Cara Membuat Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Rancakmedia.com – Banyak orang mengabaikan Pembukuan Sederhana untuk perusahaan kecil. Pasalnya, banyak yang lebih fokus pada pemasaran dan kualitas produk. Padahal, memperhatikan pergerakan dana masuk dan keluar setiap hari sangatlah penting.

Setiap bisnis tentunya harus memperhatikan cara mencatat keuangan walaupun masih dalam ukuran kecil. Sebab, setelah bisnis berkembang, pembelian akan langsung meningkat. Jadi jumlah transaksi juga akan meningkat.

Pada saat itu, Anda akan memahami betapa pentingnya jumlah hutang, pendapatan, dan piutang agar keuntungan dapat dicapai secara efektif. Untuk itu, di bawah ini adalah informasi tentang cara dan contoh membuat pembukuan yang mudah untuk perusahaan kecil, yang sangat penting untuk disimak

Pentingnya Memelihara Pembukuan dalam Usaha Kecil

Kesalahan yang sering dilakukan pengusaha adalah mencampuradukkan keuangan. Biasanya, pemula merasa bingung untuk membagi keuangan perusahaan dan pribadi. Dengan begitu, akan ada kesalahpahaman keuangan. Untuk itu, sekecil apapun perusahaan tetap harus melengkapi pencatatan keuangan.

Beberapa Manfaat Pembukuan Keuangan Adalah:

  • Dapat mengurangi bahaya kehilangan barang, aset, dan uang.
  • Dapat mengetahui kewajiban pajak karena usaha yang dilakukan.
  • Dapat mempengaruhi aset yang dimiliki mempengaruhi keuntungan dan kerugian suatu usaha di masa yang akan datang.
  • Dapat mengetahui jumlah piutang dan hutang.
  • Dapat mengatur pengeluaran yang berkaitan dengan operasional bisnis.
  • Dapat mengetahui perkembangan usaha yang sedang dilakukan.

Beberapa Manfaat Pembukuan Keuangan

Cara Membuat Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Sebelum memahami contoh-contoh pembukuan yang mudah untuk perusahaan kecil, Anda harus mengetahui akun fundamental pada setiap pembukuan yang berlaku untuk usaha kecil, berikut ulasannya:

1. Buat Catatan Pengeluaran

Pada awal memulai bisnis baru, hal terpenting yang harus dilakukan adalah membuat buku catatan pengeluaran yang terpisah. Beberapa jenis pengeluaran yang harus Anda catat adalah pembelian bahan baku, biaya operasional, dan gaji pegawai. Catat dalam satu tabel dengan jelas.

🔥TRENDING:  Involve Asia, Simak 4 Cara Menggunakannya

Dengan ini, Anda juga dapat mengetahui lebih banyak tentang besaran modal usaha yang telah diberikan. Jika sudah, maka Anda dapat mulai menetapkan tujuan dan taktik agar uang Anda dapat dilunasi.

2. Buat Catatan Masuk

Setelah melakukan pencatatan pengeluaran, selanjutnya membuat pencatatan pemasukan di buku yang berbeda. Buku ini digunakan untuk mencatat berbagai jenis pendapatan mulai dari jumlah penjualan produk, dan piutang yang telah dibayarkan.

Mencatat pendapatan merupakan langkah penting dalam mencatat keuangan bisnis Anda. Sangat disarankan untuk menjaga catatan ini terus-menerus setiap hari. Catatan pendapatan penting untuk memahami keuntungan yang dihasilkan oleh pengusaha.

3. Buat Buku Kas Utama

Selanjutnya, Anda juga harus membuat buku besar utama. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan buku kas pengeluaran dengan pendapatan. Jadi, Anda juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dihadapi perusahaan.

Untuk mencatat keuangan untuk usaha kecil Anda, buku besar ini memiliki fungsi penting dalam mengembangkan rencana dan mempersiapkan jika perusahaan memiliki pengeluaran tak terduga di masa depan.

4. Siapkan Buku Stok

Penting juga bagi pengusaha untuk menawarkan buku stok yang dimiliki secara terpisah. Catat secara terus menerus hal-hal yang masuk dan keluar sepanjang hari. Peningkatan penjualan juga akan meningkatkan jumlah barang yang masuk dan keluar.

Buku ini bermanfaat agar Anda lebih mudah memantau dan memantau barang-barang di perusahaan Anda. Apalagi jika dalam waktu dekat Anda berniat meningkatkan target penjualan atau mungkin mendirikan cabang.

5. Buat Buku Inventaris

Tidak hanya buku stok, Anda juga harus terus mengecek persediaan barang. Anggaran untuk hibah, belanja, dan iuran juga harus dicatat dalam buku inventaris.

🔥TRENDING:  20+ Daftar BUMN yang Ada di Indonesia

Manfaat buku ini adalah agar aset bisnis Anda dapat dikelola dengan baik. Manfaat lain dapat membantu mencegah hal-hal dari yang mudah salah tempat. Kegiatan mutasi akan menjadi lebih sederhana.

6. Siapkan Buku Laba Rugi

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda abaikan untuk memesan keuangan usaha kecil. Buku ini berguna untuk mencatat semua jenis pendapatan dan pengeluaran perusahaan untuk waktu tertentu.

Keuntungan lain adalah Anda dapat memantau apakah perusahaan itu untung atau bahkan rugi. Dalam bisnis besar, buku laba rugi memiliki peran untuk mengevaluasi nilai investasi dan meramalkan arus kas masa depan.

Buku laba rugi akan memberikan informasi jumlah pajak yang harus Anda bayar. Dan dapat menilai strategi perusahaan.

Kesimpulan Mengenai Cara Membuat Pembukuan Sederhana:

Setiap bisnis tentunya harus memperhatikan cara mencatat keuangan walaupun masih dalam ukuran kecil. Setelah bisnis berkembang, jumlah transaksi juga akan meningkat. Pada awal memulai bisnis baru, hal terpenting yang harus dilakukan adalah membuat buku catatan pengeluaran yang terpisah.

Catatan pendapatan penting untuk memahami keuntungan yang dihasilkan oleh pengusaha. Catat secara terus menerus hal-hal yang masuk dan keluar sepanjang hari. Penting juga untuk terus memeriksa persediaan barang. Dalam bisnis besar, buku laba rugi memiliki peran untuk menilai nilai investasi.

Back to top button