Advertisement

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui WhatsApp

Rancakmedia.com – Masyarakat kini dapat memverifikasi dan download sertifikat vaksin melalui whatsapp atau melalui aplikasi pedulilindungi. Pasalnya, Kemenkes telah memperkenalkan Chatbot PeduliLindungi di WhatsApp 0811 1050 0576.

Sertifikat untuk vaksin Covid-19 adalah salah satu kriteria utama untuk otorisasi perjalanan. Sertifikat ini memverifikasi bahwa Anda menerima suntikan vaksin Covid-19.

Menurut akun Instagram Kemenkominfo, Senin (15/11/2021), chatbot Whatsapp memiliki tiga fungsi. Untuk lebih spesifiknya, Anda dapat mengunduh sertifikat vaksinasi, memeriksa status vaksinasi Anda, dan memperbarui informasi pribadi Anda.

“Kini Kementerian Kesehatan RI memiliki Chatbot Whatsapp yang dapat diakses 24 jam sehari. Chatbot ini ditujukan untuk membantu koreksi dan update data terkait imunisasi COVID-19, seperti sertifikat dan status vaksinasi, serta informasi pribadi seperti nama dan nomor telepon,” tulis pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menurut Kominfo, meski menggunakan platform media sosial, pemerintah memastikan verifikasi semua data yang diterima dengan mewajibkan verifikasi menggunakan nomor OTP (one-time password) yang hanya diketahui oleh penerima chat.

“Platform baru ini dibuat untuk mengatasi kekhawatiran publik tentang kelayakan data vaksinasi COVID-19. Tentu, semua kemudahan ini dibuat dengan prosedur verifikasi dan tingkat keamanan yang dapat diterima untuk memastikan bahwa data dan privasi pengguna terlindungi secara memadai. “kata Kominfo.

“Diharapkan, pendekatan ini akan membantu masyarakat dalam mengelola sertifikat vaksin mereka secara lebih efektif, realistis, dan sederhana.”

Petunjuk Berikut Menjelaskan Cara Download Sertifikat Vaksin Melalui WhatsApp:

Petunjuk berikut menjelaskan cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan WhatsApp

  • Kirim pesan ke nomor WhatsApp 0811 1050 0567 dengan subjek ‘halo’.
  • Pilih opsi “sertifikat vaksin” dari menu.
  • Masukkan nomor smartphone terdaftar aplikasi PeduliLindung.
  • Masukkan verifikasi Anda dengan memasukkan kode OTP yang diberikan melalui SMS.
  • Kemudian Anda akan melihat tiga opsi: “Unduh Sertifikat”, “Status Vaksinasi”, dan “Ubah Informasi Pribadi”.
  • Pilih Unduh Sertifikat.
  • Anda selanjutnya akan diminta untuk memasukkan nama pendaftaran vaksinasi.
  • Masukkan angka penduduk negara (NIK)
  • Sertifikat untuk vaksin Covid-19 sekarang tersedia untuk diunduh.

Kesimpulan

Masyarakat kini dapat memverifikasi dan mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindung atau melalui WhatsApp. Sertifikat untuk vaksin Covid-19 adalah salah satu kriteria utama untuk otorisasi perjalanan. Chatbot ini ditujukan untuk membantu koreksi dan pembaruan data terkait imunisasi COVID-19, seperti sertifikat dan status vaksinasi, serta informasi pribadi.

Tombol kembali ke atas