Advertisement

Contoh Kegiatan Ekonomi Mikro Dalam Kehidupan Masyarakat

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai kegiatan ekonomi mikro dalam kehidupan yang belum kamu ketahui atau pahami bahwa, ekonomi mikro perekonomian yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dalam menentukan harga pasar.

Dalam arti luas, kegiatan ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua cabang: ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi mikro adalah studi tentang efek dari perubahan insentif, harga, sumber daya, dan proses produksi pada keputusan individu.

Adapun pelaku ekonomi adalah individu-individu yang dalam ekonomi mikro sering dikategorikan ke dalam subkelompok, seperti pembeli, penjual, dan pemilik perusahaan.

Contoh masalah ekonomi mikro termasuk teknik penganggaran pribadi, pilihan pembelian, dan pertimbangan pendapatan dan hutang, biaya peluang, penawaran dan permintaan, elastisitas harga, perilaku konsumen dan produsen, dll.

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian Ekonomi Mikro

Ada dua penafsir ekonomi mikro yang harus dipahami: Penafsir umum dan penafsir menurut para ahli. Kamu dapat menyimak pengertian di bawah ini:

Pengertian Ekonomi Mikro Secara Umum

Apa sebenarnya ekonomi mikro itu? Ekonomi mikro adalah definisi perilaku pelanggan dan bisnis, serta penetapan harga pasar dan jumlah pendatang, komoditas, dan layanan yang ditawar.

Mikroekonomi atau ekonomi mikro secara langsung mempengaruhi keputusan penawaran dan permintaan untuk produk dan jasa. Jadi, definisi utama ekonomi mikro adalah menyelidiki pasar dan bagaimana proses ini mempengaruhi harga relatif barang dan jasa.

Beberapa komponen analisis ekonomi antara lain:

  1. Analisis manfaat dan biaya.
  2. Permintaan Teori dan Proposal.
  3. Elastisitas.
  4. Model pasar.
  5. Industri.
  6. Konsep produksi.
  7. Teori Ekonomi.

Pentingnya ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu dalam menganalisis kegagalan pasar dan menjelaskan secara tepat kondisi teoritis persaingan pasar.

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian ekonomi mikro menurut para ahli. Beberapa ilmu ekonomi telah menyatakan definisi ekonomi mikro, yang meliputi sebagai berikut:

Adam Smith

Ekonomi mikro, menurut Adam Smith, adalah masalah ekonomi yang selalu bersifat ekonomi. Sebelum membuat pilihan, seorang operator ekonomi harus memeriksa faktor-faktor yang masuk akal.

David Ricardo

Menurut David Ricardo, definisi ekonomi mikro adalah situasi di mana pelaku ekonomi memiliki pengetahuan tentang cara kerja pasar. Oleh karena itu, ekonomi makro merupakan penentu perekonomian global.

Marshal dan Piquo

Menurut Marshal dan Piqou, definisi ekonomi mikro adalah tingkat mobilitas pasar yang tinggi, yang memaksa para pelaku ekonomi untuk segera merespon perubahan di pasar.

N.G Mankiw

Menurut N.G MANKIW, ekonomi mikro adalah definisi peran orang sebagai agen ekonomi, bagaimana individu dan bisnis membuat pilihan, dan interaksi mereka di pasar tertentu.

Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, definisi ekonomi mikro adalah disiplin ilmu ekonomi yang mengkaji perilaku konsumen dan perusahaan, penetapan harga pasar, dan kuantitas kontribusi, komoditas, dan jasa yang dinegosiasikan.

Contoh Ekonomi Mikro

Sebagai contoh kesulitan yang terkait dengan ekonomi mikro dalam masyarakat yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, pertimbangkan hal berikut:

Pernikahan

Sepasang pengantin baru sedang mempersiapkan anggaran untuk pembelian rumah pertama mereka. Pasangan muda itu menawar dengan menganalisis situasi keuangan mereka, merumuskan strategi untuk menabung dan menentukan berapa banyak rumah yang mereka mampu.

Selain itu, mereka mendistribusikan uang tergantung pada kebutuhan mereka, seperti pengeluaran dan hutang mereka yang ada dan keinginan mereka, seperti makan di luar atau berbelanja.

Pariwisata

Menjelang hari raya, sebuah keluarga mengatur perjalanan ke luar kota. Keluarga menyadari bahwa mereka perlu menetapkan berapa banyak uang yang harus dialokasikan untuk tujuan ini dan jika dana tersebut dapat diakses sekarang, akan disimpan selama perjalanan, atau pinjaman akan diperlukan.

Keluarga harus mengevaluasi kompromi apa, jika ada, yang harus dibuat untuk biaya liburan, seperti tidak membeli mainan, kendaraan baru, makanan, dan pakaian. Dengan kata lain, ekonomi mikro berkaitan dengan kerugian.

Contoh ini mengasumsikan sumber daya yang terbatas dan kebutuhan untuk memilih antara prioritas yang saling bertolak belakang.

Kebutuhan Hari Raya

Permintaan daging ayam, daging, beras, dan kebutuhan lainnya meningkat menjelang Lebaran. Hal ini dikarenakan adanya tradisi atau kebiasaan makan ayam opor, ketupat, atau rendang saat lebaran. Akibatnya, harga barang-barang ini juga meningkat.

Investasi

Seseorang atau bisnis melakukan investasi. Investasi merupakan komponen kedua yang mempengaruhi jumlah total pengeluaran (keseluruhan). Investasi yang tercantum di bawah ini adalah contoh dari kegiatan berikut:

  1. Membeli berbagai barang modal.
  2. Pengeluaran untuk pembangunan rumah atau bangunan lainnya.

Pengertian Ekonomi Mikro Secara Umum

Pekerjaan

Kamu mendapat tawaran kerja dari dua perusahaan setelah lulus kuliah, posisi staf pemasaran di PT A1 dan posisi staf keuangan di PT A2. Apalagi ia mendapat tawaran untuk mengejar gelar masternya.

Kamu akhirnya memutuskan untuk bekerja di PT A1, sehingga kehilangan kemungkinan untuk bekerja di PT A2 dan melanjutkan studi masternya. Dalam hal ini, biaya peluang yang kamu keluarkan untuk bekerja di PT A2 dan melanjutkan studi masternya.

Pasar

Pasar adalah titik pertemuan antara penawaran dan permintaan. Salah satu contoh penerapan ekonomi mikro adalah orang yang melakukan negosiasi harga secara online dan offline di pasar.

Kesehatan

Untuk melindungi konsumen, pemerintah menetapkan harga minimum obat. Hal ini dilakukan agar apotek tidak menjual resep dengan harga di atas harga puncak (maksimum), sehingga memungkinkan masyarakat yang membutuhkan untuk membelinya.

Pertanian

Ketika musim panen menghasilkan beras surplus, harga beras turun, membuat petani sangat rentan terhadap kerugian. Untuk mencegah petani mengalami kerugian saat menjual hasil panennya, pemerintah membatasi harga dasar yang bisa digunakan petani untuk menjual hasil panennya.

Pemerintah

Kenaikan harga BBM berpengaruh negatif terhadap pendapatan para pengemudi angkot, seiring dengan naiknya harga beras. Oleh karena itu, intervensi pemerintah diperlukan untuk menstabilkan harga.

Perusahaan

Perusahaan yang memiliki hak atau izin khusus dari pemerintah dan menguasai bahan baku lebih cenderung melakukan monopoli pasar. Manfaat ini membuat sulit bagi bisnis lain untuk bergabung dengan pasar.

Monopoli memiliki kecenderungan untuk memanipulasi harga. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah memberlakukan aturan yang mendorong lingkungan perusahaan yang sehat.

Impor

Akibat gagal panen, pasokan beras langka, sehingga harganya tinggi. Hal ini menyebabkan meningkatnya biaya hidup masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah menerapkan skema impor beras untuk sejumlah perusahaan komersial nasional dan internasional.

Distribusi

Jangka waktu distribusi yang lama mengakibatkan kenaikan harga bagi pelanggan. Untuk mencegah hal ini, bisnis harus mengurangi rute distribusi semaksimal mungkin.

Contoh PT. Kalbe mendistribusikan barang-barangnya ke seluruh Indonesia melalui pengecer dan grosir di lebih dari 100 lokasi penjualan.

Publik

Pak Sarli memiliki sebidang tanah, dan dia sedang mempertimbangkan apakah akan menggunakannya untuk menghasilkan tanaman atau membangun rumah sewa. Pilihan bijak Pak Sarli akan menyelesaikan masalah ekonomi dan membatasi pembentukan yang baru.

Kebutuhan

Beberapa pasar pertanian, seperti pasar cabai, mungkin memiliki harga yang tidak menentu. Surplus cabai mungkin tidak menguntungkan karena penurunan harga dapat mengurangi pendapatan petani cabai. Bahkan bisa membuat beberapa produsen cabai gulung tikar.

Kehidupan Sehari-Hari

Kebijaksanaan menginginkan ponsel baru. Dia mencari di internet untuk informasi lebih lanjut tentang dua merek, A dan B, karena dia masih tidak yakin dengan perbedaan mereka. Dia mencari karakteristik produk sehingga dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan mereka.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban mengenai kegiatan ekonomi mikro, diantaranya:

Apa Saja Tujuan Ekonomi Mikro?

Sebagai investigasi data harga dan kuantitas untuk digunakan sebagai bahan evaluatif dan untuk mengidentifikasi kelemahan potensial untuk memberikan hasil data yang masuk akal dan teoritis.

Apa Itu Mikro dan Makro?

Makroekonomi adalah subbidang ekonomi yang mengkaji kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Sebaliknya, ekonomi mikro adalah subbidang ekonomi yang mengkaji hanya sebagian kecil dari kegiatan ekonomi (tidak secara keseluruhan).

Contoh Ekonomi Mikro

Apa Itu Ekonomi Kreatif dan Ciri Cirinya?

Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor ekonomi yang bertumpu pada gagasan dan pemahaman tentang pengertian kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat sebagai komponen utama produksi. Ekonomi kreatif didasarkan pada ide-ide manusia yang baru, orisinal, dan imajinatif.

Kesimpulan

Itulah artikel yang telah kami rangkum untuk kamu para pembaca dengan berbagai contoh ekonomi mikro dalam kehidupan sehati-hari. Contoh perilaku pelanggan dalam melakukan pembelian adalah masuk ke dalam ruang lingkup ekonomi mikro.

Back to top button