Advertisement

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting. Zoom awal mulanya didirikan pada tahun 2011. Zoom versi beta, yang dapat menyelenggarakan pertemuan video sampai 15 peserta, dikeluarkan pada 21 Agustus 2012.

Versi 1.0 dari program ini diluncurkan pada 25 Januari 2013. dirilis dengan kenaikan kedatangan per pertemuan menjadi 25. Di akhir bulan awal, Zoom mempunyai 400.000 pengguna, bertambah menjadi 1 juta pada Mei 2013.
Setelah diawalinya wabah corona, per Februari 2020, Zoom sudah mendapat 2,22 juta pengguna di 2017.

2020 semakin banyak pengguna dibanding yang dihimpun pada 2019, pada harga saham perusahaan naik 35 %. Di suatu hari pada bulan Maret 2020, aplikasi Zoom didownload 2,13 juta kali.

Sampai April 2020, Zoom mempunyai lebih dari 300 juta peserta rapat setiap hari. Pada 24 Agustus 2020, Zoom mengalami pemadaman yang meluas selama beberapa jam sebelum layanan dipulihkan. Kantor pusatnya ada di San Jose, California. Zoom mempunyai kantor di Eropa, Asia dan Australia.

App Zoom

Zoom adalah alat untuk Windows yang memungkinkannya anda nikmati pertemuan video dan audio berkualitas tinggi. Plus, kekuatan transmisi benar-benar baik untuk penyiar dan seluruh orang.

Antar-muka pemakai Zoom ditingkatkan dengan ide untuk memberikan anda pengguna program untuk PC, smartphone, atau tablet.

Ini benar-benar bermanfaat karena anda bisa memasang program di beberapa basis untuk digunakan kapan pun dan dimanapun. Saat anda buka PC, mengatur camera dan mikrofon untuk kualitas optimal.

Dengan Zoom, anda bisa lakukan lebih dari sekedar tersambung dengan rekan atau mitra. Selainnya feature audio dan video, anda dapat share monitor atau menggunakan background virtual untuk sesuaikan tiap tayangan. Disamping itu, anda pun mempunyai pilihan untuk mengundang kontak untuk setiap pertemuan.

Zoom adalah alat yang paling efisien dan mendalam. Memungkinkannya anda untuk membuat panggilan video dan pertemuan dengan mudah. Pilihan penyesuaian yang banyak, fitur keamanan, dan kualitas siaran yang tinggi sudah menjadi alasan yang cukup anda mencoba program ini.

Cara Menggunakan Zoom di Laptop, Android dan iPhone

Berikut ini cara menggunakan zoom di Laptop, Android maupun iPhone.

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Laptop, Android, iPHONE

Cara Menggunakan Zoom di Laptop :

  1. Buka browser, cari “Zoom Cloud Meetingi” di search engine apapun (Google, Bing, Yahoo). Jika kamu melakukan panggilan di Zoom, pilih menu Host disudut kanan halaman Zoom.us. Catatan : kamu perlu membuat akun Zoom untuk bisa menjadi pelaksana rapat. Jika kamu ingin tergabung dengan rapat rekan kamu, minta “Meeting ID/ID Rapat” kepada penyelenggaraan rapat.
  2. Zoom akan automatis terdownload ke laptop kamu.
  3. Instal Zoom dari unduhan sebelumnya.
  4. Sesi pangilan zoom sudah bisa dimulai.

Cara Menggunakan Zoom di Android :

  1. Buka Play Store, ketik “Zoom Cloud Meeting”.
  2. Unduh / instal aplikasi di ponsel anda.
  3. Aplikasi zoom selanjutnya sudah dapat digunakan.
  4. Buat sesi di Zoom/Masukan “Meeting ID” dari temanmu.

Cara Menggunakan Zoom di iPhone :

  1. Buka App Store, masukan ‘Zoom Cloud Meeting’ di kolom pencarian.
  2. Unduh/instal aplikasi di ponsel anda.
  3. Aplikasi zoom selanjutnya sudah dapat digunakan.
  4. Buat sesi di Zoom/Masukan “Meeting ID” teman anda.

Cara Download Zoom Meeting di PC

Pada dasarnya, aplikasi Zoom Meeting ini dapat dengan mudah di download dari Google Play Store apabila dikerjakan menggunakan smartphone. Akan tetapi, aplikasi ini tentu saja tidak terbatas pada penggunaan smartphone saja, tapi juga pada PC atau laptop.

Berikut Ini Langkah-Langkah Download Aplikasi Zoom Untuk PC Dengan Gratis dan Tanpa Biaya Sedikitpun :

Buka Browser

Pertama, buka browser internet, baik itu Chrome, Opera, Firefox atau yang lain di PC anda.

Kunjungi Website Official Zoom

Lalu buka tautan di website https://zoom.us/download ini.

Download Zoom untuk PC

Setelah masuk ke halaman website, silahkan pilih Zoom Client for Meeting setelah itu klik tombol download. Jika proses download berhasil, maka silahkan simpan file download tersebut di penyimpanan yang diinginkan.

Instal Zoom PC

Setelah itu, lihat file unduhan Zoom dengan perpanjangan.exe. Klik kanan pada file dan pilih Run. Tunggu sampai proses selesai dan zoom siap digunakan.

Cara Menggunakan Zoom Meeting di PC

Setelah anda berhasil mengunduh/mendownload dan menginstal aplikasi Zoom untuk PC secara gratis, anda juga tentunya perlu mempelajari bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom tersebut.

Berikut Ini Adalah Langkah-Langkah Menggunakan Zoom Meeting di PC :

  1. Buka aplikasi Zoom Meeting yang telah terinstal dan lakukan proses registrasi menggunakan alamat e-mail anda.
  2. Setelah registrasi, masuk ke halaman utama Zoom dan masuk ke menu My Profil.
  3. Di dalam menu tersebut, terdapat data Personal Meeting ID yang bisa anda gunakan untuk mengundang peserta lain ke pertemuan video yang dibuat.
  4. Cara mengundang peserta tersebut, yaitu dengan cara menyalin Meeting ID tersebut dan kirimkan ke orang yang akan menjadi pesertanya. Anda juga bisa menggunakan link untuk di Copy-Paste pada browser sebagai undangan.
  5. Saat peserta menerima undangan anda, mereka dapat segera tergabung ke pertemuan video yang dibuat oleh Host/tuan-rumah dengan mengeklik Join a Meeting/Masuk ke Rapat menggunakan link undangan. Namun jika menggunakan Meeting ID, peserta hanya perlu menuliskan Meeting ID tersebut di kolom yang tersedia.

Related Articles

Back to top button