Advertisement

Telkom Bangun Data Center di Ibu Kota Negara Baru

Rancakmedia.com – Ibu kota negara baru akan menjadi rumah bagi data center Telkom. Di bidang bisnis, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau lebih dikenal dengan nama Telkom berniat memperluas operasi data centernya.

Ibukota negara republik terbaru di Nusantara, Kalimantan, adalah salah satu dari banyak lokasi di Indonesia yang diperuntukkan bagi pengembangan pusat data. Telkom memiliki data center di Cikarang, Jawa Barat, sebelum yang satu ini dibangun.

Hal itu disampaikan Presiden Direktur atau CEO Telkom Group, Ririek Adriansyah di Sleman, Yogyakarta saat FGD dengan media, Rabu (8/6/2022).

“Telkom mempertimbangkan bikin data center di Batam, IKN, juga Sulawesi kemudian di Manado,” Pembangunan data center di berbagai tempat merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan nilai tambah bagi nilai dan keuntungan perusahaan, yang menjadi tanggung jawab yang dipercayakan kepada Telkom.

Pusat data di Batam, IKN, atau Sulawesi merupakan salah satu kemungkinan yang sedang dijajaki Telkom, begitu pula fasilitas di Manado.

Namun, rencana pengembangan data center di IKN masih dalam tahap penyelidikan, termasuk nilai investasi dan kapasitas yang akan dikembangkan. Telkom terus bekerja sama secara aktif dengan Badan OJK dalam menyelesaikan strategi ini.

Ia menyimpulkan bahwa pembangunan pusat data akan bermanfaat bagi kelangsungan jangka panjang IKN dalam hal teknologi informasi. Dimana, IKN dirancang dengan ide smart city.

“Kalau berapanya (investasi dan kapasitas data center) kita belum sampai ke sana. Lokasinya juga belum tahu, tapi kita terus menjalin komunikasi dengan Badan Otoritas IKN,” lanjutnya dengan sambutannya.

Telkom Data Center Manado dan Batam

Selain IKN, dua lokasi lagi untuk pilihan pengembangan data center Telkom adalah Manado dan Batam. Pemilihan dua area tersebut mempertimbangkan banyak elemen. Batam diklaim dekat dengan negara tetangga Singapura, tujuan prospektif.

Telkom Data Center Manado dan Batam

Kemudian Manado, terhubung dengan lokasinya di wilayah paling utara Indonesia, yang mungkin menjadi pintu gerbang negara lain.

CEO NeutraDC Andrew Th. A.F pada kesempatan yang sama mencatat bahwa pembuatan data center di Batam tidak hanya untuk menjaring prospek bisnis di Batam, tetapi juga Singapura.

Singapura, Hong Kong, dan Jepang adalah satu-satunya tiga negara yang telah memantapkan diri sebagai pusat utama pengembangan pusat data. Karena gedung pusat data baru sekarang ditunda di Singapura, ada banyak bukaan.

Di sini, peluang Batam adalah membangun data center baru meskipun sebelumnya sudah ada perusahaan lain yang bergabung dengan segmen bisnis yang sama di Batam.

“Jadi di Batam itu satu untuk menangkap market. Kedua tadi kenapa Singapura itu juga jadi market karena ekonomi dan segala macamnya stabil ya,” ujarnya.

Meskipun kami tidak tahu di mana Otoritas IKN berada, kami tetap berhubungan dengan mereka. CEO NeutraDC Andrew Th. A.F mencatat, pembuatan data center di Batam bukan hanya untuk menjaring prospek bisnis dari Batam, tapi juga Singapura. Singapura, Hong Kong, dan Jepang adalah satu-satunya tiga negara yang telah memantapkan diri sebagai pusat utama pengembangan pusat data.

Kesimpulan

Telkom memiliki data center di Cikarang, Jawa Barat, sebelum yang satu ini dibangun. Ibukota negara baru Kalimantan adalah salah satu dari banyak lokasi di Indonesia yang diperuntukkan bagi pengembangan pusat data.

Telkom terus menjalin kerja sama aktif dengan Badan Otoritas Permodalan Nasional. CEO menyimpulkan bahwa membangun pusat data akan bermanfaat bagi kelangsungan jangka panjang IKN dalam hal teknologi informasi. CEO Telkom: Kami belum tahu berapa (investasi dan kapasitas data center) yang kami butuhkan.

Related Articles

Back to top button