TEKNO

Stock Opname: Pengertian dan Tujuan

Rancakmedia.com – Stock opname ? Mengapa penting untuk memastikan bahwa inventaris dicatat dengan benar dan tepat, terutama untuk pengecer? Mengapa manajemen mengambil stok begitu penting? Sebenarnya, apa keuntungan dari pengaturan ini?

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama kita perlu memahami pentingnya inventaris.

Pemahaman Stock Opname

Penerimaan stok merupakan suatu rangkaian perhitungan stok produk yang masih ada di pasaran di gudang. Ini terdiri dari berbagai tindakan, mulai dari penghitungan jumlah produk, inspeksi langsung dan persiapan untuk membantu operasi bisnis ketika produk tertentu diperlukan.

Pelaku usaha dapat memastikan bahwa semua kegiatan usaha dapat berjalan dengan lancar, terutama yang berkaitan dengan pasokan produk.

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas dapat dijabarkan lebih lanjut untuk memastikan bahwa semua kelancaran dapat dijaga, misalnya dengan menentukan posisi produk di gudang, dengan mengevaluasi produk yang paling sering di dalam atau di luar, sehingga karyawan dapat melakukan ini lebih mudah ketika produk harus dikeluarkan dari gudang.

Trending:  Sistem Bisnis Dalam Sebuah Perusahaan

Tujuan Stock Opname dalam komunitas bisnis

Tujuan Stock Opname Dalam Komunitas Bisnis

Ada sejumlah alasan stock opname yang menjadikannya penting bagi para pelaku bisnis. Salah satunya adalah mengetahui konsistensi dengan keadaan sebenarnya antara jumlah yang tercatat dalam pengelolaan atau keuangan usaha. Untuk tujuan ini, sangat tidak biasa untuk melakukan operasi stock opname dua kali sehari, pada awal jam kerja dan bahkan pada akhir jam kerja.

Sehubungan dengan tujuan pengambilan stock opname ini, pelaku usaha harus memastikan bahwa apa yang dicatat dalam pembukuan sesuai dengan jumlah yang benar-benar tersedia di gudang. Jika jumlahnya tidak cukup, operasi bisnis dapat dicatat, misalnya, ketika karyawan harus mengeluarkan produk yang diminta oleh pelanggan, tetapi tidak dapat karena selama persediaan masih ada di pembukuan, ternyata tidak ada lagi. sebuah gudang tertinggal.

Dengan mengetahui jumlah sebenarnya dan dapat benar-benar berada di gudang, pelaku usaha juga dapat mengevaluasi waktu kapan stock opname suatu produk dapat diperbarui.

Misalnya, perhitungan stock opname yang baik membantu perusahaan untuk menentukan produk mana yang paling diinginkan pelanggan dan produk mana yang lebih murah bagi pelanggan. Pelaku usaha dapat mengevaluasi jika suatu produk harus re- stock opname dari sini.

Trending:  Balanced Scorecard? Berikut Pengertian dan Fungsi
1 2Next page
Back to top button