8 Jenis Desain Grafis dan Perbedaannya

rancakmedia.com – Desain grafis, Anda tentu tahu istilah ini. Teknik memadukan tipografi, ilustrasi, fotografi dan percetakan untuk meyakinkan (mengundang), memberikan informasi atau membuat arahan adalah desain grafis. Juga dikenal sebagai “desain komunikasi visual,” adalah desain grafis.

Fungsi desain grafis untuk mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada desain dengan sentuhan visual yang sangat kental disebut sebagai komunikasi visual.

Desain grafis sekarang sering diklasifikasikan sebagai seni perdagangan karena merupakan kombinasi seni dan komunikasi untuk tujuan bisnis.

Bisnis desain grafis kini berkembang pesat seiring kita mendekati era digital. Semua yang kita lakukan berpusat pada teknologi.

Jadi semua kehidupan kita, termasuk ekonomi kita, didasarkan pada dunia teknologi. Maraknya toko online, maraknya sektor video dan lain-lain membuat kita mulai memikirkan bisnis media sosial.

Jika Anda seorang desainer yang bersemangat atau sedang mencari jasa desain bisnis Anda, Anda akan menemukan kemampuan yang tepat untuk memahami 8 jenis desain grafis ini.

Saat Ini Ada 8 Jenis Desain Grafis Yang Tersedia:

Saat ini ada 8 jenis desain grafis yang tersedia_

1. Desain grafis identitas visual

Sistem identitas visual adalah sistem komunikasi visual yang membentuk identitas suatu perusahaan, organisasi atau produk.

Identitas visual sering digunakan untuk membedakan produk atau layanan yang sebanding dengan pesaing sehingga konsumen dapat dengan mudah mengenali suatu merek dengan melihat bagian dari tampilan visualnya.

Jadi, Anda harus melihat orang-orang yang berkonsentrasi pada bidang ini jika Anda ingin membangun merek produk.

2. Desain Antar Muka (User Interface)

Interface Design (UI) adalah interaksi antara orang dan perangkat atau aplikasi. UI terdiri dari semua yang ada di layar, keyboard, dan mouse yang berinteraksi dengan pengguna.

Desain UI difokuskan pada pengalaman visual bagi pengguna dan desain komponen grafis seperti tombol, menu, interaksi mikro, dll. Dalam konteks desain grafis. Adalah tugas desainer UI untuk memadukan daya tarik estetika dengan fungsionalitas teknologi.

3. Iklan pemasaran & desain grafis

Sebuah perusahaan dengan produk yang diketahui publik bergantung pada kegiatan pemasaran dan publisitas. Pemasaran dan periklanan berusaha meyakinkan setiap masyarakat untuk membeli suatu produk.

🔥TRENDING:  Pasokan Daging Sapi Asal Australia Dipastikan Stabil

Materi visual yang menarik dan ide-ide cemerlang tentu saja akan mempengaruhi orang ketika memilih untuk membeli suatu produk.

Karena orang terus-menerus menginginkan informasi yang secara estetika lebih menarik, desain grafis memungkinkan bisnis untuk mengiklankan dan menyampaikan produk mereka.

4. Publikasi

Penerbitan adalah bagian dari bisnis desain grafis yang melalui distribusi publik berinteraksi dengan publik. Mereka sering disebut bisnis media cetak.

Ini termasuk buku, jurnal, majalah dan katalog. Namun, publikasi digital akhir-akhir ini meningkat secara signifikan.

Desainer grafis dengan fokus pada publikasi bekerja sama dengan penerbit untuk menghasilkan tata letak yang menggabungkan fotografi, grafik, dan ilustrasi, dengan tipografi yang dipilih dengan cermat dan seni pendukung.

5. Motion Grafis

Motion graphic hanyalah sebuah bidang desain grafis yang menggunakan metode animasi gerakan sebagai campuran ilustrasi, tipografi, fotografi dan video.

Ini mungkin termasuk animasi, musik, tipografi, fotografi, video dan media internet lainnya, TV dan efek bioskop. Popularitas media dan kemajuan teknologi dan konten video meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Contoh grafik gerakan

  • Iklan
  • Logo animasi
  • Cuplikan Presentasi video promosi
  • Tutorial untuk Video
  • Aplikasi Situs video game Banner GIF

6. Desain kemasan (packaging)

Sebagian besar produk memerlukan semacam kemasan untuk tujuan penyimpanan, distribusi, dan penjualan untuk mengawetkan dan menyiapkannya.

Namun, desain kemasan juga dapat terhubung langsung dengan pelanggan, menjadikannya alat pemasaran yang penting. Setiap kotak, botol, tas, wadah, kaleng atau tabung adalah kesempatan untuk menyampaikan narasi merek.

Desainer kemasan mendesain, memproduksi maket, dan menghasilkan file yang dapat dicetak untuk suatu produk. Ini membutuhkan pengetahuan yang sangat baik tentang proses pencetakan dan pemahaman menyeluruh tentang desain dan produksi industri.

Karena desain kemasan mempengaruhi banyak bidang, penciptaan produk tambahan, seperti fotografi, ilustrasi, dan identitas visual, bukanlah hal yang aneh bagi para desainer.

7. Grafis lingkungan

Grafik lingkungan menghubungkan orang secara visual ke lokasi untuk meningkatkan pengalaman umum mereka dengan menciptakan pengaturan yang lebih mudah diingat, menghibur, informatif, atau lebih mudah untuk dilalui.

🔥TRENDING:  Kurs Ringgit Ambruk, Malaysia Resmi Darurat Nasional

Contoh desain grafis lingkungan

  • Dinding mural tanda tangan
  • Merek Kantor Pameran Museum
  • Navigasi angkutan umum Toko ritel acara dalam ruangan dan ruang pertemuan

8. Ilustrasi seni dan desain grafis

Seni grafis dan ilustrasi seringkali tampak sama dengan desain grafis, namun keduanya berbeda satu sama lain. Desainer membuat komposisi untuk seni dan resolusi masalah, seniman grafis dan ilustrator membuat karya unik.

Seni mereka mengambil banyak bentuk, dari seni rupa, dekorasi dan narasi.

Contoh ilustrasi seni rupa dan desain grafis:

  • Desain T-shirt
  • Pola grafis tekstil
  • Grafik gerak penyimpanan gambar
  • Video game grafis baru
  • Anda melihat delapan ahli dalam desain grafis dibagi menjadi beberapa bagian. Semoga dapat membantu
  • Anda menemukan pekerja desain grafis yang sesuai untuk bisnis dan perusahaan Anda.

Kesimpulan

Desain grafis adalah teknik memadukan tipografi, ilustrasi, fotografi dan pencetakan untuk meyakinkan (mengundang), memberikan informasi atau membuat arahan adalah desain grafis. Saat ini ada 8 jenis desain grafis yang tersedia.

Bisnis desain grafis kini berkembang pesat seiring kita mendekati era digital. Desainer grafis dengan fokus pada publikasi bekerja sama dengan penerbit untuk menghasilkan tata letak yang menggabungkan fotografi, grafik, dan ilustrasi.

Desainer kemasan mendesain maket dan menghasilkan file yang dapat dicetak untuk suatu produk. Seni grafis dan ilustrasi seringkali tampak sama dengan desain grafis, namun keduanya berbeda satu sama lain.

Back to top button