Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp 152,14 Triliun

www.rancakmedia.com – Bank indonesia siapkan uang tunai Rp 152,14 triliun untuk ramadhan dan idul fitri. Bank Indonesia (BI) beranggapan jika keinginan mata uang berbentuk uang kertas dan uang logam akan bertambah sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini dibanding tahun kemarin.

Bank Indonesia siapkan uang tunai Rp 152,14 triliun. BI beranggapan jika keperluan uang kartal akan bertambah pada masa Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 dengan diaplikasikannya program vaksinasi covid hingga percepat pendistribusian kontribusi keuangan langsung.

Marlison Hakim, Direktur Eksekutif Kepala BI Money Manajemen, menjelaskan sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini keinginan mata uang diprediksikan mencapai 152,14 triliun rupee.

Prediksi itu 39,33 % di atas realisasi distribusi mata uang pada masa yang serupa tahun kemarin sejumlah 109,2 triliun rupee. “Tahun ini BI sedang mempersiapkan uang, baik uang kertas atau uang logam sebesar 152,14 triliun rupiah. Ini akan dialokasikan ke semua Indonesia,” katanya dalam www.rancakmedia.com, Rabu (14 April 2021).

🔥TRENDING:  Kpi Perusahaan Definisi, Jenis dan Tujuan

Marlison meneruskan, mata uang 152,14 triliun rupee akan didominasi oleh pecahan 100.000 dan 50.000 rupee, yaitu 137 triliun rupee atau sama dengan 90,07 %. Sementara sisanya terbagi dalam pecahan Rp 20.000 ke bawah.

Prediksi peningkatan keinginan uang kartal di sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri 2021 didukung oleh bermacam faktor. Pertama, membaiknya ekonomi Indonesia disaksikan dari bermacam tanda makro ekonomi.

Pendistribusian program kesejahteraan tunai selanjutnya menggerakkan BI (Bank Indonesia) untuk tingkatkan prediksi keperluan uang kartal. Marlison menjelaskan, pendistribusian pembayaran bantuan sosial sering dipercepat sepanjang Ramadhan dan Lebaran.

“Selanjutnya kita menyaksikan program vaksinasi yang berpengaruh di tingkat mobilisasi warga. Tingkat mobilisasi makin tinggi, tingkat keperluan jantung makin tinggi,” katanya. Paling akhir, BI menyaksikan dasar pemerintahan berkaitan larangan mudik Lebaran, walau ada pengecualian untuk mudik di wilayah tertentu.

🔥TRENDING:  Cara Investasi Emas Batangan Antam Untuk Investor Pemula

Berkaitan hal itu, Bank Indonesia siapkan uang untuk ramadhan dan idul fitri tahun ini. Tetapi, prediksi itu sesungguhnya masih di bawah masa Ramadhan dan Idul Fitri saat sebelum wabah menyebar. “(Kebutuhan uang) masih di bawah keperluan normal Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Marlison.

Back to top button