Advertisement

5 Hal Yang Perlu Dipahami Sebelum Berlangganan Youtube Premium

rancakmedia.com – Berbeda dengan Netflix, yang meminta pengguna untuk berlangganan untuk menonton konten mereka, Youtube menawarkan penggunanya untuk menonton konten mereka secara gratis. Namun, harga “gratis” yang diberikan memiliki kelemahan tertentu.

Untuk itu, YouTube menyediakan layanan berbasis langganan “YouTube Premium”, di mana pengguna dapat menggunakan layanan streaming pilihan mereka. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda berlangganan bagi mereka yang baru menggunakan YouTube Premium.

1. Harga Yang Dipatok

YouTube Premium atau YouTube Red sebelumnya membebankan harga keanggotaan sebesar RP59 ribu kepada pengguna setiap bulan setelah masa uji coba gratis selama satu bulan. Ada pilihan tambahan untuk keluarga dan siswa.

Biaya keluarga adalah Rp 89.000 per bulan dan memungkinkan pengguna untuk mengakses Youtube Premium di alamat yang sama dengan 5 anggota keluarga tambahan. Sedangkan untuk pilihan pelajar, jika pengguna bisa menunjukkan harga yang dipatok Rp 35 ribu per bulan dengan harga yang lebih murah.

2. Tidak Ada Iklan

Salah satu hal terburuk tentang YouTube saat ini adalah iklan dan YouTube Premium. Sebenarnya, ada berbagai metode untuk mencegah iklan YouTube, tetapi kebanyakan dari mereka tidak menjamin dan secara signifikan mengurangi pendapatan kreatif.

Metode yang melanggar hukum ini akhirnya membuat YouTube mengembangkan strategi bisnis dengan skema berlangganan pendapatan alternatif. YouTube mengklaim membagikan uang yang Anda hasilkan dari YouTube Premium dengan saluran yang ditonton pengguna.

Youtube Premium

3. Akses Penuh Ke YouTube Originals

Selain tidak adanya iklan, salah satu faktor penjualan utama YT Premium adalah akses lengkap ke YouTube Originals – koleksi program YouTube yang unik. YouTube sendiri memungkinkan pengguna gratis untuk menonton konten YouTube Originals tetapi dengan iklan dan hanya beberapa episode yang dapat dilihat.

YouTube Premium tidak hanya menghilangkan iklan di konten YouTube Originals, tetapi juga memberi pengguna akses langsung ke episode yang baru disiarkan dan konten tambahan seperti urutan yang dihapus dan potongan sutradara.

4. YouTube Music Premium Sudah Termasuk

YouTube Premium tidak hanya menyediakan akses premium ke konten video YouTube, tetapi juga menawarkan akses premium ke konten musik/lagu YouTube Music. YouTube Music adalah layanan streaming Google Sang yang menggantikan Google Play Music yang pensiun pada akhir tahun 2020 bagi mereka yang masih belum mengetahuinya.

Sebagai Spotify dan layanan streaming musik lainnya, YouTube Music menawarkan alternatif premium untuk bebas iklan, pemutaran lagu di latar belakang, dan dukungan Unduhan Offline secara gratis. YouTube Music dibanderol Rp 49 ribu per bulan jika Anda berlangganan satu per satu.

5. Dukungan Unduh Video Offline dan Putar di Latar Belakang

Keunggulan YouTube Premium dapat diperoleh dari perangkat apa pun, namun Anda hanya dapat menikmati hal-hal tertentu di platform seluler seperti Android dan iOS. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengunduh video internet.

Fitur ini ditawarkan sebagai solusi untuk orang dengan paket data terbatas saja. Selain itu, ada juga fitur di latar belakang untuk memutar musik. Jadi, meskipun pengguna logout dari YouTube untuk membuka WhatsApp atau aplikasi lain, video yang mereka tonton masih berjalan di jendela pop-up kecil.

YouTube Premium telah ada selama bertahun-tahun, tetapi pada dasarnya cara YouTube beroperasi tidak berubah. Bagi yang tidak berminat berlangganan, konten dari channel favoritnya masih bisa dinikmati seperti dulu.

Tentu saja, salah satu keunggulan YouTube Premium adalah tidak adanya iklan sehingga YouTube Premium baru dapat dianggap bermanfaat bagi orang yang sering menonton YouTube. Selain itu, berlangganan YT Premium juga merupakan pilihan ideal bagi pengguna yang rutin menggunakan YouTube Music, dengan mempertimbangkan skema berlangganan yang dijuluki ‘buy 1 get 1.’

Itulah ikhtisar singkat tentang semua yang perlu Anda ketahui sebelum mendaftar ke YT Premium. Ini adalah ide yang fantastis bagi Anda yang mungkin tertarik untuk menguji coba gratis selama 1 bulan pertama.

Kesimpulan

YouTube Premium adalah layanan berbasis langganan di mana pengguna bisa mendapatkan yang terbaik dari layanan streaming favorit mereka. Salah satu nilai jual utama YouTube Premium adalah akses penuh ke YouTube Originals – kumpulan acara eksklusif yang dibuat oleh YouTube.

Tidak hanya itu, YouTube Premium juga memberi pengguna akses instan ke episode yang baru saja ditayangkan dan konten bonus seperti adegan yang dihapus dan potongan sutradara. YouTube Music sama seperti Spotify dan sebagian besar platform streaming lagu, tetapi juga gratis untuk digunakan.

Jika berlangganan secara terpisah, YouTube Music dibanderol dengan harga Rp 49 ribu per bulan. Opsi berlangganan mencakup fitur bebas iklan, memutar lagu di latar belakang, dan dukungan unduhan video offline. Bagi yang tidak tertarik Berlangganan Youtube Premium, bisa menikmati konten dari channel favoritnya seperti biasa.

Related Articles

Back to top button