BISNISTRENDS TODAY

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Secara Online

rancakmedia.com – Berikut ini cara cek blt bpjs ketenagakerjaan 2021 atau blt subsidi gaji sejumlah Rp 1 juta yang akan dibayarkan 2 kali per sekali penerimaan adalah sebesar Rp. 500.000. Anggota BPJS Ketenagakerjaan yang menerima BLT pada tahun 2020 dapat menerimanya kembali. Pegawai BPJS BLT atau BSU senilai Rp 1 juta tercantum di bawah ini.

Setelah berhasil mengakses situs BPJS Ketenagakerjaan, untuk mendapatkan menu Cek Status Calon Penerima BSU. Klik menu cek status calon penerima BSU lalu tampil tuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia. Tidak lama akan tampil status, apakah Anda termasuk penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan atau malahan data sedang diverifikasi.

Diketahui, pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau yang dikenal dengan BLT subsidi gaji.

Cara Cek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Online

Berikut cara cek penerima bantuan subsidi gaji selengkapnya:

  1. Buka situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bantuan-subsidi-upah.html
  2. Geser tampilan ke posisi paling akhir untuk menuju fitur cek penerima BSU 2021
  3. Ketik NIK pada kolom yang tersedia
  4. Ketik nama lengkap sesuai KTP pada kolom yang tersedia
  5. Ketik tanggal lahir pada kolom yang tersedia
  6. Centang aktivasi kode chapcha dan ketik kode tersebut pada kolom yang tersedia
  7. Klik lanjutkan
🔥TRENDING:  15 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal dan Terpercaya

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara Cek Status Penerima BLT Subsidi Gaji Sebesar Rp 1 Juta di HP

Banyak pekerja yang memenuhi syarat akan menerima bantuan Rp 1 juta dalam sekali pencairan. Untuk mengecek apa status beberapa karyawan termasuk dalam penerima BLT subdisi gaji, bisa dilihat lewat website BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Buka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau klik di sini.
  2. Gulir ke bawah dan tentukan menu Cek Status Calon Penerima BSU
  3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan tanggal lahir pada kolom yang ada.
  4. Centang code capthcha dan ketok Teruskan.
  5. Sesudahnya, akan ada info status dari calon penerima BSU.

Bila dipastikan berhasil lolos verifikasi, karena itu pada situs akan ada info berikut:
“Anda berhasil lolos verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima bantuan Subsidi Gaji (BSU), untuk klarifikasi selanjutnya akan dilaksanakan oleh Kemnaker.

Proses verfikasi dan validasi dilaksanakan sesuai Permenaker Nomor 16 tahun 2021.” Jika masih juga dalam tingkatan klarifikasi, karena itu pada situs akan ada info berikut: “Data Anda sedang dalam proses klarifikasi sama sesuai persyaratan Permenaker Nomor 16 tahun 2021.”

🔥TRENDING:  Begini Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Yang Akan Segera Cair

Tentang BLT Subsidi Gaji atau BSU

BSU sebagai upaya pemerintah dalam rangka melakukan perbaikan perekonomian nasional dengan memberikan atau memberi dukungan kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi.

Adapun besaran bantuan yang diberi adalah Rp 500 ribu per bulan selama dua bulan. Tetapi BLT Subsidi Gaji diberi pada sebuah tahap berupa bantuan tunai hingga penerima mendapatkan Rp 1 juta sekali pencairan.

Jumlah ini berlainan dengan BLT Subsidi Gaji yang diberi pemerintahan pada tahun lalu yang mencapai Rp 2,4 juta. Yang harus diingat, tidak seluruhnya karyawan di Indonesia memperoleh BLT subdisi gaji Rp 1 juta.

Cuman beberapa karyawan yang penuhi beberapa persyaratan sama sesuai Permenaker RI No 16 Tahun 2021 yang memiliki hak memperoleh bantuan ini.

Berikut kriteria penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Subsidi Gaji sesuai Permenaker RI No 16 Tahun 2021:

  1. Masyarakat Negara Indonesia yang ditunjukkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai 30 Juni 2021.
  3. Bekerja di daerah PPKM tingkat 3 dan 4.
  4. Berpenghasilan di bawah Rp 3,lima juta dan bekerja pada bidang usaha yang sudah ditetapkan.
  5. Bidang usaha yang diartikan adalah bidang usaha industri barang konsumsi, transportasi, bermacam industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa, terkecuali jasa pengajaran dan kesehatan.

Lalu bagaimanakah bila gaji minimal semakin besar dari Rp 3,lima juta?

Pada pasal 3A ayat (3) diterangkan, KaryawanatauPekerja bekerja di daerah dengan gaji minimal kabupatenataukota semakin besar dari Rp Rp 3,5 juta, karena itu syarat gaji atau gaji seperti diartikan dalam Pasal 3 ayat (2) huruf c jadi terbanyak sebesar gaji minimal kabupatenataukota dibulatkan ke atas sampai seratus beberapa ribu penuh.

BLT Subsidi Gaji diutamakan untuk karyawanataupekerja yang belum terima program Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH), atau Progam Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUMatauBLT UMKM).

Proses Penyaluran BLT Subsidi Gaji
Pencairan BLT Subsidi Gaji 2021 aan dilaksanakan lewat bank punya negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

🔥TRENDING:  20 Aplikasi Penghasil Uang Terpercaya Tanpa Modal, Mudah, dan Cepat

Sementara untuk tenaga kerja yang ada di Provinsi Aceh akan diolah lewat Bank Syariah Indonesia (BSI). Dari beberapa bank BUMN dan BSI, BLT Subsidi Gaji diteruskan ke rekening penerima bantuan subsidi gaji atau gaji.

Lalu, bagaimana dengan karyawan yang tidak mempunyai rekening di bank Himbara, tetapi terhitung penerima bantuan subsidi gaji atau gaji? Diambil dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kemnaker akan membikinkan rekening baru untuk penerima BSU yang tidak mempunyai rekening bank Himbara.

“Penerima bantuan tinggal tiba ke bank tujuan untuk aktifkan rekening dan ambil dana tunai yang telah didaftarkan,” catat admin @kemnaker.

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Subsidi Gaji Mulai Disalurkan

Sementara itu, Kemenkeu mulai salurkan BLT Subsidi Gaji beberapa karyawan atau pekerja yang terimbas wabah dan ada di daerah PPKM tingkat 3 dan 4.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu mengatakan, penyaluran BSU mulai dilaksanakan pada Selasa (10atau8atau2021).

bantuan diteruskan lewat rekening Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta VII ke rekening Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Kementerian Ketenagakerjaan.

Diambil dari Kompas.com, pada tahapan awalnya ini, Kemenkeu salurkan BSU dengan nilai keseluruhan Rp 947,5 miliar, yang didistribusikan ke 947.499 orang penerima.

“bantuan ini selanjutnya akan dilanjutkan ke beberapa penerima yang sudah tercatat,” catat Ditjen Perbendaharaan, Selasa.

🔥TRENDING:  Cara Jitu Convert Pulsa Menjadi Uang Cash

Adapun penerima BSU pada tahapan awalnya ini merujuk pada data dari BPJS Ketenagakerjaan yang dikatakan ke Kemnaker.

“Proses penyaluran selanjutnya di bawah wewenang Kementerian Ketenagakerjaan,” catat Ditjen Perbendaharaan.
Keseluruhannya, pada tahun 2021, pemerintahan sudah membagikan sejumlah Rp 8,8 triliun untuk program BSU.

Lewat bantuan itu, pemerintahan mengharap perusahaan bisa bangun dari imbas wabah, sekalian membantu beberapa karyawan untuk penuhi tuntutan hidupnya.

“Di tengah-tengah wabah, perusahaan yang bertahan hadapi beberapa cobaan, terhitung dalam pembayaran gaji pekerjanya,” catat Ditjen Perbendaharaan.

Tahun ini, calon penerima BSU perkirakan mencapai kurang lebih 8 juta orang dengan keperluan sejumlah Rp 8 triliun.

Sekarang ini Kemenaker sedang dalam tingkatan skrining data BPJS Ketenagakerjaan untuk pastikan penerima BSU sesuai persyaratan. Cek online daftar penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan disini.

Demikian lah cara untuk mengecek status penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan terbaru yang akan cari Rp 1 Juta untuk dua bulan. bpjs bantuan subsidi upah 2021.

Back to top button