Advertisement

Pengertian Produk Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Rancakmedia.com – Pengertian produk secara umum berarti segala sesuatu yang dapat diciptakan dalam bentuk produk atau jasa yang kemudian dapat dijual di pasar dari proses pembuatannya.

Selanjutnya, definisi produk adalah bahan yang dibuat oleh produsen dan ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam situasi ini produk mungkin dimaksudkan untuk konsumen akhir atau konsumen perantara.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian produksi adalah segala sesuatu yang mungkin ditawarkan di pasar untuk dikonsumsi atau dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan atau kebutuhan konsumen pasar.

Pengertian Produk Menurut para ahli

  • Kotler Philip

Philip Kotler menyatakan bahwa definisi produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan, dimiliki, dimanfaatkan atau dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau kebutuhan pelanggan. Ini mencakup bentuk fisik, layanan, orang, lokasi atau konsep.

  • Stanton William J

William J. Stanton percaya bahwa konsep produk adalah kumpulan dari harga nyata atau tidak berwujud, berwarna, dikemas, pengecer, prestisius dan memproduksi layanan yang pembeli terima sebagai mampu memenuhi kebutuhan mereka.

  • Tjiptono Fandy

Fandy Tjiptono menyatakan bahwa definisi produk adalah berbagai hal untuk dicatat, dibeli, diungkapkan, dikonsumsi atau dimanfaatkan oleh produsen sebagai cara untuk memuaskan kebutuhan atau kebutuhan pasar.

  • Saladin dari Jaslim

Djaslim Saladin menyatakan bahwa pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi dan memenuhi kebutuhan manusia dalam segala bentuk atau bentuk.

Pengertian Produk Menurut para ahli

Pengertian Produk Konsep Produksi

Gagasan yang sering digunakan produsen adalah bahwa konsumen lebih menyukai produk yang memiliki kualitas, kinerja yang sangat baik, dan paling kreatif.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar dan dapat membuat peningkatan konstan untuk konsumen mereka, bisnis lain yang berbeda juga harus menginvestasikan banyak pekerjaan dalam penciptaan produk ini.

Pada umumnya jika produk yang ada di produk sama dengan produk lain atau sekedar mengikuti trend, konsumen tidak akan membeli suatu produk atau kemasan produk tersebut tidak menarik.

Pengertian Produk Konsumsi

Yang dimaksud dengan produk konsumen adalah semua produk yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen akhir atau pengguna akhir. Produk konsumen kemudian dibagi menjadi beberapa bagian:

Produk kebutuhan sehari-hari, yaitu produk yang dibutuhkan dan lebih mudah dikembangkan untuk dibeli oleh konsumen, seperti makanan, minuman, sabun cuci, sabun mandi, sampo dll.

Produk kelontong, adalah produk yang dibelanjakan dari segi kualitas, harga dan spesifikasi produk, seperti smartphone, TV, laptop, sepatu, dll, membandingkan suatu produk dengan produk lain yang sebanding.
Produk khusus, produk dengan sifat tertentu dan kemewahan serta penampilan khusus, akan disiapkan untuk dibayar oleh berbagai kelompok pelanggan, meskipun dibanderol dengan harga tinggi, seperti perhiasan, mobil, atau produk lainnya.

Produk yang tidak berhasil adalah produk yang sebelumnya tidak diketahui oleh konsumen dan walaupun mereka sudah mengetahuinya, mereka tidak serta merta membeli produk tersebut, seperti batu nisan, kabin, tempat pemakaman dan sebagainya.

Pengertian Produk untuk Keperluan Industri

Pengertian produk industri adalah semua produk yang dapat dibeli oleh konsumen untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk diolah lebih lanjut menjadi produk baru. Produk industri ini dibagi menjadi dua bagian:

Bahan baku dan suku cadang merupakan produk yang dibutuhkan untuk menjadi produk baru yang lebih menguntungkan. Produk ini sering dibagi menjadi dua bagian, yaitu bahan baku dan suku cadang pengganti. Contoh produk mentah antara lain kayu (dijadikan lemari, kursi, dll), gandum (dibuat menjadi roti), dll. Sedangkan produk, bahan atau suku cadang adalah contoh lcd, dll.)

Barang modal adalah produk yang dapat membantu atau membantu pengelolaan atau pengembangan produk yang matang oleh produsen dan memiliki umur yang cukup panjang, seperti pabrik, kantor, laptop, mobil mobil, mesin manufaktur, dll.

Peralatan dan jasa bisnis adalah produk yang mampu mengelola produk-produk yang matang, siap jual, dan tahan lama seperti perbaikan kantor, oli pelumas, bensin untuk motor, dll.

Jenis Produk Industri dan Konsumen

Pemasar melihat produk sebagai sesuatu yang akan mereka tawarkan di pasar. Namun, mereka mengkategorikan produk menjadi dua kategori besar, produk konsumen dan produk industri. Kami akan membahasnya secara rinci satu per satu:

  1. Produk industri dapat didefinisikan sebagai produk yang dibeli oleh individu dan organisasi untuk diproses lebih lanjut atau untuk digunakan dalam menjalankan bisnis. Misalnya, jika konsumen membeli truk pickup untuk penggunaan pribadi, itu adalah produk konsumen. Jika orang yang sama membeli truk pickup itu untuk bisnis truk mereka, maka itu adalah produk industri.
  2. Produk konsumen dapat didefinisikan sebagai produk/jasa yang biasanya dibeli oleh pelanggan dengan segera dan dengan upaya pembelian yang minimal. Misalnya susu, koran, sampo, sabun, deterjen dan lain-lain.

FAQ

Dalam artikel ini kami akan menyediakan sesi tanya jawab, jika kamu ingin mengetahui informasinya secara detail silahkan baca artikel disini.

Apa Ciri Ciri dari Produk?

1. Awet Atau Tahan Lama
2. Perawatan Yang Mudah
3. Murah

Apa Manfaat Dari Produk?

Manfaat produk (product benefits) yaitu merepresentasikan nilai yang diberikan kepada pelanggannya oleh produk tersebut. Hal ini merupakan apa yang di rasakan konsumen dan nikmati lewat pembelian produk atau layanan tersebut.

Perbedaan Antara Produk dan Jasa?

Barang merupakan produk fisik yang bisa dibeli oleh pelanggan dengan harga tertentu. Sedangkan jasa merupakan fasilitas atau kegunaan yang diberikan kepada konsumen dan barang itu adalah produk yang mempunyai wujud fisik yang artinya bisa dilihat dan juga disentuh. Sedangkan jasa adalah layanan atau fasilitas yang tidak ada wujudnya jadi tidak bisa kita sentuh.

Kesimpulan:

Pengertian produksi adalah segala sesuatu yang dapat diciptakan dalam bentuk produk atau jasa yang kemudian dapat dijual di pasar dari proses manufaktur. Produk dapat dibagi menjadi banyak jenis, baik dalam hal bentuk dan daya tahan produk atau berdasarkan pelanggan dan produk mana yang dapat dimakan konsumen.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas