Cara Membedakan Peralatan dan Persediaan Paling Lengkap

Lutfi

Perbedaan Equipment Supplies Dalam Bisnis
Perbedaan Equipment Supplies Dalam Bisnis

Rancakmedia.com – Peralatan dan Persediaan, equipment adalah peralatan, sedangkan supplies adalah persediaan. Kedua istilah ini sesungguhnya mempunyai perbedaan menonjol, namun saling berkaitan sama lain. Terutama dalam hal implementasi pencatatan pembiayaan pada akuntansi.

Dalam dunia akuntansi, equipment atau peralatan adalah barang atau alat yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan segala aktivitas perusahaan. Daya pakai dari equipment umumnya mempunyai usia pemakaian jangka panjang dibandingkan dengan peralatan.

Contoh dari equipment adalah perangkat komputer, mesin produksi, kendaraan, dan sebagainya.

2 Kategori Utama Peralatan

Peralatan dibagi menjadi 2 kategori utama, yaitu peralatan besar dan peralatan kecil.

Peralatan Besar

Peralatan besar merupakan aset perusahaan yang kemungkinan besar akan dijual kembali atau dapat menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Peralatan ini juga akan masuk ke saldo aktiva tetap saat dibeli yang artinya perlu disusutkan suatu hari nanti. Contoh nyata dari peralatan besar adalah gedung, gudang, komputer, kendaraan, mesin produksi, peralatan administrasi kantor, dan sebagainya.

Peralatan dan Persediaan

Peralatan Kecil

Peralatan kecil adalah barang yang dapat memenuhi kebutuhan yang mempunyai peranan penting untuk kelancaran operasional perusahaan. Contoh sederhana dari alat kecil ini adalah gunting, kotak penyimpanan, staples, dan lain sebagainya. Seperti halnya dengan peralatan besar, ketika peralatan kecil dibeli, peralatan kecil juga akan dicatat dalam aset tetap yang akan mengalami proses penyusutan.

Dalam sebuah perusahaan tentunya kita semua membutuhkan berbagai macam barang seperti kertas, pulpen, tinta printer, dan berbagai macam barang lainnya yang kemungkinan bisa habis.

Berbagai item tersebut memang akan terlihat sederhana, namun memiliki peran penting dalam membantu setiap kegiatan operasional perusahaan. Berbagai item ini dapat dimasukkan ke dalam kategori peralatan.

Jadi, pada hakikatnya dalam dunia akuntansi alat atau perlengkapan adalah berbagai barang milik perusahaan yang dapat dikonsumsi atau dapat digunakan berkali-kali.

Pada umumnya berbagai barang yang termasuk dalam perlengkapan atau perlengkapan memiliki bentuk yang cenderung lebih kecil dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Jadi, bukan penunjang utama kegiatan operasional perusahaan. Namun meski terlihat kecil, persediaan juga bisa jadi sangat mahal, apalagi untuk perusahaan besar dan ternama.

Cara Membedakan Peralatan dan Persediaan

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.