Advertisement

Strategi Influencer Marketing 100% Berhasil

Rancakmedia.com – Kamu ingin mempromosikan produk kamu tapi masih ragu untuk melakukannya, tenang saja kami akan membahas strategi influencer marketing agar kamu tidak ragu mempromosikan produkmu lagi.

Mengundang influencer untuk terlibat dalam taktik pemasaran bukanlah hal yang aneh di dunia digital ini. Influencer marketing terbukti mampu meningkatkan penjualan bahkan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk yang dipasarkan di marketplace. Pemasaran influencer

Media sosial menjadi saluran utama untuk menjalankan strategi influencer marketing ini karena kecepatannya dalam menyebarkan informasi. Sebenarnya, seberapa banyak strategi ini? Bagaimana cara mengoperasikannya?

Apa Itu Strategi Influencer Marketing?

Sebagian besar, pemasaran influencer adalah iklan media sosial yang mengandalkan selebriti dan tokoh terkenal lainnya untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Influencer mungkin orang atau kelompok yang dianggap sesuai dengan fitur produk. Mungkin juga seorang ahli yang bisa mewakili barang yang akan diiklankan.

Apa Itu Strategi Influencer Marketing

Hingga saat ini, strategi influencer marketing digunakan karena dianggap efektif. Apa yang menyebabkan ini Karena kepercayaan yang diberikan pengikut mereka, influencer telah membangun merek pribadi mereka sendiri.

Jadi, ketika seorang influencer merekomendasikan suatu produk, banyak penggemar mereka yang lebih mungkin untuk membelinya, dan beberapa bahkan mungkin tahu mereknya.

Tipe-Tipe Strategi Influencer Marketing

Apakah strategi influencer marketing selalu menekankan sisi positif suatu produk? Tampaknya tidak demikian. Secara umum, merek menggunakan berbagai taktik, seperti berikut:

Kode diskon

Berapa kali kamu melihat postingan dari influencer media sosial yang menawarkan kode diskon eksklusif untuk produk yang ingin kamu beli? Ini adalah strategi pemasaran berbasis influencer.

Apa yang membuat kode khusus ini menonjol? Kode unik ini diyakini sebagai win-win-solution untuk mempromosikan penjualan dengan iming-iming diskon dari sisi pelanggan.

Merek dapat melihat sekilas seberapa besar dampak yang dimiliki setiap influencer terhadap promosi produk mereka.

Oleh karena itu, jika kamu perhatikan, kode yang diberikan ke masing-masing influencer tidak sama tetapi berbeda untuk mempermudah proses pemantauan. Dimungkinkan juga untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web merek dengan menggunakan kode ini.

Giveaway atau kompetisi

Teknik bekerja sama dengan influencer selanjutnya adalah dengan mengadakan giveaway atau kompetisi.

Keuntungan apa yang diperoleh merek dari kemitraan ini? Pertama, keterlibatan dan pengikut di media sosial merek akan tumbuh secara substansial.

Kedua, kemungkinan bahwa pelanggan akan menggunakan layanan atau membeli produk akan meningkat.

Secara umum, giveaway dan kontes yang melibatkan influencer memiliki beberapa bentuk. Umumnya, turnamen ini diselenggarakan dengan persyaratan ringan. Semakin sederhana kondisinya, semakin banyak pesaing yang akan mengikuti turnamen.

Biasanya, parameter yang ditawarkan antara lain: tag teman, tulis komentar, ikuti, sukai, dan bagikan postingan, serta buat konten unik.

Giveaway atau kompetisi

Langkah-Langkah Menjalankan Strategi Influencer Marketing

Ingin membuat kampanye dan melibatkan influencer dalam prosesnya? Influencer Marketing Hub merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk memulai:

Definisikan target audiens

Jika kamu tahu siapa yang ingin kamu beli produk atau menggunakan layanan kamu, akan lebih mudah untuk menemukan influencer yang cocok untuk grup tersebut.

Kamu dapat mengetahui siapa yang membeli barang kamu jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya.

Jika kamu ingin menawarkan suplemen anak, misalnya, kamu harus menargetkan wanita yang sudah memiliki anak sebagai basis pelanggan potensial. Karena orang tua, bukan anak-anak, adalah konsumen utama dari produk anak-anak, ini terjadi.

Atur target

Langkah pertama dalam menerapkan strategi pemasaran influencer adalah menentukan audiens yang kamu inginkan. Strategi pemasaran yang digunakan untuk mencapai setiap target spesifik akan unik.

Jangan biarkan tujuan yang kamu tetapkan tercapai karena pendekatan yang tidak tepat. Gunakan kode kupon yang hanya dapat ditukarkan di situs perusahaan sebagai contoh bagaimana influencer dapat membantu kamu meningkatkan penjualan dan lalu lintas ke situs web kamu.

Konsultasi dengan influencer secara langsung sebuah bisnis, tentu saja, dapat menghasilkan strategi pemasaran influencer dan memberikan penjelasan singkat yang terperinci kepada influencer.

Tetapi ada baiknya untuk berbicara dengan influencer yang ingin kamu ajak bekerja sama lagi tentang strategi yang dibuat oleh perusahaan. Mengapa? Influencer memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang audiens mereka, jenis materi yang bekerja dengan baik, dan metode terbaik untuk mempromosikan konten itu.

Dengan membicarakan hal ini, influencer pasti akan memberikan bantuan yang tepat untuk membuat kampanye yang sukses mencapai tujuan. Tidak hanya itu, perbincangan dengan para influencer ini juga akan memberikan informasi bagi para pemasar tentang bagaimana mereka terhubung dengan audiens target mereka di media sosial.

Pilih Influencer Secara Tepat

Hampir semua pengguna media sosial ingin menjadi influencer. Tujuan mereka bisa mendapatkan banyak pengikut, mendapatkan sponsor, dan membangun nama untuk diri mereka sendiri secara online.

Oleh karena itu, ada banyak akun yang ingin mendapatkan semua itu dengan cepat, terutama pengikut palsu, suka palsu, dan komentar palsu. Karena banyaknya akun palsu yang sudah beredar, menemukan influencer sosial yang memulai dari nol sangatlah sulit.

Memilih influencer yang tepat adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan hati-hati. Lihatlah jumlah orang yang mengikuti mereka, tingkat interaksi, dan bahkan jenis materi yang mereka posting. Jangan biarkan brand ditipu oleh individu yang bertingkah seperti influencer, tapi ternyata tidak berdampak sama sekali dan kampanye berakhir gagal.

Ukur Hasil Campaign

Bagaimana kamu bisa menentukan keberhasilan kampanye yang dilakukan dengan bekerja sama dengan influencer? Coba hitung kuantitas atau persentase, masukkan ke dalam laporan, dan bandingkan.

Apa penghitungannya? kamu dapat mulai dengan mendapatkan pengikut, meningkatkan tingkat lalu lintas di situs web, meningkatkan tingkat pembelian, dan keterlibatan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Ukur Hasil Campaign

Jika demikian, sertakan dalam laporan dan bandingkan dengan orang berpengaruh lainnya sebagai cara untuk belajar. Dengan melacak semua hasil, kamu mungkin menemukan influencer dari jenis yang sama atau bahkan meminta mereka untuk bekerja sama lagi.

Semakin detail catatan kamu, semakin mudah untuk menemukan orang-orang berpengaruh di masa depan. Jadi, apakah kamu siap untuk menjalani strategi pemasaran influencer? Karier di bidang pemasaran mungkin tepat untuk kamu.

Manfaat Strategi Influencer Marketing Untuk Promosi Bisnis

Meskipun media sosial saat ini menawarkan layanan iklan berbayar yang dapat menargetkan pelanggan yang tepat dengan jangkauan yang luas, masih banyak pemilik bisnis yang memilih untuk mengiklankan produknya melalui layanan influencer.

Hal ini dikarenakan strategi influencer marketing dapat menjangkau pelanggan yang mudah terbujuk dengan promosi dari influencer. Hal ini memudahkan untuk meningkatkan penjualan.

Manfaat Strategi Influencer Marketing Untuk Promosi Bisnis

Tidak hanya itu, perusahaan akan mendapatkan lebih banyak manfaat berikut jika mereka menggunakan pemasaran influencer sebagai gantinya.

Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Banyak orang sekarang memilih untuk memeriksa akun media sosial mereka daripada menonton iklan atau berita di televisi, berkat meluasnya penggunaan internet. Influencer dapat mengisi lubang iklan di internet dengan memberikan layanan promosi berupa endorsement atau promosi bersponsor, dan ini merupakan peluang yang dapat mereka manfaatkan.

Karena banyaknya waktu yang dihabiskan orang Indonesia di media sosial (rata-rata 3,5 jam per hari), pengguna internet terus-menerus dibombardir dengan iklan influencer marketing dari berbagai sumber. Selain itu, jika influencer yang dipilih memiliki strategi pemasaran influencer yang unik dan menarik, pengguna media sosial akan lebih cenderung melihat produk mereka.

Mengenalkan Produk Lebih Luas

Untuk menarik perhatian publik dan meluncurkan produk baru, perusahaan membutuhkan banyak iklan dan pemasaran. Selain memproduksi berbagai iklan promosi di televisi atau papan reklame, pemilik bisnis juga dapat menggunakan layanan influencer untuk mempublikasikan acara dan produk yang baru diluncurkan.

Karena seberapa cepat informasi menyebar di internet, pemasaran influencer adalah cara yang baik untuk mempengaruhi pembeli potensial dalam waktu yang lebih singkat daripada iklan tradisional.

Mengenalkan Produk Lebih Luas

Jika kamu menggunakan influencer yang ahli dalam industri yang didorong, pelanggan cenderung membeli produk kamu karena kepercayaan. Hal ini terutama berlaku untuk pembelanja wanita, yang lebih cenderung membeli sesuatu yang direkomendasikan oleh influencer media sosial favorit mereka daripada pria.

Plus, jika influencer memiliki hubungan dekat dengan berikut ini, pasti akan lebih mudah untuk mengevaluasi dan mempromosikan produk tertentu. Orang lebih cenderung mendengarkan influencer jika dia telah menggunakan produk untuk waktu yang lama dan memiliki masalah yang sama dengan banyak pengikutnya.

Mendekatkan Diri dengan Konsumen

Seorang influencer umumnya memiliki hubungan yang kuat dengan pengikutnya, terutama jika influencer sering berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya.

Meski begitu, eksekutif bisnis juga harus memilih influencer yang tepat dan menyelaraskan diri dengan target pasar yang dibidik. Salah satu tekniknya adalah menemukan influencer yang benar-benar menghargai pekerjaan kamu dan bahkan mendukung produk kamu tanpa diminta.

Ini tidak diragukan lagi dapat membangun kepercayaan pelanggan pada barang kamu lebih mudah tanpa perlu melakukan beberapa iklan. Selain itu, melihat influencer yang benar-benar menggunakan produk kamu umumnya akan menawarkan evaluasi yang lebih luas, dan tentu saja, pembeli akan menyaksikan peningkatan dan keunggulan produk asli.

Menaikkan Penjualan

Tujuan utama pemasaran influencer adalah untuk meningkatkan pelanggan kesadaran akan keberadaan merek. Maka lebih mudah untuk menjual produk ketika seorang influencer memiliki banyak pengikut.

Pengikut di Internet juga terkadang tertarik dengan produk yang digunakan oleh influencer ini dan yang berfungsi dengan baik saat digunakan. Ini menggelitik minat penggemarnya, mendorong mereka untuk menanyakan tentang produk yang dia gunakan, sehingga influencer mau tidak mau membocorkan informasi tentang produk yang dia gunakan.

Strategi ini memberi banyak eksekutif bisnis lebih percaya diri pada potensi pemasaran influencer untuk meyakinkan pengikut mereka untuk membeli barang. Untuk penjual, ini adalah situasi win-win karena influencer dapat memanfaatkan sejumlah kecil kekayaan untuk mencapai dampak sosial yang signifikan.

Semakin banyak influencer atau pengguna internet yang meng-endorse barang kamu, tentunya akan semakin membantu pertumbuhan penjualan dengan pesat.

Menaikkan Penjualan

Jenis-Jenis Stategi Influncer Marketing

Banyaknya pengguna aktif media sosial akhirnya melahirkan banyak artis yang memiliki jumlah pengikut yang bervariasi namun tetap dapat mempengaruhi pengikutnya melalui materi yang mereka buat.

Sebagai titik awal, pengguna media sosial dapat melihat materi yang mereka hasilkan, interaksi yang mereka miliki, dan cara konten disebarluaskan sesuai dengan preferensi mereka sebagai aspek pendukung dalam memilih influencer favorit mereka.

Influencer dengan puluhan ribu penggemar mungkin memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dengan materi yang mereka posting, baik dalam bentuk suka atau komentar.

Padahal media sosial sendiri memiliki sebaran macam-macam influencer tersendiri, terlihat dari jumlah followers yang dimiliki,

Nano Influencer

Nano Influencer adalah mereka yang memiliki kurang dari 10.000 pengikut, dan mereka adalah jenis influencer sosial yang umum.

Meski begitu, influencer semacam ini umumnya memiliki engagement yang baik karena mereka secara teratur terhubung dengan pengikut mereka dengan menjawab komentar.

Selain itu, para influencer ini sering menanggapi tantangan yang diajukan oleh penggemar mereka, membina hubungan yang lebih dekat antara mereka dan audiens influencer.

Mikro Influencer

Satu langkah di luar nano influencer, ada juga micro influencer yang memiliki jumlah pengikut melebihi 10.000 – 100.000.

Influencer mikro memiliki kekuatan untuk membuat orang membeli atau menggunakan produk yang mereka promosikan karena mereka dekat dengan orang-orang yang mengikuti mereka.

Satu survei menemukan bahwa 82% pengikut mikro-influencer akan membeli produk yang sama jika mikro-influencer itu sendiri yang merekomendasikannya.

Mikro Influencer

Akibatnya, jaringan ceruk mikro-influencer bermunculan di sekitar topik khusus. Oleh karena itu, dengan memahami tuntutan pengikut mereka, tentu akan mudah bagi mikro influencer untuk menghasilkan konten dan melakukan pemasaran influencer sesuai dengan keinginan pelanggan mereka.

Strategi Influencer Marketing Makro

Rata-rata 100.000 orang mengikuti profil media sosial selebriti dan influencer terkenal. Dengan jumlah pengikut yang sangat banyak, tentu saja lebih mudah bagi influencer untuk mendorong produk tertentu ke pengikut yang luas dan tidak bergantung pada satu kelompok atau masalah pada satu waktu.

Makro influencer dapat berkomunikasi dengan pengikut mereka dengan lebih mudah dan efektif karena banyaknya jumlah orang yang mereka miliki sebagai pengikut.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi siaran langsung di media sosial untuk menyambut pengikut dan mengadakan sesi diskusi dalam jangka waktu tertentu.
Macro influencer juga sering diminta untuk mengikuti acara-acara besar seperti talk show atau podcast agar bisa menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan perhatian lebih.

Mega Strategi Influencer Marketing

Lebih banyak orang akan mengikuti kamu jika influencer kamu terkenal. Mega influencer, tentu saja, tidak terkecuali.

Seorang mega influencer biasanya memiliki pengikut hingga satu juta orang, yang mencakup basis konsumen yang lebih besar dan lebih beragam.

Kenyataannya, seorang influencer besar tidak mungkin memiliki penggemar dari negara lain yang tertarik dengan konten yang mereka buat.

Mega Influencer

Meskipun influencer maga tidak menjual produk sebanyak influencer lain, mereka tetap memiliki dampak besar, yang dapat membantu menyebarkan berita tentang suatu merek dengan cepat.

Seorang mega influencer akan memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi karena banyaknya jumlah orang yang mengikuti mereka dan seberapa besar pengaruhnya.

Sebelum memutuskan berapa banyak uang yang akan dibelanjakan untuk pemasaran influencer, pemilik bisnis harus memikirkan apa yang akan mereka dapatkan sebagai imbalannya.

FAQ

Dibawah ini adalah contoh tanya jawab tentang strategi influencer marketing, sebagai berikut:

Mengapa Kita Harus Menggunakan Influencer?

Influencer tidak hanya meningkatkan kepercayaan pengikut mereka di perusahaan. Influencer juga memiliki dampak langsung pada followersnya. Akibatnya, produk atau layanan yang dianjurkan oleh seorang influencer akan dikenal dan diingat dengan baik oleh pengikut mereka.

Kesimpulan

Pemasaran influencer adalah iklan media sosial yang mengandalkan selebriti dan tokoh terkenal lainnya untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Influencer marketing terbukti mampu meningkatkan penjualan bahkan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk yang dipasarkan.

Berbagai jenis strategi pemasaran influencer bervariasi dari kode diskon hingga kontes dan hadiah. Secara umum, giveaway dan kontes yang melibatkan influencer memiliki beberapa bentuk. Semakin sederhana kondisinya, semakin banyak pesaing yang akan mengikuti turnamen.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas