia dengan penebusan yang dihitung secara algoritmik dan biaya penerbitan pinjaman untuk mempertahankan mata uangnya.

Kedua biaya tersebut dimulai dari nol persen dan meningkat sebanding dengan jumlah uang yang ditukarkan, namun biaya tersebut cenderung kembali ke nol ketika aktivitas penukaran minimal.

Pertama, peminjam menciptakan “harta karun” likuiditas pribadi dengan mengamankan eter dalam kontrak cerdas. Hanya rasio jaminan sebesar 110 persen yang diperlukan untuk setiap harta karun, yang merupakan yang terendah di industri defi.

Peminjam kemudian dapat mengeluarkan token lusd, yang dihitung sebagai hutang terhadap agunan. Peminjam bisa mendapatkan hingga 90,09 lusd untuk setiap dolar eter.

Ketika peminjam siap untuk mendapatkan kembali agunan mereka, mereka cukup mengembalikan lusd ke kontrak untuk membayar kembali pinjaman mereka dan melepaskan agunan mereka. Persyaratan agunan yang lebih rendah membantu meningkatkan efisiensi modal.

Peminjam yang menghindari risiko dapat memilih untuk mempertahankan rasio agunan harta mereka lebih dari 300 persen setiap saat untuk menahan penurunan tiba-tiba dalam harga agunan hingga 50 persen jika rasio likuidasi diatur ke 150 persen, misalnya.

Peminjam mungkin merasa sama amannya dengan rasio jaminan sebesar 220 persen jika likuidasi hanya terjadi di bawah rasio 110 persen. Pasar ether yang lebih likuid dimungkinkan dengan peningkatan efisiensi modal, dan roi yang lebih baik memudahkan integrasi dengan inisiatif defi lainnya.

Peminjam dengan agunan tinggi dan deposan di stability pool membantu menjaga sistem tetap stabil. Mereka dibayar untuk tanggung jawab mereka dengan mendapatkan keuntungan tambahan jaminan dari harta yang dilikuidasi.

Selain itu, deposan akan mendapatkan token liquity protocol sebagai imbalan dari ujung depan. Lqty dapat dipertaruhkan untuk mendapatkan proporsi pendapatan protokol yang timbul dari biaya penerbitan dan penukaran.

Sangat Hemat Modal Melalui Liquity Protoco LQTY

mekanisme likuidasi yang inovatif memungkinkan token liquity protocol untuk mengungguli pesaingnya dalam hal efisiensi dan ketahanan dalam menghadapi fluktuasi harga pasar.

Untuk menghindari rasio agunan harta karun turun di bawah 100%, protokol mengharuskan likuidasi untuk membayar hutang yang belum dibayar.

Stability pool adalah mekanisme utama liquity untuk  secara instan menyerap harta dengan jaminan yang tidak memadai. Pengguna yang menyetor lusd sebagai imbalan atas jaminan masa depan dari harta yang dilikuidasi tetap menjalankannya.

Ketika harta karun jatuh di bawah rasio jaminan yang disyaratkan sebesar 110 persen , sistem melikuidasi utangnya dengan membakar token lusd dalam jumlah yang sama yang disimpan di stability pool.

Ini berbeda dengan platform saat ini yang melelang agunan dalam proses yang berlarut-larut, menghadapi skenario pasar yang parah dan penurunan harga selanjutnya.

Semua agunan dari setiap harta yang dilikuidasi dikirim ke stability pool dan dibagi rata di antara semua deposan dengan imbalan lusd yang dibakar dari stability pool.

Deposan harus mendapat untung dari proses ini karena agunan hampir selalu bernilai lebih (dalam usd) daripada token lusd yang dibakar untuk menyeimbangkan utang. Rasio jaminan kurang dari 110 persen memicu likuidasi, sementara probabilitas lebih besar dari 100 persen meningkatkan kemungkinan likuidasi terjadi.

Deposan stability pool mendapatkan eth senilai $109 jika harta dengan $109 dalam eth dan utang 100 lusd dilikuidasi. Ini berarti “hukuman likuidasi” selama operasi sistem tipikal tidak lebih dari 10 persen , jauh lebih rendah daripada pesaing lainnya.

Langkah kedua likuidasi terjadi jika stability pool kehilangan semua lusd, di mana sistem akan mendistribusikan kembali setiap harta karun yang gagal bayar sesuai dengan rasio jaminan dari setiap harta karun yang ada.

Hal ini memastikan bahwa sistem tidak menyebabkan likuidasi kaskade dengan menjamin bahwa trove dengan agunan tinggi mendapatkan lebih banyak utang dan agunan dari posisi likuidasi daripada trove dengan agunan rendah.

Dengan mengalokasikan posisi paling berisiko ke yang paling aman dan mengubah struktur insentif pada saat jaminan rendah, liquity dengan cepat menstabilkan dirinya melalui putaran umpan balik langsung.

Sistem memiliki mode pemulihan sebagai upaya terakhir. Mode pemulihan dipicu jika total jaminan sistem turun di bawah rasio jaminan kritis, disetel ke 150 persen . Ketika ini terjadi, harta yang paling berisiko dilikuidasi (bahkan jika mereka dijamin lebih dari 110 persen) sampai persyaratan rasio jaminan kritis terpenuhi.

Sebagai pencegah penyangkalan diri, mode pemulihan secara aktif mengarahkan sistem agar tidak pernah mencapainya. Pengamanan ini menjamin bahwa rasio jaminan total sistem dipertahankan pada tingkat yang sehat.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

1 2Laman berikutnya
Tombol kembali ke atas