Harga Beras Hitam Mahal di Demak

Beras hitam adalah jenis beras dari Oryza Sativa L, itu salah satu yang paling mahal saat dipasarkan sampai Rp 40.000 per kilogram. Beras hitam disebut beras terlarang di seluruh Kerajaan Tionghoa karena hanya dikonsumsi oleh orang-orang tertentu seperti kaisar.
Namun, orang biasa saat ini dapat menikmati nasi yang memiliki banyak manfaat.

Tak heran bila warga kota Mlatiharjo, Kawasan Gajah, Aturan Demak, Jawa Utama, pun melebarkan Beras Hitam ini, karena memiliki nilai jual tinggi, terdiri dari Herry Sugiartono.

Tono, Ketua Koperasi Serba Guna (KSU) Citra Kinaraya, mengatakan beras hitam termasuk salah satu komoditas pertanian yang paling menggiurkan dari segi finansial dan memiliki peluang untuk dikembangkan. Pasalnya, nasi hitam beragam dari nasi putih, merah, atau ketan yang dikonsumsi oleh masyarakat umum.

“Sebenarnya ada beberapa makanan di planet ini kan? Nasi hitam itu superfood, yaitu makanan yang mengandung bahan kesehatan. Sederhananya nasi hitam kita memang belum populer di masyarakat, tapi marketplace sudah mulai bermunculan. untuk itu, ”ujar Tono kepada detikcom sembari menjajaki UMKM beberapa lama.

🔥TRENDING:  Siemens Manufaktur Paling Besar di Asia

Setelah itu menurut dia, harga di pasaran juga cenderung lebih tinggi dibandingkan beras pada umumnya. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang lebih sedikit dibandingkan dengan beras lainnya, dan semakin lama waktu tanam juga berarti beras ini memiliki nilai jual yang tinggi.

“Beras hitam itu salah satu yang paling mahal (saat dipasarkan) sampai Rp 40.000 / kg. Kalau Rp 20.000 itu beras putih murni, harga beras merahnya beda antara 20, 22 dan 25 tergantung penjualnya,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, jika dibandingkan dengan beras putih dan beras merah, umur beras hitam cenderung lebih lama saat dipanen. Panen beras hitam membutuhkan waktu 120 hingga 140 hari. Saat ini nasi putih hanya bertahan 90 hari. Selain itu, butiran beras hitam jauh lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih.

“Jadi karena berada di negara yang lokasinya sama di antara hasil panen beras putih dan hitam, maka kuantitas yang dihasilkan cenderung beragam,” ujarnya.

🔥TRENDING:  Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Selama pandemi harga beras hitam mahal. Perkembangan penduduk UMKM Demak 13%. Beras hitam produksi Herry di KSU Citra Kinaraya ini dikenal beras semi organik karena masih menggunakan bahan pangan nabati saat ditanam. “Tapi kita potong porsinya dan coba terapi alam.

Kalau kita klaim alami harga beras hitam mahal itu juga tantangannya karena butuh akreditasi lahan meski tidak bisa,” tuturnya.

Sebagai informasi Perusahaan Petani Koperasi Serba Guna (KSU) Citra Kinaraya memiliki hingga 126 peserta di lokasi lahan pertanian seluas 280 hektar. Di atas lahan 1 hektar, petani bisa mengumpulkan 6-7 beban setiap 3 bulan.

Koperasi ini juga merupakan koperasi yang dibiayai oleh lembaga keuangan BRI. Dongeng beras hitam di koperasi ini termasuk dalam kumpulan dongeng sebagai komponen program ekspedisi UMKM multiwilayah di Indonesia.

Program ekspedisi UMKM membahas tentang berbagai aspek kehidupan masyarakat dan membaca potensi yang ada di daerah tersebut. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di detik.com/label/j Cruisumkmbri.

Back to top button