Simak Penjelasan Mengenai Kapan Hadirnya Internet 5G di Indonesia

Simak Penjelasan Mengenai Kapan Hadirnya Internet 5G di Indonesia – Penyiapan 5G oleh operator lagi dikerjakan, terhitung eksperimen jaringan beberapa lalu. Lantas kapan jaringan itu berada di Indonesia?

“Tahun 2021 belum. Spektrum untuk 5G menurut UU Cipta Kerja baru dilelang mulai 2022,” kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini dalam Selular Digital Telco Outlook, Selasa (15/12/2020).

Ia menjelaskan bila sekarang ini faksinya lakukan penyiapan untuk 5G. Misalkan mengadakan fiber jadi ketika mau buka jaringan baru kelak tidak tiba-tiba.

Dian mengatakan bila 5G dapat dikerjakan dalam beberapa usecase. Misalkan di negara maju yang telah menerapkan untuk searching yang bisa lebih cepat dan online gaming sebab membutuhkan latensi yang cepat.

🔥TRENDING:  Cara Mudah Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Tetapi dengan Covid-19 menempa dunia sejauh 2020 menambahkan usecase baru pemakaian 5G. Yaitu Virtual Reality dan Augmented Reality yang awalnya telah dipakai untuk pertunjukan.

Menurut dia ke-2 tehnologi itu saat ini telah pakai untuk implementasi yang lebih produktif, misalkan dalam bidang kesehatan untuk dignosa jarak jauh dan remote surgery.

Ini terang berlainan dengan sebelum wabah. Menurut dia dahulu usecase yang dipikir ialah berkaitan industri.

“Tetapi saat ini dengan perombakan behaviour orang dapat ke museum tiada ke situ dengan memakai AR. Dan menyaksikan suatu hal tiada menjaringninya memakai 5G. Ini memunculkan 5G yang terealisasi,” tutur Dian.

Hal yang juga sama berlangsung di XL. Dahulu sisi operasional harus ada orang yang standby memantau monitor.

🔥TRENDING:  Fitur pengenalan nada Grammarly tersedia di aplikasi papan ketik Android dan iOS

Sekarang ini sebab ada tuntutan operasionalisasi network tiada orang di tempat, jadi beberapa keperluan yang dikerjakan ke karyawan di dalam rumah semasing makin lebih gampang memakai 5G.

“Beberapa hal semacam itu lebih gampang dibawa melalui 5G sebab tehnologi secara bandwidth dan latency lebih oke,” papar Dian.

Sumber : cnbcindonesia.com

Back to top button