10 Cara Restart Laptop Windows 10 dengan Benar

Lovata Andrean

3 16
3 16

rancakmedia.com – Tahukan kamu bahwa restart pada sistem operasi Windows memiliki banyak cara. Secara kompleks, Microsoft berusaha untuk menghadirkan sistem yang benar-benar memudahkan penggunanya, termasuk dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Maka dari itulah pilihan restart selalu ada dimana-mana, dimulai dari instalasi sistem, lock screen, gabungan tombol, hingga masuk ke jendela Windows.

Cara restart laptop windows 10. Umumnya restart dilakukan ketika selesai instalasi software yang memang tujuannya agar software itu berjalan optimal sebagai semestinya setelah sistem memuat ulang semua file yang terinstal. Dan sampai saat ini banyak software Windows membutuhkan opsi restart agar berjalan secara optimal (Required).

Disamping itu, sebagian pengguna Windows juga suka melakukan restart saat komputernya terasa lambat, lelet, atau lag saat menjalankan software tertentu. Walaupun ini tidak efektif sebab bisa dengan pilihan lain yaitu menghentikan jalannya software secara paksa melalui Task Manager.

Terlepas dari semua alasan pengguna melakukan restart pada komputer Windows.

10 Cara Restart Laptop Windows 10 dengan Benar

 

Berikut Ini Cara Restart Laptop Windows 10 dengan Benar

Melalui Start Menu

Yang pertama dan yang paling sering dilakukan yaitu melalui Start Menu. Dapat dipastikan sisi ini tentu sering kamu kerjakan pada saat mau restart komputer atau laptop. Tinggal klik Start Menu atau gunakan tombol Windows, kemudian pilih buttom Power lalu klik restart.

Melalui WinX Menu (Win + X)

Yang kedua yaitu melalui WinX Menu yang ada ketika kamu pilih klik kanan pada buttom Start Menu. Triknya lumayan mudah, kamu dapat klik kanan pada Start Menu atau juga bisa dengan Keyboard Shortcut (Win + X). Selanjutnya nanti pilih Shut Down or Sign Out » Restart.

Pilihan ini jarang dilakukan dan hanya beberapa pengguna yg menyukai klik kanan pada Start Menu untuk melakukan restart. Sebenarnya bagian dari WinX sendiri digunakan untuk pilih fitur – fitur penting yang dirasakan bermanfaat dalam melakukan kegiatan produktif.

Melalui Shortcut ALT + F4

Seterusnya dapat menggunakan gabungan keyboard atau shortcut ALT + F4. Coba untuk tekan gabungan itu, nanti bakal ada pilihan jendela Shut Down Windows. Kamu dapat kerjakan turun down untuk melihat pilihan restart pada komputer.

  • Pilih Restart dan klik OK untuk melakukannya.

Melalui Shortcut CTRL + ALT + DEL

Ada pilihan yang lain dapat kamu coba yaitu melalui Shortcut CTRL + ALT + DEL. Coba tekan gabungan tombol itu nanti akan ada pilihan Power di bagian sudut kanan bawah yang selanjutnya kelak kamu dapat pilih pilihan restart.

Melalui Lock Screen

Saat layar ada pada status terkunci atau lock yang kemungkinan terkunci secara automatis, menyengaja di lock, atau memang baru dihidupkan, tetap ada button Power yang pilihannya ada sleep, shutdown, dan restart.
Sama dengan awalnya, pilihannya ada di bagian kanan bawah, selanjutnya pilih restart.

Melalui Command Prompt

Melalui Command Prompt atau CMD, kamu bisa juga melakukan restart. Ini biasa dilaksanakan oleh pengguna yang menyukai menuliskan perintah melalui CMD atau sukai dalam bahasa pemrograman yang kadang memerlukan CMD untuk eksekusi.

Triknya lumayan gampang, membuka saja CMD melalui Start Menu, selanjutnya tuliskan perintah shutdown /r lalu tekan Enter yang pada akhirnya komputer akan melakukan restart.

10 Cara Restart Laptop Windows 10 dengan Benar

Melalui PowerShell

Selainnya Command Prompt, anda bisa juga melakukan melalui PowerShell. Sedikit info, PowerShell hampir serupa dengan CMD, tetapi berita dari Microsoft sendiri menjelaskan PowerShell lebih baik daripada CMD, terkhusus untuk beberapa programmer semakin lebih optimal jika ingin jalankan perintah – perintah tertentu yang tidak bisa digerakkan pada Command Prompt.

Untuk perintah restart melalui PowerShell sendiri sama dengan CMD, anda dapat tuliskan perintah shutdown /r untuk restart komputer.

Melalui Windows Run

Bukan hanya melalui CMD atau PowerShell, kamu bisa juga restart Windows langsung melalui jendela Run dengan perintah yang serupa yaitu shutdown /r. Untuk akses lebih cepat ke Windows Run dapat pakai gabungan tombol Windows + R.

Melakukan Cortana

Tahukah kamu apakah itu Cortana? Yup, AI bikinan Microsoft ini bisa menjadi unggulan kamu untuk melakukan reboot ulangi PC. Cukup hanya memberinya perintah perkataan atau Voice Command dengan menjelaskan “restart PC” karena itu langsung cortana akan menyelesaikan perintah itu. Dan tentu saja PC akan betul – betul restart.

Bukan hanya Windows, Android juga punya Google Assistent, sedangkan Apple punyai Siri dan Amazon punyai Alexa. Zaman Artificial Intellegence memang mengganti segala hal, terutamanya untuk keperluan satu hari – hari kita.

Melalui Tombol (Power) Fisik

Selanjutnya untuk pilihan paling akhir yang bisa saja opsi yaitu langsung pada tombol power fisik dengan tekan secara paksakan sepanjang beberapa saat. Ini sebetulnya memiliki sifat buruk, tetapi menjadi opsi saat komputer ada pada status lag, jatuh, atau freeze. Restart Windows 10 Tanpa Reboot.

Sedikit tambahan, selainnya melakukan restart Windows yang umum komputer akan melakukan reboot ulangi, karena itu di sini saya coba memberikan jalan keluar tambahan untuk restart Windows tanpa reboot ulangi atau hanya pada Windows Explorer dan software yang sudah dilakukan reboot.

Manfaat fitur Task Manajer yang nanti di fungsikan untuk me restart Windows Explorer, dan semua masih tetap ada pada keadaan berpijar, cukup menanti sepanjang beberapa saat saja.

Ingin tahu bagaimana triknya, baca beberapa langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, coba klik kanan pada Start Menu selanjutnya pilih Task Manajer atau langsung tuliskan saja di Start Manu ‘Task Manager’ selanjutnya Enter. Bila ingin menggunakan shortcut keyboard, gabungkan CTRL+SHIFT+ESC.
  2. Pilih Windows Explorer, selanjutnya klik Restart di bagian sudut kanan bawah
  3. Atau juga bisa dengan klik kanan pada Windows Explorer yang kamu pilih, selanjutnya klik restart.
  4. Pada dasarnya sama saja, hanya triknya yang berbeda.
  5. Dan sesudah proses restart selesai, kamu dapat meneruskan kegiatan kamu yang tertunda.
  6. Lumayan gampang bukan
  7. Selesai.

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai cara restart laptop windows 10, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menambahkan pilihan opsi untuk kamu yang masih belum tahu.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks