Advertisement

Berikut 8 Cara Memperluas Jangkauan WiFi Indihome

Rancakmedia.com – Anda sudah menggunakan wifi? Namun sinyalnya masih tertinggal dan lemah selain itu jangkauannya terbatas, dan tidak menjangkau area tertentu meskipun jaraknya masih dekat. Di mana masalahnya? Bagaimana cara meningkatkan jangkauan WiFi IndiHome dari 100 meter menjadi 500 meter di masa mendatang dengan modem ZTE atau Huawei?

Artikel ini menjelaskan tidak hanya klien yang telah menginstal IndiHome tetapi juga MyRepublic, Biznet, First Media, MNC Play, CBN, GIG Indosat dan lain-lain.

Memang, jangkauan Indihome terbatas dan tidak terlalu jauh, terutama ketika ada hal-hal yang menghalangi router mencapai rumah Anda.

Di beberapa area yang tertutup oleh dinding dan kaca, sinyalnya akan lemah. Jadi, jika demikian, bagaimana Anda bisa memperpanjang jangkauan wifi Indihome di rumah?

Tidak perlu disangkal bahwa kecepatan internet Indihome memang cukup mumpuni, apalagi yang menggunakan koneksi di atas 10mbps perlu menjelajah dunia maya dengan sangat lancar.

Namun saat digunakan di luar rumah, sinyal langsung melemah dan instance lain seperti router Indihome di lantai satu kemudian akan menggunakan wifi Indihome di lantai dua, sehingga sinyal menjadi lemah dan tentu saja berdampak pada koneksi internet.

Masalahnya sekarang adalah bagaimana mengkonfigurasi jangkauan wifi untuk Indihome untuk menjangkau area tertentu. Berikut kami uraikan secara sederhana caranya:

  • Tingkatkan Kontrol Daya Wi-Fi di Router
  • Gunakan Router Wi-Fi 5 Ghz
  • Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal untuk
  • Mengubah Saluran Wi-Fi
  • Jauhi perangkat lain
  • Mulai ulang atau mulai ulang secara berkala

Itulah gambaran bagaimana jaringan Indihome dapat diperluas. Mari kita bahas satu per satu untuk informasi lebih lanjut di bawah ini:

8 Cara Untuk Memperluas Jangkauan WiFi Indihome

Untuk memperluas jaringan Wi-Fi, jangkauan sinyal atau jaringan Wi-Fi dapat disediakan bila diperlukan.

8 cara untuk memperluas jangkauan WiFi Indihome

1. Tingkatkan Power Control WiFi

Trik & Tips Tujuan pertama adalah mengatur kekuatan router atau modem untuk mengirimkan sinyal kabel dengan meningkatkan kontrol daya wifi Indihome di pengaturan admin (nirkabel).

Dengan IndiHome WiFi, beginilah cara perluasan jaringan WiFi Indihome dalam tahapan berikut dengan kontrol daya yang ditingkatkan:

Hubungkan PC atau laptop Anda ke Wifi Indihome
Kemudian buka browser 192.168.100.1 dan ketik.
Login ke halaman admin Indihome. Masukan username anda jika belum pernah login : Password admin : admin)
Kemudian pilih Pengaturan > WLAN > WLAN Lanjut
Kemudian pilih TX Power hingga 100 persen, kekuatan transmisi sinyal WiFi jauh lebih dari itu.

Jika tampilannya berbeda dengan admin, Anda hanya perlu menyesuaikan item yang paling penting Anda dapat masuk ke halaman pengaturan admin IndiHome Wifi.

2. Memperluas Jaringan Menggunakan WiFi Repeater/Extender

Sekarang jika Anda ingin meningkatkan jangkauan sinyal Indihome, Anda dapat menggunakan alat yang disebut repeater WiFi. Dengan alat ini, sinyal yang jauh dari dekat Anda dapat diperkuat. Bahkan bisa dimanfaatkan untuk Anda yang routernya menjangkau ruangan di tengah rumah atau bahkan di luar rumah.

Cara kerja WiFi Repeater ini adalah dengan mengambil sinyal router atau modem WiFi dan mengarahkan sinyal tersebut ke perangkat yang terhubung.

Alat ini dapat digunakan ketika sinyal WiFi, seperti rumah bertingkat dan jangkauan WiFi IndiHome, tidak dapat diakses.

Perangkat repeater dapat membuat sinyal lemah. Dalam penggunaannya, WiFi Repeater/Extender sebaiknya diletakkan di area yang tidak jauh dari sinyal WiFi.

Untuk repeater wifi, harganya berkisar antara 100.000 hingga 200.000, namun masuk akal untuk mahasiswa. Di sini bagi Anda yang ingin mengetahui penyebab lambatnya akses internet nirkabel.

3. Gunakan Frekuensi WiFi 5 Ghz

Selanjutnya adalah bagaimana jangkauan nirkabel Indihome Huawei hg8245h dapat diperpanjang dengan meningkatkan frekuensi wifi dari 2.4GHz menjadi 5GHz. Anda pasti sudah memiliki teknologi ini bagi anda yang memiliki smartphone Android atau iPhone terbaru.

Jika smartphone Anda sudah mendukung frekuensi 5 GHz, maka router modem indihome Anda juga menggunakan frekuensi 5 GHz. Router yang kami gunakan biasanya menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Frekuensi 2.4GHz tidak hanya dimanfaatkan oleh wifi nirkabel, tetapi perangkat lain seperti microwave, mainan RC, perlengkapan dan perangkat lainnya.

Dengan demikian, jaringan Wifi saluran frekuensi 2,4 GHz penuh dan mengganggu. Frekuensi 5 GHz tetap bersih dan aman untuk dioperasikan.

4. Menambah Jangkauan WiFi Lewat Posisi Router/Modem

Jangan meremehkan bagaimana jangkauan WiFi diperluas, kedengarannya tidak biasa, tentu saja. Bagaimana sinyal bisa berubah posisi?

Tahukah Anda bahwa dinding, kaca, dan lainnya dapat membatasi jangkauan WiFi Indihome? Tentu saja bisa.

Bagi Anda yang ragu untuk menempatkan router atau modem di ruang tengah, sebaiknya Anda menempatkan Anda yang ingin menjangkau seluruh wilayah. Nah, sesuaikan dengan selera Anda bagi Anda yang ingin memanfaatkan ruangan sendirian.

Dinding, kaca dan barang lainnya tidak boleh terhalang untuk memblokir sinyal WIFI, atau jika ingin sinyal kuat sebaiknya gunakan smartphone atau laptop di dekat router agar teknik ini berhasil.

5. Ganti Channel WiFi

Cara ganti WiFi selanjutnya adalah dengan mengganti saluran WiFi. Selalu dikaitkan dengan perubahan frekuensi dari 2,4 Ghz menjadi 5 Ghz yang terlalu sering digunakan oleh perangkat lain di saluran WiFi 2,4 Ghz. Nah, jawabannya harus berubah menjadi 5 Ghz.

Jika Anda tidak memiliki dukungan 5 Ghz untuk perangkat Anda, Anda harus menggunakan rentang WiFi Indihome berikut dengan mengubah saluran WiFi Anda.

Apakah yang Anda maksud: channel sebelumnya Channel Youtubenya apa? Saluran berarti saluran penyedia WiFi. Saluran ini berusaha untuk mengurangi gangguan antara satu jaringan nirkabel dan jaringan nirkabel lain untuk meningkatkan sinyal WiFi menggunakan saluran. Misalnya, jaringan telepon, microwave, mainan RC dan banyak lagi.

Setiap perangkat WiFi harus menggunakan saluran, seringkali menggunakan 14 saluran dengan frekuensi 2,4 Ghz.

Sekarang cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan saluran yang jarang digunakan perangkat lain. Bagaimana Anda akan mengubahnya? Langkah-langkahnya ada di sini:

  • Hubungkan komputer ke perangkat wifi
  • Buka browser dan Login halaman admin 192.168.100.1
  • Kemudian login dengan akun indihome kalian
  • Selanjutnya masuk kehalaman WLAN > WLAN Advanced
  • Kemudian pilih channel dan ubah menjadi automatical atau ubah manual dari channel 1-14

6. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Walaupun saya belum pernah mengujinya, mungkin Anda bisa memperpanjang jangkauan WiFi Indihome Anda menggunakan program penguat sinyal. Ini tentu saja akan menggunakan ruang di ponsel Android Anda. Ada banyak saran untuk aplikasi yang menggunakan penguat sinyal, antara lain:

  • Wifi Manager
  • Wifi Doctor
  • Wifi Master Pro
  • Wifi Signal Booster
  • Network Master

7. Jauhi dari Perangkat Eletronik Lain

Memang menarik untuk menempatkan router di tengah halaman dekat dengan perangkat listrik lain, seperti microwave dan router. Tahukah Anda bahwa hal itu dapat membatasi jangkauan WiFi IndiHome dan mungkin mengurangi jangkauan WiFi IndiHome.

Jadi bagaimana Anda bisa memindahkan router dari perangkat listrik lain di lingkungan yang aman dan tidak terhalang oleh kaca dan dinding?

8. Reboot atau Restart Secara Berkala

Tidak jauh berbeda dengan perangkat teknologi lainnya seperti ponsel dan laptop. Router juga sering mengalami kesulitan wifi nirkabel dan gangguan sinyal. Misalnya, penting untuk me-reboot atau me-restart modem IndiHome Anda sesekali.

Dengan ini anda tidak perlu khawatir jika sinyal wifi indihome berkurang dan internet lemot. Anda dapat memperbaiki masalah Anda dengan meningkatkan jangkauan WiFi Indihome.

Oh, jangan berharap lebih untuk Anda yang jangkauannya terlalu jauh. Karena jika terlalu jauh, belum tentu berhasil. Mimin menawarkan saran tambahan untuk membaca.

Kesimpulan Mengenai Cara Memperluas Jangkauan WiFi Indihome:

Kecepatan internet Indihome sebenarnya cukup mumpuni, terutama yang menggunakan koneksi di atas 10mbps. Namun saat digunakan di luar rumah, sinyal langsung melemah. Dengan IndiHome WiFi, ini adalah bagaimana jaringan dapat diperluas pada tahap berikutnya dengan kontrol daya yang ditingkatkan.

Jangkauan nirkabel Indihome Huawei hg8245h dapat diperluas dengan meningkatkan frekuensi wifi dari 2.4GHz menjadi 5GHz. Dengan alat ini, sinyal yang jauh dari dekat Anda dapat diperkuat. Bahkan bisa dimanfaatkan bagi Anda yang routernya menjangkau ruangan di tengah rumah. Dinding, kaca, dan barang-barang lainnya tidak boleh diblokir untuk memblokir sinyal WIFI.

Jika Anda tidak memiliki dukungan 5 Ghz untuk perangkat Anda, Anda harus menggunakan rentang WiFi Indihome berikut dengan mengubah saluran WiFi Anda. Saluran ini berusaha untuk mengurangi interferensi antara satu jaringan nirkabel dan jaringan nirkabel lainnya. Anda dapat memperluas jangkauan WiFi Indihome Anda menggunakan program penguat sinyal.

Tombol kembali ke atas