7 Cara Mudah Mengirim Barang Lewat JNE

rancakemedia.com – Barang sering dikirim setiap hari oleh banyak orang. Tentunya barang dapat sampai ke tangan pelanggan terutama bagi pedagang online dengan jasa ekspedisi. Fungsi jasa ekspedisi menjadi penting di tengah era internet karena semua situs e-commerce menggunakannya. JNE adalah salah satu ekspedisi pengiriman terbaik dengan pengalaman ke seluruh wilayah Indonesia.

Untuk pengiriman, ada lebih dari 1500 lokasi layanan penjemputan unik di seluruh Indonesia. Tentunya jika tidak ada layanan pengiriman paket maka proses pembelian secara online tidak akan berjalan dengan baik. JNE lebih mudah beradaptasi untuk orang yang tinggal jauh karena ada banyak jenis pilihan pengiriman termasuk JNE OKE, JNE YES dan JNE Reguler.

Barang dikirim melalui JNE lebih cepat dengan YA, karena paket dikirim dalam waktu 1 hari kerja. Pengiriman barang melalui JNE sangat mudah karena banyak agen dan kantor berada di sekitarnya.

Selain itu, mengirim barang lewat JNE dikenakan asuransi paket sehingga dikenakan biaya penggantian jika barang rusak di dalamnya. Tentu kita ingin barang dalam kondisi prima sampai di tujuan, tapi tidak ada yang tahu kesulitan di jalan.

Oleh karena itu, JNE menjamin keamanan sampai barang sampai tujuan. Mereka akan melakukan yang terbaik menggunakan kurir terampil sehingga barang dapat tiba dalam kondisi sangat baik. JNE juga menawarkan jasa pengemasan barang seperti hardwood packing, bubble wrap, kardus dan plastik. Namun bagi para pemula, jelas bingung saat pertama kali mengirim barang lewat JNE.

Cara Kirim Barang Via JNE

Sebenarnya pengiriman barang melalui JNE sangat mudah. Tapi usahakan pengiriman barang agar proses berjalan lancar. Juga jangan lupa untuk memberikan alamat yang benar untuk memungkinkan barang tiba.

Cara Kirim Barang Via JNE

1. Cek email JNE

Pertama kali Anda perlu memeriksa harga pengiriman JNE untuk mengetahui biaya pengiriman ke tujuan. Ongkos kirim JNE murah, semuanya bisa diverifikasi secara online di website resminya.

  • Masuk ke halaman www.jne.co.id/id/tracking/tariff
  • Lengkapi kolom asal dengan kota pengirim Kolom tujuan dengan kota tujuan
  • Ketik di kolom berat item
  • Klik tombol Periksa
  • Lengkapi chaptchanya
  • Klik tombol Periksa
  • Anda dapat memilih JNE OK, Reguler, YES atau layanan lainnya
  • Surat muncul
🔥TRENDING:  Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G Resmi Rilis di Indonesia, Berikut Ini Harga dan Spesifikasinya

2. Kemas Paket Dengan Baik

Selanjutnya, awalnya Anda harus mengemas barang melalui JNE. Pengemasan yang bagus dapat dilakukan dengan lapisan plastik pertama kemudian diikuti oleh koran dengan bungkus gelembung di luar. Anda dapat menggunakan jasa pengemasan JNE, tetapi jika Anda tidak ingin berurusan dengan pengemasan, Anda harus membayar biaya tambahan. Jika barang rentan pecah atau rusak, gunakan kemasan kayu JNE.

3. Tulis Alamat Pengirim & Penerima

Tulis alamat pengirim secara langsung dan kemudian penerima di bagian luar paket. Jika bungkusnya dari karton, tulisannya boleh diletakkan di atasnya, tapi kalau bungkusnya dilapisi plastik, pakailah kertas putih dan tambahkan. Hal-hal yang harus diperhatikan

  • Menulis itu jelas
  • Alamat pengirim dan penerima dicantumkan secara lengkap dan jelas
  • Nama dan nomor ponsel harus ditunjukkan
  • Pastikan masih dalam kondisi prima atau gunakan kertas baru saat menggunakan kertas.

4. Kunjungi Kantor JNE atau Agen Terdekat Anda

Silahkan datang dengan membawa barang dan ongkos kirim ke kantor JNE. Kantor JNE kini telah hadir di beberapa wilayah Indonesia untuk mempermudah pengiriman barang. Jika Anda masih bingung memahami alamatnya, harap perhatikan waktu Google.

5. Paket Proses Pengiriman & Pembayaran JNE

Pergi ke customer service dan minta barang dikirim. Barang Anda akan ditimbang untuk mengetahui tarifnya, selanjutnya Anda harus memilih jenis pengiriman yang akan digunakan, JNE YES, OKE, Regular atau lainnya. Jika barang Anda tidak dibungkus, layanan pelanggan akan memberi Anda sejumlah alternatif pengepakan.

Setelah semuanya selesai, Anda harus membayar jasa pengiriman. Ketika pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan nomor resi untuk pelacakan paket dan tidak membuangnya.

6. Lacak Paket JNE

Setelah barang dikirim lewat JNE tinggal tracking. Dari nomor resi pengiriman dapat dilacak di website resmi JNE untuk mengetahui status barang. Beberapa kondisi yang sering terjadi, seperti:

  • Pada proses: barang ditangani untuk pengiriman.
  • Gudang diterima: barang tiba dari kota tujuan di gudang JNE terdekat
  • Origin Gateway diterima : barang sampai ke gudang JNE dalam kota
  • Saat transit: di kota lain, barang sedang transit.
  • Diterima di tempat tujuan: barang sudah sampai di tujuan pengiriman tetapi tidak sampai ke alamatnya
  • Tinggal : barang sampai di alamat pengiriman
🔥TRENDING:  Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device Tanpa Koneksi Internet

7. Paket Sampai Tujuan

Barang dikirim oleh kurir dan kemudian diterima di alamat tujuan. Kemudian status cek resi akan diubah menjadi status Delivered. Memang pengiriman barang melalui JNE sangat mudah, namun usahakan memberikan alamat yang tepat.
Cara pengiriman barang melalui JNE di atas yang paling penting adalah teliti dengan teliti alamat pengirim dan penerima. Jika ternyata pengiriman barang melalui JNE sulit, bisa langsung menghubungi call center di (021) 2927 8888.

Kesimpulan

Peranan jasa ekspedisi menjadi penting karena semua situs e-commerce menggunakannya. Salah satu ekspedisi pengiriman terbaik adalah JNE yang telah berpengalaman menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman barang melalui JNE dilindungi oleh asuransi paket sehingga ada biaya ganti rugi jika barang di dalamnya rusak.

Saat mengirim barang lewat JNE, Anda harus mengemasnya terlebih dahulu. Pengemasan rapi bisa dengan plastik lapis pertama lalu disusul kertas koran lalu di luar dengan bubble wrap.

Jika tidak ingin repot packing bisa menggunakan jasa packaging JNE. Cara kirim barang via JNE cukup mudah dilakukan, namun usahakan berikan alamat yang jelas. Dari nomor resi, Anda bisa melacak kiriman melalui website resmi JNE. Beberapa status yang sering muncul seperti On Process : barang sedang diproses untuk pengiriman.

Back to top button