Pengertian Iklan, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Rancakmedia.com – Pengertian iklan bertujuan untuk mengajak pembaca agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Sebuah produk membutuhkan iklan untuk membantu promosi. Semakin gencar promosi, semakin cepat produk akan dikenali.

Berbagai jenis iklan dapat dengan mudah ditemukan. Mulai dari iklan di televisi, media sosial, hingga iklan yang terpampang di jalanan. Iklan berisi informasi yang dibuat semenarik mungkin, agar konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Pengertian Iklan

Pengertian iklan adalah informasi yang berisi pesan-pesan untuk membujuk orang lain agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan tidak hanya untuk urusan komersial. Tapi bisa juga berisi ajakan kepada pembacanya untuk berbuat kebaikan. Seperti, tidak menggunakan obat-obatan terlarang, menanam pohon, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Iklan biasanya dipromosikan melalui televisi, radio, media sosial, majalah, dan sering ditemukan di papan reklame di jalan.

Ciri-Ciri Iklan

Ada beberapa ciri-ciri iklan, antara lain:

  • Isi iklan disarankan singkat, jujur, menarik, objektif dan tidak menyinggung pihak manapun.
  • Informative, artinya memberikan informasi. Iklan harus menggambarkan produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Bahasa yang digunakan mudah dipahami. Iklan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan
  • dipahami karena periklanan itu sendiri bertujuan agar masyarakat mau dan mau mencoba dan menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.
  • Iklan dikemas untuk menarik perhatian dan minat pembaca. Jadi seseorang ingin mencoba apa yang ditawarkan dalam iklan.
  • Mengundang. Iklan yang harus memiliki sifat mengundang yang bertujuan untuk menarik simpati banyak orang untuk mencoba dan menggunakan apa yang diiklankan.

Tujuan Periklanan

  • Menginformasikan (memberi informasi)
  • Periklanan dapat memberi tahu pasar tentang produk baru dan perubahan harga, menindaklanjuti kegunaan
  • produk baru, menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.
  • Membujuk (membujuk)
  • Periklanan dapat membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen terhadap atribut
  • produk,membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan, dan membujuk konsumen untuk membelinya sekarang.
🔥TRENDING:  Tips Memulai Bisnis Diluar Negeri, Simak Infonya!

Tujuan Periklanan

Mengingatkan (mengingatkan)

Periklanan melindungi merek perusahaan agar tidak segar di benak konsumen dan meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.

Menambah Nilai

Periklanan memberikan nilai tambah berupa inovasi, peningkatan kualitas atau perubahan persepsi konsumen. Pengertian iklan yang efektif dapat mengubah persepsi konsumen.

Pendampingan (pendampingan)
Fungsi periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya lain perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sehingga perusahaan dapat lebih cepat mencapai target yang diinginkan.

Jenis Iklan

Iklan tawaran (Niaga)

Pengertian iklan yang sering kita jumpai adalah iklan penawaran atau iklan komersial. Iklan penawaran adalah jenis iklan yang berisi penawaran barang atau jasa kepada masyarakat luas. Misalnya: iklan makanan, minuman, pakaian, barang elektronik dan lain-lain.

Iklan layanan masyarakat

Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau lembaga. Berisi informasi tentang sosialisasi atau pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau topik tertentu. Misalnya: iklan pemilu, iklan hidup sehat, iklan KB, dan sebagainya.

Pengumuman atau pemberitahuan Pengertian iklan

Iklan ini bertujuan untuk menarik orang-orang tertentu. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu seperti acara, iklan berita sedih dan lain-lain.

Pengertian iklan Permintaan

Iklan permintaan sering dianggap sebagai iklan pekerjaan. Hal ini dikarenakan iklan ini berisi tentang pemasang iklan untuk menawarkan dan mengajak orang-orang yang ingin bekerja sama dengan pemasang iklan tersebut.

Pengertian iklan dan Keunikannya

Dalam periklanan, keunikan produk menjadi daya tarik tersendiri. Nama produk atau jasa menjadi identitas produk yang ditawarkan. Informasi nama produk harus ditonjolkan agar mudah dikenali oleh masyarakat. Sebelumnya tentukan target pembeli, agar muncul minat untuk membeli produk yang ditawarkan melalui iklan tersebut.

🔥TRENDING:  Bikin Geger, Mbah Mijan Bilang Nissa Sabyan Lagi Hamil Saat Ini, Benarkah?

Gambar Produk

Gambar juga perlu diperhatikan karena termasuk dalam unsur periklanan yang perlu diperhatikan. Gambar akan memberikan visualisasi suatu produk. Iklan yang hanya berisi elemen teks akan terasa membosankan. Penggunaan gambar dalam pembuatan iklan tentunya akan membuat iklan tersebut lebih menarik bagi orang yang melihatnya. Apalagi jika dipadukan dengan elemen teks, gambar, gambar bergerak, serta video, audio, dan musik untuk membuat iklan menjadi lebih indah.

Kalimat Description

Unsur periklanan selanjutnya adalah penggunaan kalimat deskriptif. Kalimat ini sangat penting untuk menjelaskan dan menggambarkan secara spesifik produk atau jasa yang diiklankan. Kalimat deskriptif yang digunakan juga tidak sembarangan, tetapi harus menarik dan dapat dipahami oleh masyarakat. Karena jika kalimatnya sulit dipahami, maka akan mengurangi tujuan dari iklan itu sendiri.

Gunakan Undangan

Fungsi kalimat persuasif atau kalimat ajakan adalah mengajak atau membujuk orang untuk menggunakan produk atau jasa yang sedang dipromosikan. Jadi kata-kata yang digunakan harus pendek, dan padat seperti slogan.

Kesimpulan :

Periklanan adalah metode yang digunakan untuk memperkenalkan kata tentang sebuah iklan atau layanan kepada masyarakat umum. Pemasaran adalah penggunaan konten yang membuat orang penasaran untuk mempromosikan produk dan jasa (barang atau jasa) Tujuan periklanan adalah untuk membujuk atau mempengaruhi audiens untuk membuat keputusan yang menguntungkan iklan.

Back to top button