Advertisement

Windows Perbarui Tampilan Menu “Klik Kanan” Setelah 20 Tahun

Rancakmedia.com – Windows Perbarui Tampilan Menu “Klik Kanan” dan Microsoft mulai membagikan sistem operasi Windows 11 yang diperbarui kepada pengguna dengan perangkat yang sesuai pada 5 Oktober. Perubahan yang dibawa oleh Windows 11 termasuk desain ulang lengkap antarmuka, atau antarmuka pengguna (UI).

Menu mulai dan bilah tugas, misalnya, telah dipindahkan ke tengah, mirip dengan antarmuka pada sistem operasi macOS Apple. Tidak hanya start menu dan taskbar yang didesain ulang, Microsoft juga mendesain ulang tampilan dan kapabilitas “klik kanan” atau menu konteks di Windows 11 setelah vakum selama dua dekade.

Istilah “klik kanan” mengacu pada proses membuka pintasan ke berbagai menu di dalam file atau folder. Untuk memulai, pilih opsi untuk membuka (membuka), menghapus (menghapus), mengedit, dan mencetak.

Keunggulan Tampilan Terbaru Menu”Klik Kanan” Pada Windows 11

Tampilan menu “klik kanan” di Windows 11 sekarang jauh lebih mendasar dan segar daripada di Windows versi sebelumnya, termasuk Windows 10. Ini karena banyak menu “klik kanan” telah disederhanakan dan diganti dengan ikon yang berguna, seperti untuk menyalin file atau direktori.

Baca Juga:  Hacker Russia Dicurigain Membobol Data Pelanggan Microsoft

Sebelumnya, misalnya, di Windows 10, klik kanan menampilkan semua opsi menu dalam satu jendela layar penuh. Untuk membuka properti, mulailah dengan opsi untuk membuka file (open), mengedit, mencetak, mengubah nama (rename), dan menyalin (copy).

Keunggulan Tampilan Menu_Klik Kanan_ Pada Windows 11

Opsi klik kanan versi lama lebih ringkas secara visual, karena menyajikan menu lengkap sekaligus.

Memang, sepertinya Microsoft ingin memberikan perubahan pada opsi klik kanan pada Windows 11. Salah satu caranya adalah dengan mengubah opsi yang sering digunakan seperti salin, potong, hapus, bagikan, dan ganti nama menjadi pengguna.

Ikon-ikon ini terletak di bagian atas jendela, yang membuatnya lebih mudah diakses. Bagi pengguna yang secara rutin menggunakan klik kanan untuk menyalin, memotong, menghapus, membagikan, dan mengganti nama, perubahan ini dapat dianggap sebagai peningkatan yang signifikan.

Karena mereka tidak perlu melalui banyak menu klik kanan untuk menyalin atau mengganti nama file/folder mereka.

Baca Juga:  Microsoft akhiri suport untuk browser non-Chromium Legacy Edge

Meski tampilannya disederhanakan dan lebih minimalis, pengguna tidak kehilangan akses ke opsi menu yang sebelumnya tersedia di menu “klik kanan” Windows 10, seperti yang dikumpulkan Rancakmedia dari TechRadar, Senin (22/11/2021).

Dengan mengklik tombol “Show more options”, pengguna dapat terus menampilkan seperti yang mereka lakukan di versi Windows 10. Ketika pengguna mengklik, pengguna disajikan dengan kotak opsi menu klik kanan yang sama seperti di Windows 10. Jika Anda sendirian, apakah Anda lebih suka tampilan klik kanan Windows 11 atau Windows 10?

Kesimpulan:

Windows perbarui tampilan menu dan Microsoft mulai membagikan sistem operasi Windows 11 yang diperbarui kepada pengguna pada 5 Oktober. Menu mulai dan bilah tugas telah dipindahkan ke tengah, mirip dengan MacOS Apple. Pengguna tidak kehilangan akses ke opsi menu klik kanan yang sebelumnya tersedia di Windows 10.

Back to top button