Advertisement

6 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Tanpa Root

rancakmedia.com – Semua smartphone Samsung dilengkapi aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Namun kami memiliki cara khusus agar bisa menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root.

Caranya cukup mudah, tetapi jangan harap aplikasi benar-benar terhapus dari smartphone. Karena untuk menghapus aplikasi bawaan sampai akar-akarnya diperlukan akses root.

Kami tidak merekomendasikan untuk lakukan rooting. Karena root dapat menghapus garansi ponsel Samsung. Disamping itu, kekeliruan root dapat membuat handphone alami error dan bootlop. Ditambah tiap type ponsel Samsung mempunyai cara root yang berbeda hingga kami tidak merekomendasikan hal itu.

Lebih bagus menghapus aplikasi bawaan Samsung dengan cara menonaktifkan aplikasi. Cara ini semakin aman dan ditanggung 100 persen sukses.

Tetapi jika kalian nekat ingin menghapus aplikasi bawaan Samsung dengan root karena itu harus siap memikul semua risiko yang bakal ditemui. Kami cenderung pilih disable aplikasi bawaan dibandingkan menghapus aplikasi.

Karena Samsung telah mengamankan aplikasi bawaan supaya tidak dapat dihapus lewat cara manual. Sebetulnya semua merek handphone lakukan hal sama, khususnya untuk aplikasi bawaan dari Google yang rerata tidak dapat dihapus.

Aplikasi seperti Google Drive, Google Duet, Play Musik, dan lain-lain memanglah tidak dapat dihapus. Nah supaya aplikasi itu tak lagi ada di handphone karena itu triknya dengan disable atau menonaktifkan aplikasi itu.

Tutorial Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Tanpa Root

Cara Menonaktifkan Aplikasi Samsung Tanpa Root

Menonaktifkan aplikasi jadi salah satu cara untuk menghapus aplikasi Samsung tanpa root. Cara ini lebih efisien daripada wajib melakukan root yang notabennya benar-benar beresiko sebab bisa menyebabkan bootlop dan garansi handphone tidak berlaku.

Perlu kalian kenali, salah satunya persyaratan claim garansi ponsel Samsung ialah tidak ada modifikasi pada software. Itu maknanya handphone yang telah diroot tidak dapat claim garansi. Karena itu lebih bagus menonaktifkan aplikasi bawaan dibandingkan menghapusinya.

Sesudah aplikasi tidak diaktifkan karena itu aplikasi akan stop bekerja hingga tidak memperberat performa handphone. Disamping itu, aplikasi akan lenyap dari app drawer hingga sama juga dihapus dari handphone.

6 Cara Menghapus aplikasi bawaan samsung tanpa root

Kami percaya ada banyak pemakai ponsel Samsung yang belum ketahui cara menonaktifkan aplikasi bawaan. Karena itu kami akan memberinya tutorialnya berikut ini.

  1. Membuka menu Settings
  2. Selanjutnya pilih menu Aplikasi
  3. Seterusnya pilih salah satunya aplikasi yang bakal tidak diaktifkan
  4. Selanjutnya anda akan masuk pada menu Informasi Aplikasi. Nach di bagian bawah silakan klik Non-aktifkan
  5. Seterusnya akan ada peringatah bawaha menonaktifkan aplikasi akan mengakibatkan aplikasi lain stop berperan secara benar. Silakan klik Non-aktifkan Aplikasi
  6. Kemudian aplikasi akan tidak diaktifkan dan lenyap dari app drawer
  7. Aplikasi yang sukses tidak diaktifkan langsung akan terhapus di app drawer hingga kalian tidak bisa membuka.
  8. Cara menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root ini sebagai jalan keluar terbaik untuk menghapus aplikasi bawaan yang notabennya tidak dapat dihapus

Kalian dapat cobanya disemua type ponsel Samsung, seperti Galaxy A02, Galaxy A02s, Galaxy M02, Galaxy A51, Galaxy A01 dan bermacam type ponsel Samsung yang lain. Untuk beberapa type kemungkinan menunya berlainan, karena kami tutorial di atas memakai Samsung Galaxy Catatan 10+ dengan OneUI 3.0.

Pada dasarnya kalian perlu masuk pada menu aplikasi yang ada di bagian Settings atau Penataan Ponsel Samsung. Kemudian tinggal klik non-aktifkan supaya aplikasi terhapus dari app drawer.

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Dinonaktifkan

Tujuan untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung ialah supaya aplikasi bawaan tidak berjalan pada latar belakang hingga tidak memperberat performa handphone. Jika arah kalian hanya itu, karena itu lebih bagus mendisable aplikasi dibandingkan menghapusinya. Karena untuk menghapus aplikasi bawaan harus memakai sistem root.

Aplikasi yang telah tidak diaktifkan bisa juga diaktifkan kembali . Maka jika setiap saat memerlukan tinggal aktifkan kembali. Triknya benar-benar gampang dan hampir sama dengan cara menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root yang kami berikan di atas.

Adapun caranya silakan baca berikut ini.

  1. Membuka menu Penataan
  2. Selanjutnya menu Aplikasi
  3. Seterusnya pilih aplikasi yang awalnya tidak diaktifkan
  4. Selanjutnya klik tombol Aktifkan
  5. Kemudian aplikasi dapat kembali dipakai
  6. Selainnya cara di atas, kalian bisa juga kembalikan aplikasi yang tidak diaktifkan dengan cara faktory reset.
  7. Karena Faktory Reset akan kembalikan penataan handphone ke penataan pabrik, hingga aplikasi yang tidak diaktifkan akan kemblai seperti sebelumnya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Dengan Root

Untuk yang nekat ingin menghapus sampai akar-akarnya karena itu harus wajib melakukan root. Tiap type ponsel Samsung mempunyai cara root berbeda. Kalian dapat memerhatikan triknya pada situs resmi klik disini.

Sesudah handphone sukses diroot karena itu seterusnya kita dapat menghapus semua menggunakan nama Link2SD. Aplikasi itu dapat diunduh dengan gratis di Play store dan ada versus Plus jika ingin memperoleh fitur lebih komplet.

Dengan memakai Link2SD kita dapat menghapus semua aplikasi bawaan Samsung. Tetapi kalian harus memerhatikan aplikasi yang dihapus. Karena jika salah menghapus aplikasi bawaan karena itu dapat menghancurkan mekanisme dan membuat handphone error.

Kesimpulan

Sebagai alternative kalian dapat coba menonaktifkan aplikasi yang ingin dihapus supaya tidak berjalan pada latar belakang dan terhapus dari app drawer.

Tetapi jika ingin nekat salah satu cara dengan lakukan root, lalu pakai aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi yang diharapkan.

Nah demikian tutorial dari rancakmedia.com. Silakan kalian coba tutorial yang kami berikan di atas dan mudah-mudahan berguna untuk semua pemakai ponsel Samsung.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas