Advertisement

Pengertian dan Fungsi Adobe Audition

rancakmedia.com – Apakah Anda tahu pengertian dan fungsi adobe audition hebat yang ada di luar sana itu dapat menghasilkan instrumen atau suara yang bagus karena proses apa? Audio musik, video, film, instrumen, tentu saja melalui proses editing yang paling maksimal dan baik. Salah satunya memakai software penyunting audio sebagai pilihan para kreator konten audio atau produser musik dalam mengolah proyek audionya supaya terdengar spektakuler.

Awal mulanya perekaman suara atau kualitas audio yang dikerjakan dalam suatu proyek tidak terdengar rapi dan mulus. Tetapi dengan melalui proses editing, audio itu menjadi lembut dan enak didengarkan oleh telinga. Salah satunya yaitu Adobe Audition sebagai software komputer yang dikenal sebagai penyunting suara atau audio. Perangkat lunak ini mempunyai sejumlah fitur professional dalam melakukan editing mastering audio dan mixing.

Perangkat lunak professional ini menjadi pilihan utama bagi para pengguna untuk mengolah kualitas suara atau audio seperti perekaman, musik, instrument, radio, proyek lainnya dan podcast. Untuk mendalami pemahaman terkait perangkat lunak ini, silahkan baca pembahasan berikut agar mengetahui pengertian dan fungsi adobe audition, sistem kinerja, dan fitur khusus dari software Adobe Audition ini.

Apa Itu Adobe Audition?

Adobe Audition sebagai multitrack digital audio recording sebagai editor dan mixer dengan fasilitas pengolahan suara atau audio. Dengan aplikasi Adobe Audition, pemakai dapat melakukan perekaman suara, editing kualitas suara, menambahkan bermacam efek suara, menyatukan bermacam track suara menjadi satu track, sekaligus menyimpan proyek dengan berbagai format. Adobe Audition sering dipakai oleh beberapa pengguna salah satunya, musician recording, produser, stasiun radio, demo CD.

Sejarah Adobe Audition

Asal mula Adobe Audition didirikan di awal 1990-an oleh Robert Ellison dan David Johnston, yang disebut ke-2 mantan pegawai Microsoft. Pertama kalinya dikembangkan oleh Syntrilium dengan nama Cool Edit yang didistribusikan untuk komputer Windows. Pengembang dari Syntrilium selanjutnya melaunching Cool Edit Pro untuk menambahkan kemampuan kerja audio dari berbagai trek dan fitur lainnya.

Saat itu, pemrosesan audio kurang cukup kuat untuk kinerja prosesor komputer, pada akhirnya Cool Edit Pro v2 menambah dukungan untuk pemrosesan non-destruktif real-time dan versi v2.1 dipertambah mixer suara surround dan trek simultan secara unlimited. Cool Edit Pro memberikan tambahan plugin seperti pengurangan kebisingan dan penyamaan FFT.

Apa Itu Adobe Audition?

Cool Edit Pro 2000 dan Cool Edit Pro memberikan dukungan berbagai codec impor/ekspor untuk berbagai format file audio sejak versi awalnya. Cool Edit Pro melisensikan dan mengintegrasikan encoder Fraunhofer MP3 original semenjak format MP3 menjadi terkenal. Cool Edit Pro sebagai perangkat lunak yang mempunyai SDK dan plugin codec yang didukung oleh filter FLT, dan beberapa plugin dalam bentuk format impor/ekspor dari komunitas pengembang digunakan untuk membuka dan menyimpan dalam kumpulan format kompresi audio.

Beragam format audio dan kontainer yang didukung oleh Cool Edit Pro ialah Fraunhofer MP3, LAME MP3, Dolby AC3, DTS, ACM Waveform, PCM waveform, AIFF, AU, CDA, MPEG-1 Audio, MPEG-2 Audio, AAC, HE-AAC, Ogg Vorbis, FLAC, True Audio, WavPack, QuickTime MOV dan MP4 (hanya impor), ADPCM, RealMedia, Standar WMA, WMA Profesional, WMA Lossless dan WMA Multichannel.

Hingga kemudian pada Mei 2003, perusahaan Adobe System mengakuisisi dan membeli Cool Edit Pro dari Syntrilium Software dengan harga $16.5, dan perpustakaan loop besar yang namanya ‘Loopology’.Adobe mengganti nama software Cool Edit Pro menjadi ‘Adobe Audition’ sampai saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

Adobe Audition mempunyai fasilitas yang paling beragam untuk keperluan editing audio. Meskipun begitu seberapa-pun sempurna aplikasi tentu ada kekurangan dan kelebihan tersendiri untuk beberapa pengguna saat memakai software itu.

Kelebihan berikut yang menjadikan perangkat lunak pengolah audio ini lebih banyak dipakai banyak orang.

Dari semua kelebihan yang ada, Adobe Audition dirasakan mempunyai kekurangan yang tidak dapat dipungkiri, khususnya untuk pemakai pemula Adobe Audition.

Secara umum Adobe Audition mempunyai dua peranan editor audio yang dapat dikenal yaitu Waveform dan Multitrack Editor. Ke-2 nya mempunyai peran berbeda untuk keperluan penggunaan. Adapun perbedaan peran dari ke-2 nya yaitu:

Apapun perbedaan dari ke-2 editor audio pada Adobe Audition ini, pilihan dan jawabannya masih tetap tergantung kebutuhan pengguna dalam mengolah proyek audio.

Fungsi Editor Audio pada Adobe Audition

Adobe Audition menyediakan bermacam efek suara dengan gratis, Anda dapat membuat proyek dengan efek suara professional di sini. Dimulai dari video sampai podcasting, pilihlah ratusan efek dengan gratis untuk membuat suara baru, suasana hati, atau sentuhan komedi ke rekaman Anda.

Melalui rekaman audio dari workstation audio digital akan mempermudah Anda untuk mendapatkan suara berlapis. Dapatkanlah akses lebih dari 12 ribu efek suara gratis dari Adobe Audition dengan free sound effects dan telusuri perpustakaan fitur buat membantu peningkatan proyek audio Anda.

Efek-efek suara pada fitur ini yaitu Audio animasi dengan efek komik dan kartun, Channel arcade classics dengan efek suara beeps and boops, Access over 450 gun dan firearm sound effects untuk video games, podcast, dan yang lain, efek suara slapstick klasik seperti peluit, pop, dan klakson.

File efek yang tidak dikompresi akan memastikan suara renyah dan kelihatan sempurna untuk proses produksi video dan podcasting. Efek suara pada Adobe Audition sudah ditandai keseluruhan sehingga mudah sekali Anda temukan dengan cepat. Tidak hanya itu Anda bisa juga mengategorikan gaya efek yang sama dan mengunduhnya dari Adobe Audition.

Adobe Audition ialah perangkat lunak sempurna untuk editor mixing and mastering audio dalam proyek film, tv, musik, atau podcast. Membuat editing suara dengan fitur ini akan meningkatkan volume dan penguasaan suara jadi sempurna.

Fungsi Editor Audio pada Adobe Audition

Beberapa proyek penting yang dapat Anda poles dengan mixing software ini salah satunya video musik rock, dokumenter bermacam soundtrack, dan akademik. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk Mix dan Mastering audio yaitu menggunakan perangkat keras favorit atau plug-in apa pun. Adobe Audition akan bekerja sesuai dengan keperluan, sederhanakan pengeditan audio dengan fungsi remix, mengatur audio dan membuat layer komposisi dengan editor Multitrack atau menyesuaikan audio dengan editor Waveform.

Disamping itu Anda dapat menghilangkan kebisingan dengan menghapus bip, hisre, dan kebisingan latar belakang dari trek audio dengan tampilan Frekuensi Spektral, dan melakukan editing pada gelombang suara secara visual.

Anda dapat mempelajari bagaimana menambah dan memoles project audio supaya soundtrack terlihat sempurna. Pertama Anda dapat menambah efek audio dengan menambah efek custom ke soundtrack. Ke-2 Anda dapat membuat soundtrack dengan maksimal di Adobe Premiere Pro dengan panel Essential Sound seterusnya membawa ke Adobe Audition untuk tambahan finessing tanpa mengganti parameter audio asli.

Fitur Adobe Audition memberikan fasilitas untuk membuat perekaman Podcast. Merekam dan mix audio ke aplikasi secara sempurna, seterusnya Anda akan mengekspor konten audio yang berkualitas ke audiens podcast.

Menempatkan trek vokal audio dan mengatur perekaman atau pengeditan podcast secara tepat. Beberapa tips-nya salah satunya Menyesuaikan level nada dengan pengeditan panel audio essensial, melakukan pencampuran podcast audio dengan mengakses perpustakaan efek suara, memanfaatkan podcast template untuk mengatur perekaman multitrack, mengedit podcast dengan editor Multitrack atau Waveform.

Adobe Audition memberikan kemudahan pengguna untuk mengeksplor pengurangan kebisingan pada audio. Terkadang melakukan perekaman lewat iPhone atau kamera video berkualitas tinggi, suara bising tetap terlihat dan tidak dapat dihindari. Tetapi dengan lakukan editing pada Adobe Audition dengan fitur DeNoise dan Noise Reduction, Anda dapat menghapus masalah bising untuk memperoleh suara terbaik.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika pengertian dan fungsi adobe audition sebagai program audio recording dan editing yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe. Program ini sudah sering dipakai oleh professional audio editor dalam memproses audio/suara sesuai keperluan dan kemauan. Adobe Audition mempunyai bermacam efek yang dapat diaplikasikan ke proyek audio untuk menghasilkan olahan suara yang fantastis.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian dan fungsi adobe audition, fitur dari Adobe Audition mudah-mudahan dapat menolong dan berguna untuk yang membutuhkan. Taruh dan dibagi artikel ini ke sosial media atau rekanan Anda supaya makin bermanfaat. Terima kasih dan selamat mempraktikkan aplikasi Adobe Audition!

Related Articles

Back to top button