Advertisement

4 Komponen Analisis SWOT, Tujuan dan Manfaatnya

Rancakmedia.com – Pada artikel berikut ini kami akan membahas secara detail tentang komponen analisis swot dilengkapi juga dengan pengertian, manfaat, tujuan, cara menggunakan dan juga faktornya, simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Ada kemungkinan bahwa kamu pernah menemukan frasa “analisis SWOT” saat bekerja untuk atau mengelola perusahaan. Dengan menggunakan analisis ini, manajer dapat merancang rencana perusahaan jangka pendek dan jangka panjang yang akan membantu mereka mencapai tujuan dan meningkatkan analisis.

Melakukan analisis SWOT adalah teknik yang sangat baik untuk menganalisis perusahaan atau proyek kamu, terlepas dari apakah kamu hanya memiliki dua atau lima ratus orang. Jadi bagaimana kamu menerapkan analisis ini? Yuk, simak ulasan yang berkaitan dengan komponen analisis SWOT di bawah ini!

Pengertian Analisis SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats, dan merupakan akronim perencanaan strategis (threats). Potensi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman organisasi dianalisis dan dinilai menggunakan analisis SWOT.

Pengertian Analisis SWOT

SWOT ini mungkin tampak mendasar, tetapi ketika dilakukan dengan penuh pertimbangan dan bersama-sama, mungkin akan mengungkap hal-hal yang sebelumnya tidak kamu sadari.

Meskipun analisis SWOT dapat menunjukkan kekuatan perusahaan kamu, analisis ini juga dapat mengungkapkan kerentanan dan bahayanya; oleh karena itu, penting untuk membandingkan keduanya.

Hal ini juga berlaku ketika kamu atau perusahaan kamu khawatir tentang kelemahan organisasi. Analisis bisnis yang menyeluruh mungkin akan mengungkap kemungkinan yang sebelumnya diabaikan untuk menutupi kekurangan perusahaan.

Kamu dapat melakukan analisis SWOT untuk mengetahui keadaan dan kondisi perusahaan kamu sebelum memutuskan strategi baru. Cari tahu teknik apa yang bekerja secara efektif dan apa yang tidak.

Analisis SWOT akan memberi kamu daftar lengkap tindakan yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan kekuatan kamu, mengatasi kelemahan kamu, merebut peluang, dan menghilangkan ancaman.

Analisis SWOT adalah rencana strategi yang digunakan untuk menemukan, menganalisis, dan menilai elemen internal dan eksternal yang mungkin memiliki pengaruh pada kelangsungan hidup suatu proyek, perusahaan, produk, atau individu.

Pendiri strategi ini adalah Albert Humphrey, seorang ahli teori bisnis Inggris yang berspesialisasi dalam manajemen organisasi dan transformasi budaya.

Dia menciptakan strategi ini saat bekerja di Stanford Research Institute (SRI) pada 1960-an dan awal 1970-an. Karena begitu banyak informasi dapat dijejalkan ke dalam area yang begitu kecil, pendekatan ini sering digunakan dalam dunia bisnis untuk menghasilkan peta pikiran.

Analisis SWOT terdiri dari empat faktor dasar, yaitu kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats).

Berikut penjelasan dari keempat unsur tersebut:

Komponen Analisis SWOT

Kamu dapat memecah analisis SWOT ke dalam komponen analisisnya setelah kamu memahami apa itu. Mari kita lihat lebih dalam masing-masing komponen analisis SWOT ini.

Komponen Analisis SWOT

Strengths

Kekuatan menggambarkan keterampilan dan manfaat perusahaan dan bagaimana kekuatan itu membantu kamu menonjol dari pesaing. Ini mungkin aset tidak berwujud seperti manajemen yang kuat, tim yang kuat, atau teknologi atau sumber daya manusia perusahaan kamu.

Weaknesses

Selanjutnta komponen analisis SWOT yang satu ini tidak mungkin bagi perusahaan yang memiliki kekurangan untuk beroperasi pada efisiensi puncak untuk mewujudkan potensi penuhnya. Perkembangan dan kinerja perusahaan akan jatuh karena variabel-variabel yang tidak mencapai kriteria yang seharusnya.

Untungnya, masalah di perusahaan masih bisa dikendalikan. Hal-hal seperti kurangnya keahlian di suatu bidang, mesin atau peralatan berkualitas rendah, pengambilan keputusan yang buruk, dan sebagainya dapat dihindari dan dihilangkan.

Opportunities

Tidak jarang hal-hal baik terjadi pada perusahaan kamu karena keadaan di luar kendali kamu. Pembuat mobil dapat mengekspor kendaraan mereka ke pasar lain dan melihat peningkatan penjualan atau pangsa pasar jika pemerintah mengurangi tarif pajaknya.

Threats

Komponen analisis SWOT yang terakhir adalah thteats yang merupakan, ancaman dapat mencakup segala sesuatu yang berdampak buruk bagi perusahaan dari luar, seperti kelangkaan sumber daya manusia, meningkatnya harga bahan baku, atau meningkatnya jumlah pesaing.

Waspadai lingkungan dan keadaan perusahaan kamu untuk menghadapi masalah eksternal. Periksa untuk melihat apakah perusahaan memiliki hutang yang signifikan atau masalah arus kas lainnya yang mungkin membuatnya terkena fluktuasi pasar.

Bagaimana Cara Penggunaan Analisis Swot

Tujuan mendasar dari menyelesaikan analisis SWOT adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang aspek apa yang terlibat dalam membuat pilihan strategi perusahaan.

Bagaimana Cara Penggunaan Analisis Swot

Analisis SWOT adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan oleh perusahaan mana pun untuk lebih memahami pasar dan merencanakan masa depan.

Kita dapat membedah masing-masing dari empat komponen analisis SWOT. Kekuatan dan kekurangan hanya dapat ditemukan di dalam.

Ini menyiratkan bahwa kamu dapat lebih bebas mengatur dan mengendalikan situasi dari waktu ke waktu. Namun, peluang dan bahaya bersifat eksternal, dan suka atau tidak suka, kedua aspek ini akan sulit dikelola karena fleksibel dan berubah dari waktu ke waktu.

Variabel internal dalam analisis SWOT terutama berkaitan dengan sumber daya fisik (fasilitas, lokasi, dan peralatan), sumber daya manusia, dan sumber daya keuangan (pembiayaan, investasi, sumber pendapatan).

Sementara itu, demografi, tren ekonomi (lokal, nasional, internasional), tren pasar (produk baru, teknologi baru, perubahan kebutuhan konsumen), akses dan hubungan dengan distributor atau pemasok, peraturan politik, lingkungan, ekonomi, dan sebagainya. dapat diidentifikasi sebagai faktor eksternal.

Tujuan dan Manfaat Analisis SWOT

Analisis ini dilakukan secara mendalam dengan tujuan untuk menentukan kelangsungan hidup atau keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

Secara sederhana, analisis ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang masalah yang dihadapi atau yang mungkin dihadapi perusahaan.

Analisis SWOT memiliki keuntungan menawarkan saran untuk meningkatkan kekuatan, memperkuat kelemahan, melestarikan peluang, dan mencegah kemungkinan bahaya. Analisis ini juga dapat digunakan untuk menentukan prioritas perusahaan.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada, kemungkinan dan kepentingan pasar yang dapat diwujudkan, dan daya saing pasar yang kuat dengan para pesaing.

Faktor yang Mempengaruhi

Pengaruh internal dan eksternal sama-sama memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi keempat aspek yang menjadi pertimbangan dalam analisis ini.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Kekuatan dan kelemahan merupakan dua komponen yang membentuk variabel internal perusahaan. Pengaruh positif akan dimiliki oleh perusahaan jika temuan analisis menunjukkan bahwa ia memiliki lebih banyak kekuatan daripada kerugian.

Elemen internal ini termasuk kekuatan dan keterbatasan, uang dan sumber daya yang tersedia untuk perusahaan, dll. Sedangkan variabel eksternal adalah unsur-unsur yang berasal dari luar perusahaan, yang terdiri dari dua komponen yaitu peluang dan bahaya.

Hal-hal di luar operasi perusahaan disebut sebagai “pengaruh eksternal”. Pengaruh eksternal meliputi budaya, lingkungan, sosial politik, sumber uang, ekonomi, ideologi, pembatasan pemerintah, tren, kemajuan teknis, dan peristiwa yang terjadi.

FAQ

Dibawah ini kami juga sudah menyediakan pertanyaan beserta jawabannya yang masih berkaitan dengan komponen analisis SWOT.

Bagaimana Aplikasinya Analisis SWOT?

Pendekatan komponen analisis SWOT adalah instrumen yang ideal untuk mendeteksi masalah dari empat sudut yang berbeda, dimana penerapannya adalah: Bagaimana kekuatan dapat memanfaatkan peluang yang ada. Bagaimana mengatasi keterbatasan (kelemahan) yang menghambat profitabilitas.

Apa Bedanya Weakness dan Threat?

Kekurangan adalah kelemahan intrinsik dalam bisnis kamu. Sementara bahaya adalah ancaman eksternal yang dapat mempengaruhi perusahaan kamu,

Bagaimana Peranan Analisis SWOT dalam Penyusunan Strategi Perusahaan?

Salah satu cara untuk mengembangkan strategi organisasi adalah melalui penggunaan analisis SWOT. Analisis ini didasarkan pada penalaran yang dapat memaksimalkan kekuatan dan kemungkinan sekaligus mengurangi kelemahan dan bahaya.

Kesimpulan

Melakukan analisis SWOT adalah teknik yang sangat baik untuk menganalisis perusahaan atau proyek kamu. komponen analisis SWOT berupa potensi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman organisasi dianalisis dan dinilai menggunakan akronim perencanaan strategis SWOT.

Dengan menggunakan analisis ini, manajer dapat merancang rencana perusahaan jangka pendek dan jangka panjang. Kekuatan menggambarkan keterampilan dan manfaat perusahaan. Nah itulah informasi yang telah kami bahas mengenai komponen analisis SWOT secara lengkap hingga faktor nya.

Back to top button