TEKNO

3 Cara Menggunakan NFC di iPhone

rancakmedia.com – Cara mengaktifkan dan menggunakan NFC (Near Field Communication) di iPhone sekarang tersedia apabila iOS di perangkat iPhone Anda sudah diperbarui ke iOS terbaru (minimal iOS 12, iOS stabil 13). Artinya, Anda dapat mengecek saldo e-Money dan top-up saldo eMoney langsung dari smartphone iPhone Anda.

Khusus untuk Anda pengguna seri iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan sebagainya, dan iPhone SE (Generasi 2), Anda bisa menggunakan NFC dengan pembaruan iOS ke versi terbaru (saat artikel ini diluncurkan, iOS terbaru adalah iOS 14).

Akan tetapi perlu dipastikan jika model NFC yang ingin Anda baca (scan) adalah NFC dengan formatnya NDEF (Format Perubahan Data NFC). Ingat, untuk saat ini (sampai artikel ini diposting) itu model NFC yang digunakan iPhone.

NFC, chip yang sering Anda dengar dalam pembayaran elektronik (e-Money), sudah lama dinanti-nantikan oleh pengguna iPhone. Ingat, fitur ini telah berada pada Android sejak 2010. Saat itu, handphone Android pertama kali yang sediakan fitur NFC ialah Samsung Nexus S.

Sejarah Perkembangan NFC di iPhone

Sebagai pengantar, kita akan membahas sedikit mengenai ÔÇśnama terkenal’ e-Money. Pemberian nama sebetulnya ialah istilah umum. Tetapi, terkenal dan jadi sama dengan kartu emoney Bank Mandiri.

Sedangkan untuk instrument pembayaran elektronik pada server media atau chip di bank lain, beberapa salah satunya mempunyai produk yang sama.

Misalkan bank BCA bernama Flazz, bank BNI dengan Tapcash dan bank BRI dengan Brizzi. Tetapi warga Indonesia cenderung pilih menggunakan Mandiri e-Money, apa lagi disokong dengan Fitur NFC pada iPhone.

Sebetulnya Apple pertama kalinya sediakan NFC pada link iPhone, yaitu seri iPhone 6 (September 2014). Tetapi, ini cuman bisa digunakan di Apple Pay. Tetapi semenjak update iOS 11, iPhone bisa membaca Tag NFC tanpa perlu aplikasi khusus.

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, jika tipe NFC yang didukung oleh iPhone ialah tipe pola NFC NDEF. Dalam masalah ini, pola NFC yang lain tidak bisa digunakan di iPhone.

­čöąTRENDING:  Penjelasan Mengenai Stock Opname Secara Lengkap

Nach, awalannya satu dari dua produk kartu emoney yang memberikan dukungan pola NDEF (digunakan oleh iPhone) ialah Mandiri e-Money (melalui Tokopedia dan aplikasi Mandiri Online), karena sudah diupdate ke versus 2.3.4. Dan juga bisa digunakan pada kartu pembayaran elektronik BRI BRIZZI (lewat Tokopedia dan BRImo BRI).

Selanjutnya di bulan Februari 2021 pada akhirnya BCA umumkan acara itu BCA Mobile (BCA Mobile untuk iPhone versus 2.7.2) pada akhirnya memberikan dukungan NFC di iPhone. Dan bisa digunakan untuk scan cek saldo dan menambahkan saldo untuk kartu electronicnya, Flazz.

memeriksa dan mengisi saldo uang elektronik

Cara menggunakan NFC di iPhone untuk memeriksa dan mengisi saldo uang elektronik

Adapun cara menggunakan NFC pada iPhone untuk mengecek saldo dan top up atau top up saldo uang elektronik atau emoney, yakinkan Anda menggunakan satu dari 2 kartu pembayaran elektronik berikut ini:

Kartu Mandiri E-Money, atau BRI BRIZZI dan menggunakan salah satunya aplikasi atau mobile banking yang didukung. Misalkan Tokopedia (Mandiri e-Money dan BRI BRIZZI), Mandiri Online untuk Mandiri e-Money, atau BRImo BRI untuk BRI BRIZZI.

Untuk sekarang ini, Flazz BCA belum juga ada di Tokopedia, hingga Anda harus scan, mengecek saldo, atau mengisi saldo kartu Flazz Anda cuman melalui BCA Mobile banking.

Nah, untuk panduan ini kali, diibaratkan kamu menggunakan aplikasi Tokopedia untuk menggunakan NFC di iPhone kamu untuk up-date saldo dan top up uang elektronik kamu.

Beberapa langkah untuk menggunakan NFC iPhone:

Di bawah ini beberapa langkah cara menggunakan NFC di iPhone untuk mengecek saldo kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI):

  1. Pakai aplikasinya Tokopedia untuk penyempurnaan iPhone terbaru.
  2. Di penampilan atau sisi khusus Rumah, tentukan menu Top-Up dan Tagihan.
  3. Lalu tentukan salah satunya pilihan Uang Electronic.
  4. Maka silahkan ketok tombolnya Penyempurnaan Saldo untuk memeriksa saldo kartu elektronik Anda dengan
  5. Bila ada perintah paste card, yang perlu kamu kerjakan ialah tempelkan kartu elektronik (Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI) pas disekitaran camera belakang HP atau part kamu. Sensor NFC di iPhone Anda.
  6. Tidak lama kemudian, info berkaitan uang elektronik Anda langsung akan muncul.
  7. Umumnya diperlihatkan nomor kartu dan kesetimbangan e-card Anda.
  8. Cek saldo kartu elektronik menggunakan NFC iPhone telah selesai.
  9. Saat ini top-up atau isi ulang kartu elektronik Anda dengan NFC iPhone.
­čöąTRENDING:  Daftar Aplikasi Cari Teman Online Terbaik 2021 dan Mudah Digunakan

Cara Mengecek Saldo Kartu Elektronik dengan NFC iPhone

Masih menggunakan Tokopedia dan salah satunya kartu elektronik yang memberikan dukungan NFC iPhone yaitu Mandiri E-Money dan BRI BRIZZI.

Berikut cara top up atau top up saldo kartu elektronik Anda melalui Tokopedia menggunakan NFC iPhone:
Nah, sesudah mengecek saldo kartu elektronik, Anda dapat mengambil langsung cara untuk menambahkan saldo.

  1. Silahkan klik tombolnya Isi ulang Sekarang.
  2. Tentukan nominal top up saldo uang electronik. Minimum Rp 10.000.
  3. Klik tombol Bayar
  4. Pastikan jumlah dan saldo telah betul, lalu klik tombol baik. Lalu click tombolnya Terus.
  5. Anda dapat bayar langsung OVO Cash. Selanjutnya turuti proses pembayaran sepenuhnya.
  6. Nach, saat ini pembayarannya telah berhasil. TAPI PROSES INI BELUM SELESAI!
  7. Kembali pada menu atau sisi khusus Rumah lagi.
  8. Tentukan menu kembali Top-Up dan Bill, lalu tentukan pilihan Uang Electronic.
  9. Lalu ketok tombolnya Penyempurnaan Saldo di atas kanan program.
  10. Lampirkan Mandiri e-money atau kartu BRI BRIZZI yang barusan Anda Top Up. Seperti saat mengecek saldo tadi.
  11. Nantikan sesaat, sampai ada tulisan Sukses Perbaiki Saldo.

Sekarang proses top up saldo kartu elektronik menggunakan NFC iPhone baru disebutkan telah selesai.
Saldo kartu elektronik Anda semestinya semakin bertambah, jumlah saldo yang Anda isi tadi.

memeriksa dan mengisi saldo uang elektronik

 

Cara Top Up Kartu Elektronik Menggunakan NFC iPhone

Penggunaan NFC pada aplikasi online banking seperti Mandiri Online dan BRImo BRI (yang mungkin saja berlaku untuk online banking yang lain) khusus pada piranti iPhone cukup berlainan dengan Penggunaannya dengan Android.

Menggunakan NFC di iPhone untuk perbankan online, Anda harus mendaftarkan dengan tiap account dari penyuplai service aplikasi perbankan online. Selanjutnya Anda harus juga masuk ke account Anda di aplikasi perbankan online.

Mengapa begitu? Sudah pasti argumennya untuk keamanan dan eksklusivitas yang sejauh ini jadi representasi produk Apple. Menggunakan NFC iPhone melalui Mandiri Online dan BRImo BRI

Fitur NFC bukan hanya dapat digunakan untuk cek saldo dan top up saldo uang di kartu elektronik saja. Tapi juga mempunyai manfaat lain. Misalkan untuk scan (scan) beragam otentikasi produk melalui iPhone.

Berikut sejumlah aplikasi yang bisa Anda pakai untuk lakukan penyekenan NFC di iPhone:

  • Decode – Pemindai NFC
  • GoToTags
  • NFC TagWriter oleh NXP
  • NFC untuk iPhone
  • Pembaca NFC
  • Selanjutnya: Cara transfer saldo OVO dan GoPay ke DANA dan top up DANA melalui aplikasi lain

Aplikasi Pemindai NFC dan Autentikasi Produk di iPhone

Dari rincian di atas bisa kita ketahui bersama jika iPhone bisa membaca NFC tapi dengan detail khusus yaitu NDEF, selainnya dari pola itu iPhone tidak bisa membaca NFC.

Tetapi, rupanya cukup memberikan kepuasan. Masalahnya pola NFC yang digunakan iPhone dapat digunakan untuk Mandiri E-Money, BRI BRIZZI, dan barusan dipertambah satu kembali, yaitu BCA Flazz. Di periode kedepan, produk kartu elektronik yang lain akan beradaptasi dan ikuti.

Akhir kata

Demikianlah informasi dan perintah cara menggunakan NFC di iPhone, dimulai dari iOS 12, iOS 13, iOS 14, dan seterusnya. Bagus untuk pengujian saldo atau isi ulang kartu elektronik, untuk beragam tipe pembayaran. Seperti bayar tiket transportasi umum, bayar biaya tol, belanja di beberapa toko yang bekerja lain-lain dan sama. Mudah-mudahan membantu dan mudah-mudahan sukses.

­čöąTRENDING:  Epic Games Store Kini Menyediakan Aplikasi Spotify
Back to top button