Advertisement

Mengenal Apa Itu FUD Dalam Dunia Crypto

Rancakmedia.com – Pernahkah anda mendengar seseorang menyebutkan frasa FUD atau melihat tiga huruf FUD di dunia bitcoin? Mari kita mengenal apa itu FUD dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pasar crypto. Fear, Uncertainty, dan Doubt adalah singkatan dari FUD.

Jika kita berbicara bahasa Indonesia satu per satu artinya Takut, Ketidakpastian, Keraguan. Kemudian jika diterjemahkan dalam bahasa sehari-hari adalah tersebarnya berita yang kebenarannya masih diragukan dan ambigu sehingga menimbulkan ketakutan bagi masyarakat awam tentang pergerakan cryptocurrency.

Tujuannya adalah agar harga pasar turun secara substansial. Mengapa harga pasar turun tajam? Saya akan mencoba memberikan contoh sederhana: Beberapa hari setelah mendengar tentang FUD di media, saya memperoleh 100 unit koin kripto jenis tertentu seharga Rp 1.000 masing-masing.

Dalam beberapa hari, harganya sudah turun menjadi Rp 750 per unit. Saya, yang pada waktu itu tidak tahu dan belum sepenuhnya meneliti cryptocurrency, menjadi gugup dan takut bahwa harganya akan turun lebih banyak dan saya akan kehilangan lebih banyak lagi.

Baca Juga:  AXS Crypto Token Game yang Baru Saja Luncurkan Program Staking

Akhirnya semua unit saya jual dengan harga Rp. 730/unit karena saat itu harganya sudah mencapai harga tersebut. Tak perlu heran mengapa harga pasar bisa turun jika seribu orang melakukan hal yang sama seperti saya. Penurunan Harga Pasar Disebabkan Oleh Penyebar FUD

Ketika spread FUD efektif, harga koin di pasar crypto akan turun secara substansial, dan kesempatan ini akan dimanfaatkan oleh spreader FUD untuk membeli koin dalam skala besar dengan harga murah.

Penurunan Harga Pasar Disebabkan Oleh Penyebar FUD

Seperti definisi FUD yang mengarah pada hal-hal yang tidak baik, tentunya berita yang disebarkan juga akan bersifat negatif. Saya akan mencoba menggunakan sebuah contoh, yang baru-baru ini terjadi adalah penyebaran kesulitan yang terkait dengan operasi peretasan di Binance.

Seperti bitcoin VIP, Binance adalah pasar cryptocurrency di mana pengguna dapat membeli dan menjual cryptocurrency lainnya. Jadi diklaim bahwa pasar Binance diretas dan salah satu pengguna Reddit berkomentar, “Saldo saya berkurang 25 persen, sekarang saya memiliki VIA dan total 3 koin saya terjual.

Baca Juga:  5 Investasi yang Tepat Untuk Mahasiswa

Beberapa media yang menyiarkan berita ini, tentunya akan membuat orang yang tidak mempelajari analisa fundamental dalam trading crypto akan menjadi khawatir dan panik, yang pada akhirnya membuat harga pasar turun, apalagi ditambah dengan harga Altcoin yang bergantung pada Bitcoin, otomatis akan berpengaruh besar terhadap fluktuasi harga pasar.

Beberapa jam setelah itu binance menerbitkan berita tentang aktivitas perdagangan yang menyimpang, yang mengarah ke aktivasi sistem manajemen risiko, yang menyebabkan semua penarikan diblokir. Binance juga mengkonfirmasi bahwa uang itu tidak diambil dan diamankan.

Jika kita mempelajari skenario ini, berarti penyedia layanan pasar harus sudah memiliki sistem keamanan yang kuat terhadap serangan hacker, karena pasar ini adalah salah satu pasar dunia.

Meminjam kata dari Oscar Darmawan, bahwa di bawah sistem Blockchain jika kita ingin membobol sebuah website di bawah naungan Blockchain, individu tersebut harus membobol setidaknya setengah dari server. Ini berarti tidak mudah bagi peretas untuk mengeksploitasi suatu sistem.

1 2Next page
Back to top button