Penjelasan Mengenai Personalia Beserta Tugas dan Fungsinya

rancakmedia.com – Kehadiran manajemen personalia sangat penting dalam sebuah perusahaan. Manajemen personalia mengawasi perekrutan karyawan yang bekerja di suatu perusahaan nantinya. Manajer staf juga menjaga kinerja staf yang direkrut.

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian Personalia dalam menjalankan tugasnya di suatu perusahaan.

Manajemen personalia juga memainkan peran penting dalam memenuhi tujuan bisnis sebagai salah satu komponen kunci dari sebuah perusahaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka bekerja keras untuk menarik orang-orang dalam organisasi dan memperhatikan pencapaian tujuan perusahaan.

Manajemen personalia harus memilih orang-orang yang kompeten dengan kemampuan mumpuni yang dapat membantu perusahaan.

Definisi Personalia Menurut Para Ahli

Sebenarnya apa sih pengertian Personalia secara umum dan ahli yang sering terdengar sampai saat ini?

Personalia atau yang dikenal dengan istilah manajemen personal dalam suatu perusahaan merupakan kata untuk proses rekrutmen dan pengembangan suatu perusahaan.

Para karyawan ini kemudian akan mendapatkan pembinaan dan pengembangan untuk menjadi orang-orang yang berharga bagi keberlanjutan perusahaan.

1. Marihot Manullang

Pengertian Personalia atau Staf Pengelola menurut Marihot Manullang adalah bidang pengetahuan untuk memberikan fasilitas kepada karyawan. Bidang ilmu ini tidak hanya membahas bagaimana menawarkan fasilitas yang bermanfaat bagi pengembangan karyawan. Menurut Marihot, ada perasaan ikut serta dalam aksi-aksi terkait Personalia.

2. Hasibuan Melayu S.P

Pengertian Personalia dalam bahasa Melayu adalah ilmu yang mengkaji seni berorganisasi. Faktor yang diatur dalam hal ini adalah keikutsertaan dalam hubungan kerja perusahaan. Tenaga kerja dikendalikan dengan berbagai cara untuk mewujudkan tujuan perusahaan secara efisien dan efektif. Bukan hanya perusahaan, tujuan pekerjanya dan semua aspek masyarakat terpenuhi.

3. Alex S. Semitus.

Menurut Alex S. Nitisemito, pengertian Personalia adalah seni dalam perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan tenaga kerja. Rangkaian prosedur ini memusatkan proses secara lebih efektif dan efisien pada pencapaian tujuan perusahaan.

4. John Soeprihanto

Personalia atau pengetahuan manajemen personalia Menurut John Soeprihanto, fungsi manajemen diawasi secara berurutan. Selain itu, ia melaporkan bahwa pengembangan, penarikan dan kompensasi juga dilakukan untuk karyawan perusahaan. Selain itu, pemeliharaan dan integrasi adalah serangkaian prosedur yang mendukung perusahaan dalam pencapaian tujuan yang optimal dan terfokus.

5. Heidjrachman dan Suad Hunan, Ranupandojo

Definisi Personalia Menurut Heidjrachman dan Suad, fungsi manajemen adalah personalia. Mereka juga termasuk perekrutan staf, integrasi, kompensasi dan pemeliharaan sebagai bagian dari staf. Semua fungsi tersebut memberikan landasan bagi perusahaan untuk mewujudkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek.

🔥TRENDING:  Produk Rempah Pertamina Sukses

Tugas Manajemen Personalia

Tidak lengkap rasanya jika Anda memahami arti staf atau manajemen dalam sebuah perusahaan, bila Anda tidak membicarakan tugas staf.

Tugas Manajemen Personalia

Pekerjaan utama staf adalah sumber daya manusia atau pekerjaan perusahaan. Berikut adalah beberapa tanggung jawab penting untuk manajemen personalia perusahaan.

  1. Menyusun atau menetapkan anggaran tenaga kerja di suatu perusahaan.
  2. Membuat rencana kerja SDM di dalam perusahaan seperti job description, job analysis dan job requirements.
  3. Melaksanakan tahapan seleksi calon pekerja berdasarkan kebutuhan perusahaan, seperti spesifikasi, keahlian dan jumlah.
  4. Manajemen personalia juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan yang direkrut berada pada posisi yang benar dalam bidang keahlian khusus mereka.
  5. Menentukan sumber daya manusia perusahaan dan sumber daya perusahaan.
  6. Mengatur tenaga kerja pengembangan tenaga kerja, termasuk pendidikan tenaga kerja.
  7. Kelola proses pemindahan pekerja (pensiun, dll.).
  8. Memastikan kesejahteraan karyawan di perusahaan.

Fungsi Manajemen Personalia dalam Perusahaan

Ada banyak fungsi yang dijalankan dalam manajemen manusia untuk mencapai tujuan bisnis. Secara umum, dua fungsi karyawan dijalankan dalam bisnis sehingga tujuan dapat dicapai dengan sukses dan efisien.

Fungsi Management

Fungsi manajemen sumber daya manusia memiliki empat komponen. Komponen ini mengukur keberhasilan bisnis dalam mencapai tujuan organisasi yang ditentukan. Empat komponen fungsi manajemen dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

1. Perencanaan

Perencanaan atau perencanaan adalah fungsi kunci dalam membantu bisnis mencapai tujuan organisasi untuk manajemen pribadi. Fungsi mendasar dari manajemen staf adalah untuk merumuskan atau merencanakan tujuan perusahaan.

2. Organisasi

Fungsi organisasi manajemen personalia merupakan cara untuk mencapai tujuan organisasi pegawai yang baik. Setelah bisnis mendefinisikan fungsi anggotanya, organisasi menjadi koneksi vertikal-horizontal. Dimulai dengan desain komposisi manajemen staf dan elemen terkait lainnya.

3. Mengarahkan

Tugas selanjutnya adalah mengarahkan atau mengarahkan semua sumber daya bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini memungkinkan setiap orang untuk bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Pengendalian (Pengawasan)

Tugas akhir dari fungsi manajemen adalah memonitor atau memonitor kinerja pekerja. Manajemen personalia mengawasi tindakan tenaga kerja dalam mencapai tujuan dan apakah itu sesuai rencana atau tidak. Dengan fungsi ini, manajemen staf dapat meningkat jika hal-hal tidak mengikuti rencana semula.

🔥TRENDING:  Ayo Segera Dapatkan Gratis Pulsa Dan Voucher Dengan Cara Mudah

Fungsi Operational

Fungsi manajemen staf selanjutnya adalah fungsi operasional. Fungsi ini memberikan informasi tentang berbagai masalah sumber daya manusia, dari pengadaan hingga pemeliharaan sebagai berikut, sehubungan dengan fungsi operasional.

  1. Pengadaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan, meliputi kuantitas dan kompetensi.
  2. Pelatihan sumber daya manusia di dalam bisnis untuk meningkatkan kemampuan karyawan.
  3. Pembinaan dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan di bidangnya, agar tugas-tugas tenaga kerja dapat dilaksanakan dengan baik.
  4. Pemberian remunerasi kepada karyawan sebagai tanda terima kasih. Gaji tersebut sesuai dengan kinerja karyawan selama bekerja dengan bisnis dan usahanya untuk membantu mencapai tujuan perusahaan.
  5. Integrasi dengan karyawan atau orang-orang dalam bisnis dalam kaitannya dengan keinginan perusahaan. Manajemen staf berfungsi untuk menjamin bahwa semua pemangku kepentingan terintegrasi dalam pencapaian tujuan perusahaan.
  6. Menjaga kondisi baik fisik dan mental karyawan dalam bisnis melalui layanan kesejahteraan dll.

Kesimpulan Mengenai Personalia:

Manajemen personalia mengawasi perekrutan karyawan yang bekerja di suatu perusahaan nantinya. Manajer staf juga menjaga kinerja staf yang direkrut. Pengertian Personil atau Staf Pengelola menurut Marihot Manullang adalah bidang pengetahuan untuk memberikan fasilitas kepada karyawan.

Semua fungsi tersebut memberikan landasan bagi perusahaan untuk mewujudkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Manajemen personalia juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan yang direkrut berada pada posisi yang benar dalam bidang keahlian khusus mereka.

Fungsi manajemen staf memberikan informasi tentang berbagai masalah sumber daya manusia, dari pengadaan hingga pemeliharaan sebagai berikut, sehubungan dengan fungsi operasional. Gaji tersebut sesuai dengan kinerja karyawan selama bekerja dengan bisnis dan usahanya untuk membantu mencapai tujuan perusahaan. Hal ini juga memastikan bahwa semua pemangku kepentingan terintegrasi dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Demikian Penjelasan Mengenai Personalia Beserta Tugas dan Fungsinya, Semoga Bermanfaat dan baca terus informasi yang ada disini.

Back to top button