Cara Membedakan Peralata & Persediaan

Rancakmedia.com – Peralata & Persediaan, equipment adalah peralatan, sedangkan supplies adalah persediaan. Kedua istilah ini sesungguhnya mempunyai perbedaan menonjol, namun saling berkaitan sama lain. Terutama dalam hal implementasi pencatatan pembiayaan pada akuntansi.

Dalam dunia akuntansi, equipment atau peralatan adalah barang atau alat yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan segala aktivitas perusahaan. Daya pakai dari equipment umumnya mempunyai usia pemakaian jangka panjang dibandingkan dengan peralatan.

Contoh dari equipment adalah perangkat komputer, mesin produksi, kendaraan, dan sebagainya.

Peralatan Dibagi Menjadi 2 Kategori Utama, Yaitu Peralatan Besar dan Peralatan Kecil.

Peralatan Besar

Peralatan besar merupakan aset perusahaan yang kemungkinan besar akan dijual kembali atau dapat menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Peralatan ini juga akan masuk ke saldo aktiva tetap saat dibeli yang artinya perlu disusutkan suatu hari nanti. Contoh nyata dari peralatan besar adalah gedung, gudang, komputer, kendaraan, mesin produksi, peralatan administrasi kantor, dan sebagainya.

🔥TRENDING:  8 Platform Dropship Terbaik untuk Jualan Online di Indonesia

supplies terbagi menjadi 2 bagian

Peralatan Kecil

Peralatan kecil adalah barang yang dapat memenuhi kebutuhan yang mempunyai peranan penting untuk kelancaran operasional perusahaan. Contoh sederhana dari alat kecil ini adalah gunting, kotak penyimpanan, staples, dan lain sebagainya. Seperti halnya dengan peralatan besar, ketika peralatan kecil dibeli, peralatan kecil juga akan dicatat dalam aset tetap yang akan mengalami proses penyusutan.

Dalam sebuah perusahaan tentunya kita semua membutuhkan berbagai macam barang seperti kertas, pulpen, tinta printer, dan berbagai macam barang lainnya yang kemungkinan bisa habis.

Berbagai item tersebut memang akan terlihat sederhana, namun memiliki peran penting dalam membantu setiap kegiatan operasional perusahaan. Berbagai item ini dapat dimasukkan ke dalam kategori peralatan.

🔥TRENDING:  Begini Cara Mengatasi Jika Mengalami Penipuan Kartu Credit

Jadi, pada hakikatnya dalam dunia akuntansi alat atau perlengkapan adalah berbagai barang milik perusahaan yang dapat dikonsumsi atau dapat digunakan berkali-kali.

Pada umumnya berbagai barang yang termasuk dalam perlengkapan atau perlengkapan memiliki bentuk yang cenderung lebih kecil dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Jadi, bukan penunjang utama kegiatan operasional perusahaan. Namun meski terlihat kecil, persediaan juga bisa jadi sangat mahal, apalagi untuk perusahaan besar dan ternama.

1 2Next page
Back to top button