5 Bansos yang Cair di Bulan September Simak Selengkapnya

rancakmedia.com – Masuk bulan september berikut 5 bansos yang akan cair di bulan september mari kita kawal bersama sambut dengan gembira! karena berbagai bantuan pemerintah (bansos) telah disalurkan selama sebulan terakhir.

Bantuan sosial diperkenalkan untuk memastikan daya beli masyarakat sambil menyesuaikan diri dengan lingkungan ekonomi baru (PPKM). Anggaran pemerintah sendiri naik menjadi Rp 744,75 triliun, naik 7% dari Rp 699,43 triliun.

Bansos Yang Disalurkan Pada Bulan September Sebagai Berikut:

Bantuan sosial yang disalurkan pada bulan September adalah sebagai berikut_

1. Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU)

Pemerintah akan terus memberi pekerja tambahan satu juta rupiah (sekitar $70) dalam bentuk subsidi upah, bahkan jika mereka tidak diharapkan mencapai tujuan mereka untuk mendapatkan 8 juta orang dipekerjakan. Masyarakat yang berpenghasilan hingga 3,5 juta rupiah per bulan diberikan bantuan.

Pekerja harus menerima kriteria tertentu untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan Rp. Subsidi upah bulanan 1 juta (diputuskan oleh pemerintah). Menurut Permenaker 16 Tahun 2021, Menteri Tenaga Kerja, kriteria harus menjadi peserta aktif program jaminan sosial di BPJS Ketenagakerjaan.

2. Penurunan Harga Listrik

Alangkah baiknya jika konsumen bisa mendapatkan diskon listrik pada September 2021. Pelanggan yang memiliki listrik 450 volt diberikan diskon 50%, sedangkan yang memiliki 900 volt mendapatkan diskon 25%.

Tujuannya untuk menggairahkan konsumen senilai lebih dari 30 juta PLN. Selain itu, pemerintah menyiapkan anggaran tambahan sebesar Rp 1,91 triliun untuk mendanai bantuan energi.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada penduduk rentan dan miskin didasarkan pada indeks kebutuhan atau bantuan mereka. Keluarga berbeda dalam hal standar yang diberikan.

🔥TRENDING:  Berikut 7 Karyawan Ini yang Bisa Dapat BSU Kemnaker dan Cek Status di kemnaker.go.id

Uang sebesar Rp 3 juta (sekitar $ 278) diberikan setiap tahun kepada keluarga yang memenuhi syarat yang mencakup anak-anak dan wanita hamil. Selain itu, keluarga dengan siswa SD diberikan Rp 900.000 per tahun, keluarga dengan siswa SMP mendapat Rp 1,5 juta per tahun, dan keluarga dengan siswa SMA mendapat jatah Rp 2 juta per tahun.

Bagi keluarga yang memiliki anggota yang cacat atau sudah lanjut usia, pemerintah memberikan Rp. 2,4 juta dukungan. Untuk setiap anak sekolah dasar, jumlah bantuan yang diberikan berlipat ganda, karena jumlah tahunan meningkat menjadi Rp. 900.000 per anak.

4. Bantuan Akses Internet

Pada September 2021, bantuan kuota internet akan dicairkan kembali. Bantuan diberikan kepada mahasiswa (mahasiswa, pengajar, dan dosen) yang membutuhkan. Bantuan dicairkan setiap 11-15 dan akan diberikan hingga November 2021, menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Dalam jumpa pers virtual Rabu (4/8/2021), Nadiem mengumumkan bahwa “mahasiswa dan dosen akan menerima 15 GB per bulan” untuk institusi.

Kuota penggunaan internet berbeda-beda tergantung pendidikan masyarakat. Untuk kelas mulai dari 7 hingga 15 GB, setiap bulannya masing-masing memiliki siswa lebih banyak dari biasanya.

5. Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan jumlah maksimal Rp 2,4 juta per siswa dirilis pada bulan September. Pendampingan diberikan kepada mahasiswa aktif pada semester III, V, dan VII seperti tahun ganjil. Ada 310.508 siswa yang menerima bantuan dan anggaran keseluruhan sebesar Rp. 745 miliar.

Bantuan lainnya, seperti KIP Perkuliahan dan Bidikmisi, akan diberikan kepada mereka yang sangat membutuhkan, dan mahasiswa juga akan mendapatkan bantuan. Sesuai dengan kondisi mahasiswa, sebuah universitas akan memiliki kebijakan jika biaya kuliah lebih dari Rp. 2,4 juta, karena itulah selisih UKT dengan batas maksimal Rp. 2,4 juta.

🔥TRENDING:  Presiden Jokowi: Dongkrak Daya Beli Masyarakat, Salurkan Bansos Awal Januari 2021

Sebagian besar siswa yang belum mendapatkan bantuan membutuhkan bantuan dan terdiri dari 74% dari populasi siswa aktif.

Kesimpulan Bansos Bulan September:

Bantuan sosial diperkenalkan untuk memastikan daya beli masyarakat saat mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan ekonomi baru. Pemerintah akan terus memberi pekerja tambahan satu juta rupiah (sekitar $70) dalam subsidi upah, bahkan jika mereka tidak diharapkan untuk mencapai tujuan mereka untuk mendapatkan 8 juta orang dipekerjakan.

Pelanggan yang memiliki listrik 450 volt diberikan diskon 50%, sedangkan yang memiliki 900 volt mendapatkan diskon 25%. Ada 310.508 siswa yang menerima bantuan dan anggaran keseluruhan sebesar Rp. 745 miliar.

Untuk kelas mulai dari 7 hingga 15 GB, setiap bulannya masing-masing memiliki siswa lebih banyak dari biasanya. Pendampingan diberikan kepada mahasiswa aktif pada semester III, V, dan VII seperti tahun ganjil. Sesuai dengan kondisi mahasiswa, sebuah universitas akan memiliki kebijakan jika biaya kuliah lebih dari Rp 2,4 juta.

Demikian Penjelasan Mengenai Bansos yang Cair di Bulan September, Semoga Bermanfaat dan baca terus informasi yang ada disini.

Back to top button