Berikut Ini Pengertian Promosi Secara Rinci

Rancakmedia.com – Pengertian promosi, pasti sudah kita lihat dan dengar sepanjang hari di sekitar kita, mulai dari percakapan teman atau keluarga, media cetak, atau baliho pinggir jalan, radio, televisi, internet, dan masih banyak lagi. Namun mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu promosi, seperti apa, tujuan dan contoh sebenarnya dari promosi ini masih ada. Ini dijelaskan di artikel berikutnya.

Pengertian Promosi

Pentingnya Promosi dari Berbagai Sumber Terpercaya:

Menurut Wikipedia, promosi adalah iklan suatu produk atau merek, penjualan dan loyalitas merek. Ini adalah salah satu dari empat komponen dasar bauran pemasaran, termasuk 4 P: harga, produk, promosi, dan tempat.

Promosi terdiri dari sarana komunikasi yang digunakan oleh pemasar untuk menawarkan informasi tentang produk mereka. Informasi dapat berupa lisan atau visual.

Pentingnya promosi dari berbagai sumber terpercaya

Sedangkan pengertian promosi adalah upaya memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya, menurut Wikipedia Indonesia. Promosi dimaksudkan untuk meningkatkan angka penjualan bagi produsen atau distributor.

Pengertian Promosi Menurut Pakar Pemasaran Harper Boyd

Digambarkan sebagai upaya membujuk orang untuk merangkul produk, konsep, dan ide. Menurut beberapa pakar pemasaran, terutama Boone dan Kurtz, promosi adalah tentang mendidik, meyakinkan, dan memengaruhi pilihan tentang pembelian.

Ada berbagai variasi pengertian promosi yang diusulkan oleh para profesional pemasaran di seluruh dunia, tetapi kesimpulannya kira-kira sama: promosi adalah untuk memberi tahu, menginformasikan, menyediakan, membujuk, atau mendistribusikan produk atau layanan kepada konsumen potensial sehingga pada akhirnya memungkinkan mereka untuk membeli.

Tujuan Promosi

Orang-orang mempromosikan tujuan tertentu, sedangkan tujuan promosi didasarkan pada ringkasan dari beberapa sumber:

Untuk memberikan informasi produk kepada calon konsumen
Dapatkan klien baru dan tingkatkan loyalitas pelanggan Meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Membedakan dan mengungguli produk mereka terhadap produk pesaing
Untuk merek atau menciptakan citra produk di benak konsumen
Mengubah perilaku dan pandangan pelanggan tentang suatu produk
Kesimpulannya, tujuan utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan atau keuntungan oleh produsen atau distributor.

🔥TRENDING:  Usaha Kecil Menengah (UKM), Peran, dan Manfaatnya

Jenis Promosi

Ada begitu banyak berbagai jenis dan bentuk promosi, produk atau jasa yang berbeda dan media promosi. Berikut ini adalah jenis promosi yang biasanya kami anggap dikutip di Wikipedia:

Promosi Fisik

Promosi dapat diadakan di tempat fisik yang biasanya diadakan selama acara tertentu atau acara khusus seperti pameran, bazaar, festival, konser, dll. Penjual biasanya membuka “stan” atau “stan” untuk memamerkan produk atau layanan mereka dan menawarkannya .

Keuntungan dari promosi fisik dan langsung ini adalah, calon konsumen dapat dijangkau secara langsung, dapat melihat langsung produk dan jasa yang diberikan, dan penjual menggunakannya untuk membujuk calon konsumen agar membeli produk dan jasanya pada saat itu juga. Ya, kontak di tempat memungkinkan orang untuk membuat segera.

Jumlah calon konsumen yang relatif terbatas tanpa promosi fisik, karena ini hanya terjadi di lingkungan atau lokasi tertentu seperti kantor, kampus, sekolah, dll.

Promosi Traditional

Media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan lain-lain, serta media elektronik, seperti radio dan televisi, serta media luar ruang seperti iklan spanduk atau baliho, dimaksudkan berdasarkan jenis promosi yang dilakukan oleh media konvensional.

Jenis promosi melalui media konvensional ini memiliki keunggulan yaitu dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen dibandingkan dengan promosi fisik, karena media memiliki jangkauan yang luas.

Kekurangan dari pengertian promosi melalui media konvensional adalah biayanya yang mahal karena termasuk media besar seperti televisi, baliho dan lain sebagainya.

Pengertian Promosi Media Digital

Jenis promosi media digital meliputi media internet, media sosial atau jejaring sosial. Ini adalah metode pengertian promosi kontemporer, karena memungkinkan orang untuk melihat produk atau layanan yang diiklankan melalui teknologi saat ini, seperti ponsel atau komputer. Banyak pelaku bisnis yang beralih memanfaatkan media digital sebagai pendekatan promosinya, karena media digital merupakan cara yang paling efisien untuk menjangkau konsumennya setiap hari.

Lebih dari 2,7 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Internet, yang menyumbang sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari semua pengguna internet menggunakan media sosial di seluruh dunia. Keuntungan dari promosi media digital adalah dapat menjangkau berbagai kalangan dengan biaya dan waktu.

🔥TRENDING:  Diborong Rp 178 M Saham BBCA Tembus Rekor

Contoh Promosi

Ada banyak contoh pengertian promosi yang biasanya kita lihat setiap hari, beberapa di antaranya tampak tidak biasa. Berikut adalah beberapa contoh promosi yang cukup sering dilakukan:

  • Promosi toko: beli 2 pasang sepatu dan 1 pasang sepatu tambahan gratis
  • Promosi dari penyedia telekomunikasi: telepon 5 menit untuk menerima panggilan gratis 30 menit
  • Promosi department store: dapatkan diskon 30% untuk produk tertentu
  • Promosi restoran: beli makanan tertentu, minuman gratis

Dan masih banyak lagi contoh promosi yang jelas ditujukan untuk menarik sebanyak mungkin calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Kesimpulan :

Pengertian promosi adalah iklan produk atau merek, penjualan dan loyalitas merek. Menurut beberapa pakar pemasaran, promosi adalah tentang mendidik, meyakinkan, dan memengaruhi pilihan tentang pembelian. Ada begitu banyak jenis dan bentuk pengertian promosi yang berbeda, produk atau layanan yang berbeda dan cara yang berbeda untuk mempromosikannya. Tujuan dari promosi adalah untuk mendapatkan klien baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan meningkatkan penjualan dan keuntungan. Promosi dapat dilakukan di tempat fisik seperti pameran, bazaar, festival, konser, dll.

Promosi media digital adalah pengertian promosi kontemporer, karena memungkinkan orang untuk melihat produk atau layanan yang diiklankan melalui teknologi saat ini, seperti ponsel atau komputer. Ada banyak contoh promosi yang biasanya kita lihat setiap hari, beberapa di antaranya tampak tidak biasa. Beberapa bisnis telah beralih ke penggunaan media digital sebagai pendekatan promosi mereka. Ada banyak contoh promosi yang bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin calon konsumen untuk melakukan pembelian. Ini termasuk membeli makanan tertentu, minuman gratis dan dapat membeli minuman secara gratis.

Back to top button