Advertisement

3 Skill Pekerja yang Paling Diincar di Era Pandemi

Rancakmedia.com – Banyak karyawan yang terkena PHK selama pandemi, terdapat skill pekerja yang paling diincar di era pandemi dan yang paling di butuhkan oleh perusahaan. Sebagai hasil dari keahlian, kamu dapat menonjol di antara puluhan ribu kandidat pekerjaan lainnya.

Bagi yang saat ini sedang bekerja, kemampuan ini mungkin menjadi nilai tambahan yang bisa menjauhkan kamu dari PHK atau pemecatan. Menurut statistik terbaru, jumlah orang yang mencari pekerjaan naik 11% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu.

Ada kenaikan 50% dalam jumlah pelamar pekerjaan terbuka sejak pandemi Covid-19 dimulai. Rata-rata, satu posko yang kosong bisa mencapai 800 pelamar, dibandingkan sebelumnya hanya 400 pelamar.

Apa yang Dimaksud dengan Skill Pekerja Itu

Kemampuan adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinilai melalui tes kemampuan. Beberapa pekerjaan memerlukan keterampilan khusus yang dapat meningkatkan produktivitas dan hasil kerja atau tugas untuk pekerjaan tersebut.

Kamus Merriam Webster mendefinisikan keterampilan sebagai kemampuan untuk melakukan sesuatu yang dihasilkan dari pelatihan, pengalaman, dan latihan. Menurut Iverson (2001), keterampilan adalah sesuatu yang memerlukan latihan dasar dan keterampilan yang dimiliki setiap orang agar dapat menghasilkan sesuatu yang lebih berharga dengan lebih cepat.

Keterampilan adalah istilah yang mencakup pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas operasional. Keterampilan dapat dikembangkan melalui kehidupan dan pengalaman kerja atau dipelajari melalui pelatihan.

Ada berbagai jenis keterampilan yang dapat diakses setiap orang. Beberapa keterampilan mungkin lebih dapat diakses oleh sebagian orang daripada yang lain, misalnya berdasarkan ketangkasan, kemampuan fisik, dan kecerdasan.

Kemampuan adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinilai melalui tes kemampuan. Beberapa pekerjaan memerlukan keterampilan khusus yang dapat meningkatkan produktivitas dan hasil kerja atau tugas untuk pekerjaan tersebut.

Daftar Skill Pekerja yang Paling di Incar

Selama pandemi, kami dapat meningkatkan kemampuan kerja kami dengan mempelajari keterampilan yang dicari perusahaan. Berikut ini adalah keterampilan yang dibutuhkan sebagian besar perusahaan selama pandemi Covid-19, sebagai berikut:

skill pekerja yang paling diincar

1. Kemampuan Menggunakan Teknologi

Pencari kerja saat ini harus dapat menavigasi kemampuan dan internet. Di masa pandemi, beberapa perusahaan memberlakukan work from home atau work from home sehingga semua kontak dialihkan secara online. Pekerja harus dapat menggunakan komputer, serta perangkat lunak pertemuan online, antara lain.

2. Kemampuan Menggunakan Media Sosial

Karena perkembangan dunia digital yang begitu cepat, setiap karyawan harus bisa memanfaatkan media sosial. Media sosial sangat penting untuk mengiklankan barang dan mengembangkan citra serta berinteraksi dengan publik.

3. Kemampuan Berbahasa

Di era globalisasi, perusahaan pasti membutuhkan kemampuan bahasa asing. Bahasa asing yang kini banyak diminati antara lain bahasa Inggris, Prancis, Mandarin, dan Jepang.

Saat mengirimkan lamaran pekerjaan, pastikan untuk menunjukkan keterampilan ini dalam dokumentasi pendukung kamu, seperti resume (CV).

Daftar riwayat hidup berfungsi sebagai tolok ukur untuk mengevaluasi kandidat pekerjaan. Untuk dipertimbangkan untuk wawancara dan untuk mendapatkan pekerjaan, aset terbaik pelamar harus disorot dalam resume mereka.

Jadi, saat kamu sedang mencari pekerjaan, jangan lupa untuk menyertakan contoh keahlian kamu di resume kamu! Dalam memutuskan apakah akan mempekerjakan kandidat pekerjaan atau tidak, perusahaan akan melihat secara dekat keterampilan yang diterima dalam resume.

FAQ

Berikut ini sesi tanya jawab:

Apakah skill itu penting?

Selain nilai yang tinggi, suatu keahlian (skill) juga dapat mewakili suatu kelebihan yang melekat pada diri sendiri. Karena orang lain belum tentu memiliki kemampuan yang sama seperti kita sekarang. Dengan keterampilan tersebut, dapat dicapai suatu kinerja yang kita harapkan.

Skill Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja?

  1. Komunikasi
  2. Kerja sama
  3. Menyelesaikan masalah
  4. Pemimpin
  5. Berbicara di depan umum
  6. Manajemen waktu
  7. Analisis
  8. Berpikir kritis

Apa Itu Soft Skill Dalam Bekerja?

Soft skill adalah kombinasi dari berbagai keterampilan seperti keterampilan orang, keterampilan komunikasi dan etos kerja. Disebut “lunak” karena kemampuan ini sulit diukur dan tidak muncul secara langsung. Singkatnya, kamu membutuhkan soft skill untuk bekerja dengan baik.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi mengenai skill pekerja yang harus di miliki setiap karyawan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas