20+ Daftar BUMN yang Ada di Indonesia

rancakmedia.com – BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah suatu bentuk badan usaha yang dimiliki dan dikelola oleh negara. BUMN dikelola oleh Kementerian BUMN dan bertanggung jawab di bidangnya masing-masing untuk memberikan pelayanan publik. Apa saja daftar BUMN di Indonesia saat ini?

Pengertian BUMN adalah perusahaan niaga yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui kepemilikan langsung dari kekayaan negara yang berbeda. Dalam bentuk perusahaan nirlaba yang memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, pengertian BUMN dapat berupa produk atau jasa.

Masalah regulasi BUMN diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003. Semua BUMN diawasi dan dikelola oleh Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Menteri BUMN yang ditunjuk Presiden.

Secara umum ada tiga macam dan bentuk BUMN, yaitu perjan, badan usaha umum, dan perseroan terbatas (Persero).

  1. Perusahaan jasa (perjan) adalah badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah dan bertujuan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat. Format BUMN Perjan kini sudah tidak berlaku lagi.
  2. Perusahaan publik (perum) adalah sejenis BUMN yang modalnya bersumber dari APBN tetapi lebih berkonsentrasi pada perolehan laba. Selain pelayanan publik, Perum juga membahas tentang keuntungan yang didapat.
  3. Perseroan Terbatas (Persero) adalah suatu bentuk BUMN yang modalnya sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh pemerintah dalam bentuk saham untuk mencari keuntungan. Persero bergerak di bidang pelayanan publik, tetapi tidak menerima fasilitas Negara.

Dari ketiga jenis BUMN tersebut, sebagian besar BUMN saat ini berbentuk perseroan terbatas atau badan usaha milik pemerintah. Hanya segelintir yang berbentuk perum yang ditemukan, dan lebih banyak lagi yang berbentuk perjan. Persero berpotensi mempublikasikan sahamnya melalui pertukaran sahamnya sehingga menjadi Persero Tbk.

Di bawah ini adalah Daftar BUMN di Indonesia dari berbagai sektor dan bidang yang paling populer dan populer di kalangan masyarakat.

20+ Contoh BUMN di Indonesia

Berikut lebih dari 20 contoh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan logo dan penjelasannya dari berbagai sektor dan bidang di Indonesia.

20+ Contoh BUMN di Indonesia

1. PT Pertamina

PT Pertamina (Persero) adalah salah satu contoh BUMN yang paling terkenal. Sebelumnya dikenal sebagai Perusahaan Pertambangan Negara Minyak dan Gas Bumi. Misi Pertamina adalah mengawasi pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

2. PT Telekomunikasi Indonesia

Contoh perusahaan telekomunikasi milik negara adalah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau Telkom. Telkom bertugas mengembangkan dan meningkatkan layanan jaringan telepon domestik di seluruh Indonesia.

3. PT Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia Tbk merupakan maskapai penerbangan nasional berstatus BUMN di Indonesia. Garuda Indonesia menawarkan layanan transportasi pesawat lokal dan internasional. Garuda Indonesia terkenal sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik dunia.

4. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

PT Perusahaan Listrik Negara adalah salah satu contoh perusahaan milik negara yang bergerak di bidang tenaga listrik atau disingkat PLN. Misi PLN adalah mengendalikan ketersediaan listrik di Indonesia, dimulai dari pengadaan, pemeliharaan dan penanggulangan.

5. PT Kereta Api Indonesia (KAI)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau disingkat PT KAI merupakan salah satu perusahaan publik yang bergerak di bidang industri transportasi. Misi utama PT KAI adalah menawarkan jasa angkutan kereta api nasional baik untuk perjalanan barang maupun penumpang.

6. PT Bank Negara Indonesia (BNI)

Tbk atau BNI dianggap sebagai salah satu BUMN perbankan di PT Bank Negara Indonesia (Persero). Bank BNI diakui sebagai salah satu dari banyak bank nasional klien. BNI juga merupakan bank umum tertua di Indonesia hingga saat ini.

7. PT Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan grup BUMN lain yang bergerak di bidang keuangan publik dan perbankan. Bank Mandiri terkenal dengan total aset, pinjaman dan simpanan bank sebagai bank terbesar di Indonesia.

šŸ”„TRENDING:  Daftar KSP Online Yang Terdaftar Di OJK

8. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank BUMN selanjutnya juga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI. Sebagai bank milik negara BRI juga dengan jutaan pelanggan salah satu bank milik negara terbesar di Indonesia.

9. PT Bio Farma

PT Bio Farma (Persero) merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang kesehatan di Indonesia. Tugas Bio Farma adalah memproduksi antiserum dan vaksinasi. Bio Farma juga membantu masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

10. PT Dirgantara Indonesia

PT Dirgantara Indonesia (Persero) merupakan salah satu jenis BUMN yang fokus pada sektor dan sektor pertahanan. Dirgantara Indonesia adalah satu-satunya perusahaan pesawat Asia Tenggara. Perusahaan ini sebelumnya bernama Industri Pesawat Terbang Nusantara atau IPTN.

11. PT Jasa Raharja

PT Jasa Raharja (Persero) adalah salah satu contoh perusahaan asuransi sosial milik sektor. Perusahaan Jasa Raharja pertama kali didirikan pada tahun 1961 dan fokus memberikan layanan asuransi sosial kepada masyarakat Indonesia.

12. PT Semen Indonesia

TBK (Persero) PT Semen Indonesia merupakan salah satu contoh pabrik semen BUMN yang populer. Perusahaan yang dulu bernama PT Semen Gresik ini merupakan produsen semen terbesar di Indonesia. Semen Indonesia menjadi BUMN publik pertama dan sahamnya diperdagangkan secara terbuka. PT Semen Indonesia memiliki 4 anak perusahaan: Semen Gresik, Semen Padang, Thang Long Cement Company, dan Semen Tonasa.

13. PT Pegadaian

PT Pegadaian (Persero) merupakan salah satu contoh BUMN sektor jasa keuangan. Pegadaian bekerja di tiga cabang, termasuk keuangan, emas, dan beragam layanan. Moto utama Pegadaian adalah solusi bebas masalah.

14. PT Bank Tabungan Negara (BTN)

PT Bank Tabungan Negara (Perser) Tbk atau Bank BTN, selain BNI, BRI dan Mandiri, merupakan contoh BUMN lain yang bergerak di bidang jasa perbankan. Bank BTN juga menawarkan layanan perbankan dan memiliki jutaan nasabah.

15. PT Adhi Karya

PT Adhi Karya (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh perusahaan konstruksi milik negara. Adhi Karya didirikan pada tahun 1960 dan menjadi perusahaan publik. Penekanan utama PT Adhi Karya adalah pada proyek pengembangan yang berbeda.

16. PT Wijaya Karya

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau disingkat WIKA adalah sebuah perusahaan milik negara milik publik. Perusahaan ini bergerak di bidang bangunan. Keistimewaan PT WIKA meliputi konstruksi sipil, konstruksi, mekanikal, elektrikal dan bidang konstruksi lainnya.

17. PT Waskita Karya

Jenis BUMN lain yang bergerak di bidang konstruksi adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk. BUMN ini juga merupakan perusahaan publik. Waskita Karya sering melakukan inisiatif strategis nasional yang kritis dan signifikan.

18. PT Perusahaan Gas Negara

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh BUMN yang khusus bergerak di bidang gas atau disingkat PGN. Misi PT PGN adalah mengangkut, mendistribusikan, dan mengolah sumber daya gas bumi dalam negeri.

19. PT Angkasa Pura I dan II

PT Angkasa Pura (Persero) merupakan salah satu BUMN sektor transportasi. Angkasa Pura memiliki tanggung jawab untuk menyediakan lalu lintas udara dan layanan bandara di Indonesia. Di Indonesia bagian tengah dan timur, PT Angkasa Pura I beroperasi, sedangkan di Indonesia bagian barat, PT Angkasa Pura II beroperasi.

20. PT Jasa Marga

Di bidang konstruksi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh BUMN, khususnya usaha jalan tol. Tugas utama PT Jasa Marga adalah membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan raya sebagai jalur angkutan cepat.

šŸ”„TRENDING:  Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG 27 Oktober 2021 Berikut Infonya

21. PT Pelabuhan Indonesia I-IV

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau PT Pelindo adalah BUMN jasa kepelabuhanan. Pelindo bertanggung jawab atas pengelolaan jasa kepelabuhanan di Indonesia. Ada empat bisnis PT Pelindo, masing-masing memiliki jangkauan operasional sendiri dari Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV.

22. PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu contoh BUMN industri pos, pos dan jasa keuangan. PT Pos Indonesia Perusahaan ini pertama kali menjadi perusahaan publik (perum), tetapi kemudian menjadi perseroan terbatas. Ribuan kantor pos beroperasi di seluruh Indonesia.

23. PT PAL Indonesia

PT PAL Indonesia (Persero) adalah perusahaan galangan kapal milik negara. PT PAL Indonesia berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur. Operasi utamanya adalah produksi kapal perang dan kapal niaga dengan persyaratan tertentu, penyediaan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum.

24. PT Kimia Farma

PT Kimia Farma (Persero) Tbk merupakan salah satu jenis perusahaan publik BUMN. Di bidang farmasi, Kimia Farma bergerak. Perusahaan ini diakui sebagai perusahaan farmasi paling awal dalam sejarah Indonesia hingga saat ini.

25. PT Pindad

PT Pindad (Persero) adalah salah satu contoh BUMN yang fokus utamanya di bidang militer. Pindad adalah perusahaan industri dan manufaktur di Indonesia yang bergerak di bidang produksi barang-barang militer dan komersial.

Itulah daftar BUMN di Indonesia dari berbagai bidang, antara lain sektor, keuangan, perbankan, jasa, transportasi, gedung, telekomunikasi, energi, minyak dan gas, pelabuhan, penerbangan, jasa kesehatan dan farmasi dan sebagainya.

Kesimpulan

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah suatu bentuk badan usaha yang dimiliki dan dikelola oleh negara. Ada tiga jenis dan bentuk BUMN, yaitu Perjan, badan usaha umum, dan perseroan terbatas. Di bawah ini adalah daftar BUMN di Indonesia dari sektor dan bidang yang paling populer dan populer.

Contoh perusahaan telekomunikasi milik negara adalah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau Telkom. Contoh maskapai penerbangan adalah PT Garuda Indonesia Tbk, salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Salah satu bank terbesar adalah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau Bank BRI. Misi utama PT KAI adalah menawarkan jasa transportasi kereta api nasional. PT Semen Indonesia adalah salah satu contoh pabrik semen milik negara yang populer.

Jenis BUMN lain yang bergerak di bidang konstruksi adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Perusahaan yang sebelumnya bernama PT Semen Gresik ini merupakan produsen semen terbesar di Indonesia. PT Pelindo bertanggung jawab untuk mengelola layanan kepelabuhanan di Indonesia.

Back to top button