Advertisement

Cara Kerja Metaverse yang Jadi Tren di Google

Rancakmedia.com – Metaverse sedang tren di Google akhir-akhir ini, apakah kamu tau bagaimana cara kerja metaverse? jika belum, yuk simak artikel berikut ini.

Gagasan tentang metaverse sendiri didirikan oleh Neal Stephenson pada tahun 1992 dan semakin terkenal sejak CEO Facebook Mark Zuckerberg membicarakannya, dimana Zuckerberg kini telah mengubah Facebook menjadi sebuah meta.

Metaverse adalah masa depan internet yang berkaitan dengan video game. Dikutip dari Wired, sampai taraf tertentu, memperdebatkan apa yang dimaksud dengan metaverse seperti menjelaskan apa itu “internet” di tahun 1970-an.

Sarana komunikasi baru sedang dikembangkan pada saat itu, tetapi tidak ada yang tahu seperti apa bentuknya setelah selesai. Jadi meskipun tepat pada saat “internet” datang, tidak semua gagasan yang disajikan tentang internet dianut.

Di sisi lain, ada juga berbagai model pemasaran yang terikat dalam gagasan metaverse ini. Facebook, khususnya, berada di tempat yang sangat rentan setelah keputusan Apple untuk melarang pelacakan iklan membanting perusahaan.

Apa Itu Metaverse

Ada latihan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk lebih memahami seberapa luas dan samar-samar istilah “metaverse” itu. Berikut cara kerjanya. Ganti istilah metaverse secara mental dalam kalimat dengan dunia maya.

Sembilan puluh persen dari waktu, artinya tidak akan jauh berbeda. Alih-alih mengacu pada bagian teknologi tertentu, istilah tersebut menggambarkan perubahan luas dalam cara kita memanfaatkan teknologi.

Baca Juga:  Avstar Siap Membantu Ratusan Crypto Startup

Dan sangat mungkin bahwa istilah itu sendiri suatu hari nanti akan menjadi sama kunonya, bahkan jika teknologi tepat yang dijelaskan sebelumnya menjadi arus utama.

Apa Itu Metaverse

Secara garis besar, teknologi yang membentuk metaverse dapat mencakup virtual reality (VR) yang didefinisikan oleh dunia virtual permanen yang terus menerus, bahkan ketika Anda tidak sedang bermain game serta augmented reality (AR) yang menggabungkan fitur digital dan fisik dunia.

Namun demikian, tidak perlu tempat itu hanya dapat diakses melalui VR atau AR agar ini berfungsi. Dunia virtual, seperti bagian dari Fortnite yang tersedia melalui PC, konsol game, dan bahkan ponsel, mungkin bersifat metaversal.

Apa yang Bisa Dilakukan di Metaverse?

Ini juga diterjemahkan ke dalam ekonomi digital, di mana pengguna dapat membuat, membeli, dan menjual barang.

Bahkan dalam metaverse yang paling optimis, Anda mungkin memindahkan objek virtual seperti pakaian atau mobil dari satu sistem atau platform ke sistem atau platform lainnya. Di dunia nyata, Anda bisa membeli kemeja di mal dan kemudian memakainya ke bioskop.

Baca Juga:  Adidas Buat Aset Kripto NFT dan Merambah Dunia Metaverse

Saat ini, sebagian besar platform menampilkan identitas virtual, avatar, dan hal-hal yang terikat hanya pada satu platform, tetapi metaverse memungkinkan Anda membuat identitas portabel sesederhana mentransfer foto profil dari satu jejaring sosial ke jejaring sosial lainnya.

Sulit untuk memahami apa artinya semua ini karena ketika Anda mendengar deskripsi seperti di atas, reaksi yang masuk akal adalah, “Tunggu, bukankah itu sudah ada?” Environment of Warcraft, misalnya, adalah dunia virtual permanen di mana pengguna dapat membeli dan memperdagangkan barang.

Fortnite menyediakan pengalaman virtual seperti konser dan pameran di mana Rick Sanchez dapat belajar tentang MLK Jr. Anda dapat terhubung di headset Oculus dan berada di rumah virtual pribadi Anda sendiri.

Jadi apakah itu benar-benar tentang metaverse? Ini seperti mengklaim Google adalah internet untuk menyarankan Fortnite adalah metaverse.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button