BISNIS

Penjelasan Mengenai PPIC dan Tugasnya

rancakmedia.com – Bagi Anda yang bekerja di bidang produksi pasti tahu istilah PPIC. Karena kata tersebut sangat erat kaitannya dengan proses produksi suatu industri.

Apa sebenarnya PPIC dan kelebihannya di bidang bisnis? Pada artikel ini akan dibahas pengertian PPIC dan tugasnya.

Apa itu PPIC?

Ini menyiratkan pekerjaan untuk merencanakan proses pembuatan dan mengelola persediaan bahan baku hingga akhirnya diproduksi menjadi barang jadi.

Departemen yang bertanggung jawab atas perencanaan dan pengelolaan proses produksi terdiri dari PPIC di perusahaan manufaktur. Hal ini memungkinkan proses untuk berjalan sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan.

Dalam menjalankan tugasnya, Departemen PPIC harus bekerja sama dengan departemen lain, termasuk departemen pemasaran. Di Departemen ini, jumlah barang yang akan dijual ke konsumen diprediksi dan diperkirakan.

Hal ini memungkinkan departemen PPIC untuk mengidentifikasi dan mengelola persediaan bahan baku. Untuk memungkinkan barang yang diproduksi memenuhi persyaratan pelanggan yang diturunkan oleh departemen pemasaran.

Karena stok bahan baku sangat erat kaitannya, departemen PPIC juga harus menghitung kebutuhan bahan yang akan diproduksi. Proses ini disebut perencanaan kebutuhan material, oleh karena itu PPIC juga harus bekerja sama dengan bagian pengadaan.

PPIC harus memastikan bahwa barang yang masuk ke pabrik selanjutnya ditransformasikan ke dalam proses produksi. PPIC harus memastikan bahwa barang telah didaftarkan stoknya oleh gudang. Sampel barang juga dapat diambil untuk memastikan kualitasnya dalam kontrol kualitas.

Tugas PPIC

Tugas PPIC

Staf Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan biasanya memiliki tugas sebagai berikut.

🔥TRENDING:  5 Mindset Entrepreneur yang Harus Dimiliki Para Pengusaha dan Cara Membangunnya

1. Menyediakan Bahan Jadi

Staf PPIC harus mengirimkan barang jadi sesuai jadwal dan memenuhi persyaratan tim pemasaran. Karena barang yang sudah jadi disebarluaskan ke konsumen oleh tim marketing. Barang yang disajikan kepada pelanggan dengan demikian harus dapat diandalkan dan benar.

2. Meninjau Forecast dari Marketing

PPIC juga akan mendapatkan data prediksi tim marketing, yang nantinya akan mereka evaluasi. Dari data ini, personel PPIC dapat merancang proses manufaktur selanjutnya. Barang yang dihasilkan dengan demikian memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih tinggi.

3. Menghitung dan Memastikan Kebutuhan Produksi

Staf PPIC juga bertanggung jawab untuk menghitung produk yang berbeda untuk alasan produksi, seperti bahan yang dibutuhkan untuk proses produksi.

Semua persyaratan mulai dari produksi hingga produk akhir harus diproses secara tepat oleh staf PPIC. Karyawan PPIC harus dapat memastikan bahwa persediaan yang diperlukan terpenuhi.

4. Pastikan Kualitas Produk

Staf QC juga harus memastikan bahwa kontrol kualitas telah dilakukan sebelum barang dikirim. Karena barang jadi harus diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan kualitas produk.

5. Waktu Proses Produksi

Staf PPIC harus dapat memastikan proses produksi berjalan pada jadwal yang ditentukan.

Manfaat PPIC

Sejumlah proses produksi diharapkan dapat berjalan lebih efisien dan efektif dengan menggunakan PPIC di perusahaan manufaktur. Selain proses produksi, ternyata juga menawarkan banyak keuntungan dari segi keuangan dan waktu.

🔥TRENDING:  Funluck Aplikasi Penghasil Saldo Dana Games Begini Caranya

Berikut beberapa manfaat PPIC yang harus Anda ketahui:

  1. Proses manufaktur dapat berjalan pada jadwal yang ditentukan dan permintaan klien dapat diselesaikan tepat waktu.
  2. Mesin produksi dan peralatan lainnya dapat dimanfaatkan secara optimal karena prosesnya sudah jelas.
  3. Persediaan bahan baku tidak berlebihan atau tidak mencukupi di gudang.
    Perusahaan dapat menjalankan pengelolaan persediaan (inventory) secara optimal.
  4. Mencegah dan mengurangi biaya untuk membeli persediaan produksi yang berlebihan.
  5. Meminimalkan penundaan produksi dan dapat memprediksi penundaan karena kejadian yang tidak terduga.
  6. Pengeluaran tenaga kerja dihemat karena sumber daya mentah dan teknologi dapat dioptimalkan untuk efisiensi perusahaan.
  7. Meningkatkan ROA (return on assets) ketika perusahaan juga memperluas kemampuan produksinya.
  8. Hal ini memudahkan pelaku usaha untuk menetapkan anggaran yang sesuai, khususnya anggaran investasi.
  9. Memfasilitasi layanan pemasaran dan penjualan karena mereka memiliki sistem perencanaan produksi yang jelas dan inventaris sesuai permintaan.

Solusi Pekerjaan PPIC

Industri teknologi telah berkembang sangat cepat, sehingga menantang bagi perusahaan yang masih mengelola perusahaan mereka secara manual. Bahkan tugas PPIC tidak akan berjalan dengan baik karena sistem antar departemen tidak terintegrasi.

Sistem ERP adalah salah satu metode untuk merampingkan operasi PPIC. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan departemen lain untuk menjalankannya dari berjalan sendiri. Manfaat yang akan diperoleh PPIC dengan mengadopsi sistem ERP adalah sebagai berikut:

  • Jadwal produksi dapat diterapkan secara otomatis
  • Persiapan dan perutean bahan dapat berjalan lebih efisien.
  • Akan lari jika stok habis.
  • Jadwal secara otomatis pemeliharaan peralatan dan proses.
  • Memudahkan untuk memantau permintaan pelanggan terhadap stok yang ada, melakukan inventarisasi barang dan memelihara peralatan industri.
🔥TRENDING:  Berikut Review dan Profil HotForex Indonesia, Simak Selengkapnya

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan tugasnya PPIC. Staf ini akan berjalan lebih efisien jika digunakan sistem terintegrasi yang disebut sistem ERP.

Teknologi EOS adalah salah satu metode untuk mengontrol sistem keuangan perusahaan Anda. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sistem ERP Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut secara mendalam. Anda dapat menghubungi kami secara langsung melalui halaman kontak untuk informasi tambahan.

Kesimpulan

PPIC adalah singkatan dari Production Planning and Inventory Control, yang berarti pekerjaan untuk mempersiapkan proses manufaktur dan mengelola persediaan bahan baku hingga akhirnya diproduksi menjadi barang jadi.

Pada artikel ini, kita akan membahas pengertian PPIC dan tugasnya dalam industri korporasi. Staf PPIC harus dapat memastikan proses produksi berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Staff QC juga harus memastikan bahwa mereka telah melakukan Quality Control sebelum barang dikirim.

PPIC akan berjalan lebih efektif jika menggunakan sistem terintegrasi yang disebut sistem ERP. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan departemen lain, sehingga tidak berjalan sendiri.

Back to top button