9 Cara Mengatasi Force Close Aplikasi Android dengan Mudah

nafa cahyani

9 Cara Mengatasi Force Close Aplikasi Android dengan Mudah

Rancakmedia.com – Banyak sekali yang mencari cara mengatasi force close aplikasi Android, karena saat aplikasi digunakan tiba-tiba mengalami force close atau keluar sendiri memang sangat menggangu, untuk mengatasinya kamu dapat simak artikel di bawah ini hingga selesai.

Bagaimanapun, masalah ini juga dapat terjadi pada telepon kelas atas dan kualitas yang sangat baik. Aplikasi yang tertutup tiba-tiba menyebabkan pengguna merasa sangat bingung.

Terutama ketika kamu terjebak melakukan banyak tugas di atas layar, misalnya, bermin game, membuka media sosial, chattingan, atau aktivitas lainnya, tiba-tiba aplikasi macet dan menutup sendiri.

Penyebab Force Close Aplikasi Android

Ketika aplikasi Force Close, telepon biasanya menampilkan pesan kesalahan atau pesan pemberitahuan yang membaca “Sayangnya aplikasi telah berhenti”, “Mengejutkan aplikasi telah berhenti”, “memori tidak cukup”, “tidak bereaksi”, “Sayangnya com.android.process telah terhenti”, dan lainnya.

Beberapa juga tidak menunjukkan pemberitahuan apa pun, hanya menutup tanpa mengetahui alasannya. Untuk melihat lebih lanjut tentang masalah ini, kamu dapat merujuk ke survei terlampir.

Penyebab Force Close Aplikasi Android

Ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi memaksa menutup secara tiba-tiba. Sebagai aturan umum, aplikasi power close lebih normal karena bug dalam aplikasi.

Penataannya tentu saja menyegarkan aplikasi. Meskipun demikian, dapat dibayangkan bahwa penutupan kekuasaan juga disebabkan oleh sesuatu yang berbeda. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat beberapa alasannya di bawah ini.

  1. Memori RAM penuh – Memori RAM penuh terjadi karena tidak perlunya melakukan berbagai tugas dan kumpulan aplikasi yang berjalan di belakang layar. Kondisi seperti ini sering terjadi pada ponsel Android dengan batas RAM di bawah 3GB.
  2. Penumpukan file cache – Dokumen cache yang tidak pernah dibersihkan dapat menyebabkan memori internal penuh dan risiko bentrokan kerangka kerja dan aplikasi. Selanjutnya, kamu perlu membersihkan catatan toko satu kali per minggu atau satu kali setiap bulan.
  3. Memori Internal penuh – Kerangka kerja dan aplikasi memerlukan ruang ekstra yang memadai untuk menangani informasi atau data yang diperlukan. Jika inner stockpiling sudah penuh, beberapa siklus akan berjalan secara bertahap seperti halnya masalah framework dan aplikasi.
  4. Bugs pada aplikasi – Mungkin ada bug dalam kerangka kerja atau aplikasi yang membuat aplikasi menutup daya. Cobalah menyegarkan kerangka kerja dan aplikasi untuk memperbaiki masalah ini.
  5. Aplikasi yang tidak sesuai – Kemungkinan lain adalah bahwa aplikasi yang kamu perkenalkan tidak dapat digunakan dengan ponsel Android kamu. Misalnya aplikasi ini berjalan di Android 7.0 (Nougat) atau lebih, sedangkan ponsel Android kamu masih berjalan di Android 5.0 (Lollipop).

Cara Mengatasi Force Close Aplikasi Android

Setelah kamu mengetahui penyebab dari force close aplikasi Android, berikut cara mengatasi force close aplikasi Android, yaitu:

Cara Mengatasi Force Close Aplikasi Android

1. Tutup Semua Aplikasi yang Kamu Jalankan

Tips utama adalah mencoba menutup semua aplikasi baru yang kamu jalankan. Menutup aplikasi biasanya layak untuk mengelola memori RAM penuh yang merupakan alasan untuk aplikasi power close.

Setelah menutup aplikasi, Coba jalankan aplikasi berbahaya sekali lagi. Idealnya itu akan menjadi tipikal dan tidak power close sekali lagi.

Namun jika aplikasi masih bermasalah, coba cara berikut dengan melakukan reload ponsel Android.

2. Restart Ponsel Android

Jika tips pertama tidak berhasil, coba mulai ulang ponsel Android kamu. Mungkin ada administrasi kerangka kerja atau aplikasi yang memiliki masalah atau mungkin tidak berjalan, membuat kekuatan aplikasi tertutup.

Kamu dapat menekan tombol Daya selama beberapa detik lalu pilih Muat Ulang. Jika ponsel Android kamu tidak memiliki pilihan isi ulang, kamu dapat mematikan ponsel Android kamu dan kemudian mengkhianati.

3. Bersihkan File Cache Sistem dan Aplikasi

Pengembangan dokumen penyimpanan di memori internal dapat menyebabkan masalah kerangka kerja dan aplikasi, misalnya, crash, blunder, slack, tidak dapat dibuka, power close, muncul pesan kesalahan, dll.

Hapus cache aplikasi yang bermasalah:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android kamu.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang perlu kamu hapus.
  3. Pilih Hapus informasi » Hapus cadangan » lalu, kemudian konfirmasikan dengan OK untuk menghapus penyimpanan.
  4. Selesai.

Setelah membebaskan toko dari aplikasi berbahaya, hapus juga cadangan kerangka kerja dan aplikasi lain yang menggunakan aplikasi pembersih bawaan. Ikuti cara di bawah ini.

Bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih:

  1. Buka aplikasi Cleaner di ponsel Android kamu.
  2. Tunda sampai pengukuran pemeriksaan toko selesai.
  3. Kemudian, kemudian ketuk Bersihkan untuk memulai interaksi pembersihan.
  4. Tunggu beberapa detik hingga interaksi pembersihan berhasil.
  5. Selesai.

4. Bersihkan Memori Internal

Cara mengatasi force close aplikasi android. Pastikan penyimpanan internal kamu memadai untuk menangani kerangka kerja dan informasi data aplikasi.

Bersihkan Memori Internal

Tujuannya adalah untuk menghindari pengurangan dalam eksekusi di ponsel Android. Sisakan ruang ekstra gratis sebesar 20 persen dari batas kapasitas total kamu.

Berikut adalah beberapa fokus penting untuk membersihkan dan menyimpan memori internal Android.

  1. Kerangka kerja dan dokumen toko aplikasi yang jelas.
  2. Hapus aplikasi yang saat ini tidak digunakan.
  3. Merapikan informasi yang tidak berguna.
  4. Jika memori internal kamu terbatas, cobalah untuk tidak menyimpan banyak informasi.
  5. Eksploitasi administrasi penyimpanan terdistribusi gratis.

5. Hapus Data Aplikasi

Upaya berikutnya untuk menghapus informasi aplikasi. Menghapus informasi aplikasi biasanya dapat dilakukan dalam mengelola aplikasi yang suka memaksa ditutup.

Cara mengatasi force close aplikasi android. Menghapus informasi aplikasi akan menghilangkan informasi tidak permanen pada aplikasi seperti kumpulan data, penyimpanan, suguhan, riwayat, bookmark, dll.

Untuk menghapus informasi aplikasi, kamu dapat mengikuti cara di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android kamu.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang perlu kamu hapus.
  3. Pilih Hapus informasi » Hapus semua informasi » kemudian, kemudian tegaskan dengan OK untuk menghapus informasi aplikasi.
  4. Selesai.

6. Update Aplikasi yang Bermasalah Tersebut

Bisa dibayangkan bahwa aplikasi power close membutuhkan pembaruan. Sejak saat itu para engineer mengharapkan pengguna untuk me-refresh aplikasi agar aplikasi lebih mantap dan ideal saat digunakan.

Peningkatan dan penambahan faktor mungkin terjadi saat kamu memperbarui aplikasi.

Untuk melakukan ini, kamu dapat mengikuti cara di bawah ini:

  1. Buka Google Play Store di ponsel Android kamu.
  2. Ketuk simbol [menu] tiga baris di bagian atas » pilih Aplikasi dan Game.
  3. Kemudian, kemudian pilih aplikasi yang bermasalah atau error.
  4. Jika pembaruan dapat diakses, kamu dapat mengetuk Perbarui dan tunggu hingga interaksi pembaruan selesai.
  5. Selesai.

7. Update Sistem Android

Cara mengatasi force close aplikasi android. Perbarui kerangka kerja Android kamu. Sangat mirip dengan aplikasi, dengan penyegaran dipercaya bahwa kerangka kerja dapat berjalan lebih ideal.

Update Sistem Android

Namun, kamu dapat melakukan opsi pembaruan sistem jika versi terbaru dari kerangka atau antarmuka ponsel Android kamu tersedia. Untuk me-refresh framework Android, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android kamu.
  2. Pilih Tentang telepon » Pembaruan sistem.
  3. Jika varian kerangka kerja terbaru dapat diakses, kamu dapat menyegarkannya.
  4. Tunda hingga interaksi pembaruan selesai.
  5. Dengan asumsi ini masalahnya, kamu dapat memulai ulang ponsel Android kamu.
  6. Selesai.

8. Unroot Jika Sebelumnya Telah di Root

Jika ponsel kamu sudah terpasang dan beberapa kali ada masalah dengan aplikasi yang diperkenalkan, maka lebih baik untuk menghapusnya. Dengan unroot umumnya OS Android akan menjadi biasa dan stabil kembali.

Untuk melakukan ini, jelas kamu perlu mengubah sesuai dengan ponsel yang kamu gunakan. Kamu dapat melihat melalui strategi root dan unroot yang kamu lakukan sebelumnya.

Jika, misalnya, kamu tidak dapat melakukan unroot, kamu harus menyetel ulang ponsel Android kamu ke pengaturan awal atau menggores ulang sistem Android.

Namun, sekali lagi, jika kamu belum pernah melakukan akses root, kamu bisa mengabaikan teknik ini.

9. Install Ulang Aplikasi

Dengan menginstal ulang aplikasi, dipercaya aplikasi dapat kembali seperti biasa. Untuk menghilangkan aplikasi tersebut, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android kamu.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang perlu kamu hapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian, kemudian konfirmasikan dengan OK untuk menghapus aplikasi tersebut.
  4. Selesai.

Setelah menghapus aplikasi, sebaiknya pertama-tama bersihkan catatan cadangan menggunakan aplikasi yang lebih bersih. Restart ponsel Android kamu, kemudian, kemudian kamu menginstal aplikasi sekali lagi.

Kesimpulan

Dengan mencoba beberapa tips di atas, dipercaya masalah aplikasi power close dapat teratasi dengan baik dan aplikasi dapat digunakan kembali.

Demikian informasi tentang 9 cara mengatasi Force Close aplikasi Android dengan baik semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.