Berikut Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun

Rancakmedia.com – Emas masih menjadi alat investasi yang menarik bagi individu tertentu meskipun terjadi penurunan harga emas dalam enam bulan terakhir. Tak terkecuali investasi emas online atau online karena dinilai lebih hemat dan praktis.

Salah satu layanan investasi emas online ditawarkan oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk melalui Safe LM. LM Safe adalah layanan pembelian dan penyimpanan emas LM Antam oleh Unit Usaha Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UPBPP) yang merupakan salah satu divisi usaha PT Antam.

Lalu bagaimana cara berinvestasi emas secara online menggunakan layanan LM Antam? Berikut langkah-langkahnya:

1. Daftar di Kantor Cabang

Perlu diketahui, selama investasi emas ini dilakukan secara online atau online, prosedur pendaftaran awal membutuhkan calon pelanggan untuk berkunjung ke kantor Antam yaitu Butik LM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, pendaftaran tidak dapat diwakilkan sehingga harus datang langsung ke kantor cabang. Setelah membaca syarat dan ketentuan, Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan surat-surat seperti KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Kartu Keluarga untuk ahli waris.

Untuk pendaftaran, Anda juga perlu membayar biaya tahunan yang bervariasi berdasarkan jenis keanggotaan yang akan menentukan jumlah investasi maksimum yang diizinkan.

Jenis-jenis keanggotaan yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Individu Gold: Iuran tahunan Rp 300.000, dengan penghematan maksimal 500 kilo
    Platinum Perorangan: Iuran tahunan Rp 500.000, dengan penghematan maksimum 1.000 gram
    Individu Diamond: Iuran Tahunan Rp 1.500.000, dengan penghematan maksimal 2.500 gram

Nantinya, Anda tinggal memilih jenis keanggotaan di LM Safe. Tentunya sesuai dengan strategi investasi Anda.

2. Masuk ke Situs Aman LM

Setelah registrasi, Anda akan mendapatkan user ID dan password untuk mengakses dan melakukan transaksi jual beli di situs Safe LM.

🔥TRENDING:  Rupiah Berhasil Ditutup Dolar AS Menguat

Harap diperhatikan bahwa transaksi di www.brankaslm.com hanya dapat dilakukan pada hari dan jam kerja, baik untuk transaksi pembelian, penjualan (buy-back) dan permintaan pengambilan emas fisik.

Jika transaksi online dilakukan di luar jam kerja, transaksi akan ditolak oleh LM Safe. Semua kontribusi di situs web harus selama jam kerja.

Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun

Investasi Online di Pegadaian

Selain Antam, investasi emas online juga dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian. Tekniknya tidak jauh berbeda dengan LM Safe. Pertama, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk membuat rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian.

Kemudian Anda harus mengisi formulir pembukaan rekening dan membayar biaya administrasi sebesar Rp10.000 dan biaya fasilitas deposito 12 bulan sebesar Rp30.000. Setelah mengisi formulir dan membayar administrasi, Anda akan mendapatkan Buku Tabungan Emas dan dapat membeli Tabungan Emas mulai dari 0,01 gram.

Jika Anda menginginkan emas batangan asli, Anda dapat melakukan pemesanan cetak dengan pilihan potongan (1gr, 2gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai potongan yang dipilih.

Saat ini transaksi pencetakan emas batangan hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas asli.

Melalui e-Commerce

Selain di LM Safe dan Pegadaian, investasi emas juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia. Di Bukalapak, Anda bisa berinvestasi emas menggunakan fungsi BukaEmas dengan minimal investasi 0,0001 gram.

Melalui fitur BukaEmas, emas yang diperoleh berasal dari Antam dan diverifikasi oleh LBMA (London Bullion Market Association) yang koin emasnya dapat ditarik setelah terkumpul menjadi 1 gram.

🔥TRENDING:  Harga Emas 24 Karat di Pegadaian

Namun perlu diingat, Anda harus mendaftar dengan akun Bukalapak jika ingin melakukan transaksi di BukaEmas. Sedangkan di Tokopedia, layanan investasi emas online yang dapat dimanfaatkan adalah Tokopedia Emas.

Bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero), Tokopedia Emas memungkinkan Anda untuk mengubah emas yang dibeli melalui aplikasi menjadi bentuk nyata. Emas ini akan ditempatkan di Pegadaian dan aman karena berada di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk berinvestasi emas di sini, mulailah dengan mengunduh program Tokopedia. Kemudian buat akun terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Jika Anda sudah terdaftar, Anda bisa berinvestasi emas dengan modal mulai dari Rp 5.000.

Kesimpulan Mengenai Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun:

Salah satu layanan investasi emas online ditawarkan oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk melalui Safe LM. LM Safe adalah layanan pembelian dan penyimpanan emas LM Antam. Untuk pendaftaran, Anda juga perlu membayar biaya tahunan yang bervariasi berdasarkan jenis keanggotaan.

Selain Antam, investasi emas online juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia. Anda harus terlebih dahulu membuat rekening di Kantor Cabang Pegadaian sebelum berinvestasi emas.

Jika Anda menginginkan emas batangan asli, Anda dapat membuat pesanan cetak dengan pilihan potongan dengan membayar biaya pencetakan.

Back to top button