Advertisement

Apa Itu Analisis Lingkungan Bisnis?

Rancakmedia.com – Apa si sebenarnya analisis lingkungan bisnis itu? untuk kamu yang ingin tahu lebih jauh sebaiknya simak artikel yang telah kami sediakan dibawah ini agar mendapatkan informasinya.

Bisnis harus mempertahankan kewaspadaan yang konstan dalam menghadapi lingkungan yang begitu luas, tidak bersahabat, dan tidak terduga. Tidak ada yang bisa meramalkan apakah segala sesuatunya akan berakhir dengan baik atau buruk.

Oleh karena itu, analisis lingkungan bisnis sangat penting untuk memetakan posisi bisnis yang dijalankan. Lingkungan bisnis dapat dianggap sebagai segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Faktor-faktor tersebut dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu faktor dari dalam perusahaan (internal) dan faktor dari luar perusahaan (eksternal).

Pengertian Lingkungan Bisnis

Lingkungan bisnis adalah keadaan yang terjadi di sekitar bisnis atau perusahaan yang dapat mempengaruhi kecepatan bisnis. Jika hal ini terus berlanjut, maka akan berdampak pada keberhasilan perusahaan secara keseluruhan.

Sulit bagi perusahaan untuk sepenuhnya mengendalikan faktor eksternal yang membentuk lingkungan bisnisnya, namun perusahaan harus bergantung pada faktor-faktor ini sampai batas tertentu untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Memahami sifat lingkungan bisnis dan perubahannya adalah bagian dari memahami lingkungan bisnis dan membangun strategi bersaing. Hal ini untuk menjamin perusahaan memiliki rencana sukses yang benar, tidak hanya di masa sekarang tetapi juga di masa depan.

Analisis lingkungan bisnis dapat mempertimbangkan saingan, pemasok, media, kelompok pelanggan, pelanggan, pemerintah, keadaan pasar, kondisi ekonomi, teknologi, investor, tren, dan banyak pihak lain dari luar perusahaan.

Pengertian Lingkungan Bisnis

Misalnya, kebijakan menaikkan nilai Pajak Pertambahan Nilai atau PPN yang dikenakan oleh pemerintah memiliki kemampuan untuk membuat konsumen membeli barang dalam jumlah yang lebih kecil daripada yang mereka jual. Dalam hal ini, bisnis perlu mengatur ulang harga jualnya untuk keluar dari kesulitan.

Tidak peduli seberapa jauh dari lingkaran perusahaan, masih diperlukan untuk melakukan penilaian menyeluruh terhadap lingkungan bisnis agar tetap bertahan dan menangkap setiap peluang baru yang muncul dengan sendirinya.

Pengertian Analisis Lingkungan Bisnis

Analisis lingkungan bisnis adalah proses pemetaan dan pemantauan lingkungan bisnis di suatu perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang dan bahaya yang dihadapinya.

Analisis lingkungan bisnis adalah lingkungan yang digunakan perusahaan untuk meramalkan atau memprediksi bagaimana perubahan dalam lingkungan bisnis akan mempengaruhi pertumbuhan masa depan perusahaan mereka. Situasi bisnis yang ada harus dipetakan dengan menggunakan analisis lingkungan bisnis.

Tujuan dari analisis lingkungan bisnis adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan serta peluang dan bahaya yang dihadapinya.

Teknik Analisis Lingkungan Bisnis

Ada berbagai metodologi analisis lingkungan bisnis yang efektif yang membantu para pemimpin bisnis memahami lingkungan eksternal bisnis. Berikut cara kerjanya:

Analisis PESTLE (PESTLE ANALYSIS)

Analisis PESTLE adalah salah satu metodologi manajemen risiko yang digunakan untuk mengevaluasi lingkungan bisnis eksternal. Analisis ini dilakukan dengan memecah peluang dan bahaya menjadi faktor-faktor berikut:

Politik Factor (Faktor Politik)

Dengan cara apa kebijakan pemerintah dapat mengevaluasi bisnis dan merek? Analisis kebijakan politik, stabilitas, perdagangan, fiskal, dan pajak semuanya disertakan.

Economic Factor (Faktor Ekonomi)

Mengevaluasi pengaruh jangka panjang langsung atau tidak langsung dari item seperti pertumbuhan ekonomi, nilai tukar mata uang, tingkat inflasi, suku bunga, pendapatan konsumen, dan tingkat pengangguran pada merek.

Teknik Analisis Lingkungan Bisnis

karena daya beli pelanggan akan dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut.

Social Factor (Faktor Sosial)

Mengevaluasi aspek masyarakat seperti demografi, standar hidup (seperti kesehatan), kelas sosial, dan hambatan budaya dan ras lainnya, serta dimensi sosial lainnya.

Technological Factor (Faktor Teknologi)

Oleh karena itu perlu untuk menentukan apakah perkembangan baru dalam teknologi akan memiliki efek positif atau negatif pada bisnis dan pasar.

Legal Factor (Faktor Hukum)

Masalah hukum seperti kesehatan dan keselamatan kerja dan kompensasi pekerja hanyalah beberapa dari sekian banyak yang harus dievaluasi.

Environmental Factor (Faktor Lingkungan)

Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan lingkungan, termasuk faktor lingkungan, meteorologi, dan perubahan iklim yang memiliki dampak terbesar pada bisnis.

Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder Analysis)

Pemangku kepentingan perusahaan dapat diidentifikasi secara individu atau kelompok melalui analisis pemangku kepentingan. Untuk mengambil tindakan pencegahan, semua pihak yang terlibat dalam situasi tersebut akan dipertimbangkan selama proses identifikasi, yang akan memberikan penilaian.

Dalam merumuskan atau menjalankan strategi, perlu dilakukan analisis pemangku kepentingan untuk menentukan kepentingan pihak mana yang harus diperhitungkan. Pemangku kepentingan dan peran mereka dalam perusahaan harus dikumpulkan dan dianalisis dengan cermat oleh pemilik bisnis.

Analisis ini bertujuan untuk kerjasama antara pemangku kepentingan dan tim pelaksana untuk menjamin keberhasilan proyek saat ini.

Contoh Analisis Lingkungan Bisnis

Contoh analisis lingkungan bisnis berdasarkan faktor internal dan eksternal adalah sebagai berikut:

Contoh Analisis Lingkungan Bisnis Internal

Dibawah ini adalah contoh analisis lingkungan bisnis internal, yaitu:

Contoh Analisis Lingkungan Bisnis

Resource

Sebuah perusahaan kerajinan kayu kelapa menggunakan bahan baku yang bersumber dari Desa Maju Makmur.

Capability

Perusahaan mampu mempekerjakan lima orang, terdiri dari 1 desainer, 2 pengrajin, dan 2 pemasar produk.

Core of Competence

Perusahaan mampu mengembangkan kekhasan yang tidak dipikirkan pasar sehingga menjadi nilai tambah.

Contoh Analisis Lingkungan Bisnis Eksternal

Dibawah ini adalah contoh analisis lingkungan bisnis eksternal yaitu:

Threat of New Entries

Pendatang baru akan selalu ada. Untuk menghindari persaingan, perusahaan berusaha membuat bisnisnya tidak biasa dan “menonjol” dari calon pesaing lainnya.

Threat of Subtitle Products

Sebagai bentuk dukungan terhadap barang-barang ramah lingkungan, perusahaan membuat piring dari kayu kelapa.

Bargaining Power of Customers

Inovasi yang diciptakan oleh perusahaan harus didukung dengan harga jual yang sesuai. Namun, harga yang terlalu tinggi akan mendorong munculnya saingan, sedangkan harga yang terlalu rendah akan membuat tidak mungkin menghasilkan keuntungan.

Bargaining Power of Supplier

Pohon kelapa membutuhkan waktu lama untuk berkembang, sehingga pasokan bahan baku harus dipantau agar tidak melakukan illegal logging.

Perusahaan juga harus mampu menangani kelebihan limbah kayu untuk menjamin kelangsungan hidup jangka panjang dari lingkungan sekitar.

Faktor yang Memengaruhi Lingkungan Bisnis

Faktor internal meliputi struktur organisasi, budaya perusahaan, dan sumber daya perusahaan, citra perusahaan, sistem kepegawaian yang digunakan, kemitraan usaha dan hubungan antar pekerja, strategi pemasaran, dan kualitas serta tujuan bisnis yang dijalankan. Rotasi bisnis cukup dipengaruhi oleh cara kerja internal lingkungan bisnis.

Faktor yang Memengaruhi

Sedangkan faktor eksternal meliputi seluruh tingkatan perusahaan. Misalnya, pelanggan atau konsumen, hubungan dengan relasi yang didorong untuk bekerja, media yang digunakan untuk pemasaran bisnis dan saingan atau pesaing bisnis.

Dari buku Thomas L. Wheelen “Strategic Management and Business Policy”, hierarki lingkungan eksternal dipisahkan menjadi tiga tingkatan, antara lain:

Lingkungan Fisik Alami (Natural Physical Environment)

Sumber daya fisik, cuaca, dan hewan membentuk lingkungan fisik. Mereka adalah lingkungan eksternal dan berdampak pada dua lingkungan lainnya, yaitu lingkungan sosial dan lingkungan tugas.

Lingkungan Sosial (Societal Environment)

Politik, faktor, budaya, dan teknologi semuanya memiliki peran dalam membentuk lingkungan sosial kita. Namun, sementara perubahan lingkungan alam mungkin memiliki pengaruh terhadap perubahan kebijakan politik dan ekonomi, pola sosial budaya, dan teknologi, tidak sebaliknya.

Misalnya, cara pemerintah menerapkan kebijakan ekonomi akan terpengaruh dengan terjadinya pemanasan global. Pemerintah pasti akan berusaha untuk bereaksi terhadap perkembangan ini.

Pemerintah dan masyarakat, bagaimanapun, memiliki sedikit dampak pada suhu global. Kita hanya dapat menyesuaikan dengan mengurangi dampak kita pada peningkatan suhu global melalui kegiatan yang bertanggung jawab secara ekologis.

Lingkungan Tugas (Task Environment)

Lingkungan tugas melibatkan interaksi antara perusahaan dan pemangku kepentingannya, seperti pemerintah, konsumen, saingan, kelompok perdagangan, serikat pekerja, kreditur, dan masyarakat.

Dari bentuk-bentuk lingkungan bisnis tersebut, dapat dinyatakan bahwa perusahaan atau pemilik bisnis memiliki kendali atas lingkungan internal tetapi tidak atas lingkungan eksternal. Perusahaan hanya menanggapi perubahan lingkungan eksternal melalui inovasi dan adaptasi.

Dalam hal ini, ketidakpastian dan tingkat pengaruh harus dipertimbangkan oleh pemilik bisnis. Semakin besar tingkat ketidakpastian dan dampak yang dihasilkan terhadap perusahaan, semakin besar pula isu strategisnya.

Perusahaan akan dipaksa untuk bereaksi dengan cepat dan benar terhadap perubahan lingkungan eksternal. Untuk bertindak dan membuat penilaian, persiapan skenario, intuisi, dan teknik pembelajaran sangat penting. Dibutuhkan struktur yang fleksibel sehingga pilihan dapat dibuat dengan cepat.

Manfaat Memahami Lingkungan Bisnis

Pengusaha pemula harus meluangkan waktu untuk belajar tentang lingkungan bisnis sebelum meluncurkan bisnis mereka. keselarasan antara bisnis dan lingkungan adalah tujuan akhir.

Lingkungan bisnis yang baik akan membantu berfungsinya bisnis. Lingkungan yang baik mungkin juga memiliki pengaruh yang menguntungkan pada semua tingkat bisnis dan masyarakat.

Lingkungan bisnis yang dianalisis juga dapat menjadi acuan gaya hidup atau tren terbaru yang diminati masyarakat. Ini dapat digunakan sebagai bahan untuk menentukan pasar sasaran dan menyusun rencana pemasaran.

Manfaat Memahami Lingkungan

Akibatnya, lingkungan bisnis memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan masa depan dan operasi kemungkinan bisnis. Dengan menganalisis dan memahami lingkungan bisnis, prospek bisnis dapat dibangun.

Selain itu, kinerja dan profitabilitas perusahaan dipengaruhi oleh lingkungan bisnis. Perubahan lingkungan bisnis tentunya akan mempengaruhi pilihan-pilihan strategis yang dibuat oleh perusahaan. Efek tidak langsung mungkin terjadi, tetapi efek langsung juga mungkin terjadi.

FAQ

Berikut ini adalah contoh tanya jawab mengenai analisis lingkungan bisnis

Bagaimana Cara Menganalisis Lingkungan Industri?

Ada beberapa cara untuk menganalisis lingkungan industri. Salah satunya adalah menggunaka Strategi yang tepat dan dapat dikembangkan untuk perusahaan menggunakan Porter’s Five Forces Model.
Tujuan menganalisis lingkungan bisnis internal adalah untuk  mengetahui ancaman dan kemungkinan di lingkungan eksternal dicari melalui analisis lingkungan. Untuk mencapai daya saing strategis, perusahaan harus menghadapi ancaman di lingkungan eksternal.

Apa saja Karakteristik Lingkungan Bisnis?

Lingkungan bisnis mencakup karakteristik yang dinamis dan rumit, berkaitan dengan kemajuan teknologi, sumber daya yang terbatas, ekonomi global, dan perubahan politik yang tidak dapat diprediksi (Eriksson, 2008:6).

Kesimpulan

Analisis lingkungan bisnis adalah lingkungan yang digunakan perusahaan untuk meramalkan atau memprediksi bagaimana perubahan dalam lingkungan bisnis akan mempengaruhi pertumbuhan masa depan perusahaan mereka.

Demikian informasi tentang analisis lingkungan bisnis yang dapat kami sampaikan pada artikel diatas, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Back to top button