Cara Save Video Facebook Simpel Tanpa Aplikasi Tambahan

nafa cahyani

Cara Save Video Facebook Simpel Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

Rancakmedia.com Cara save video Facebook mungkin akan dicari-cari karena Facebook tidak menyediakan fitur penyimpanan di dalamnya. Facebook menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak.

Media sosial ini cukup menarik untuk menulis aktivitas, upload foto maupun video, maupun berbisnis. Terkadang ketika membuka Facebook menemukan video yang menarik dan ingin menyimpannya. Tenang saja, ada banyak cara jika ingin menyimpan video Facebook.

Video Facebook yang telah disimpan dapat ditonton kapan saja tanpa harus online. Jika ingin dibagikan kembali ke media sosial juga dapat dilakukan karena hasil unduhannya berkualitas bagus.

Bahkan ada beberapa pilihan kualitas video sesuai dengan kebutuhannya. Namun, penting untuk diketahui bahwa ada beberapa foto yang memerlukan ijin dari pemiliknya apabila ingin di-share atau diposting ke media sosial lain.

Untuk menyimpan video dari Facebook ini bisa memakai aplikasi tambahan maupun tidak. Jika ingin memakai aplikasi tambahan maka harus diinstal terlebih dahulu di PC maupun ponsel.

Tetapi apabila tidak memungkinkan karena file sudah penuh maka dapat memakai cara menyimpan video tanpa aplikasi tambahan dan hanya masuk ke website tertentu. Berikut beberapa cara untuk menyimpan video Facebook tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

Pengertian Aplikasi Facebook

Dalam pengertian singkatnya, Facebook adalah aplikasi jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk berinteraksi dan berkoneksi dengan pengguna lain dari seluruh dunia.

Pada awalnya, Facebook lahir dari Facemash kemudian berubah menjadi TheFacebook. Pada 2005, TheFacebook berumah menjadi Facebook dengan menghilangkan kata “The”.

Definisi kata Facebook yang terdiri dari dua frasa bahasa Inggris yaitu Face dan Book. Face memiliki arti Muka sedangkan Book yaitu Buku.

Frasa Buku Muka dalam bahasa Indonesia mungkin terlihat sangat aneh, namun inilah yang menjadikan Facebook dengan fungsi dasarnya sebagai media sosial yang menampilkan seluruh informasi pengguna.

Pada aplikasi Facebook, pengguna bisa saling berinteraksi dengan pengguna lain seperti membuat status, membagikan foto dan video, menambahkan teman, membuat fanspage, buat grup atau komunitas, hingga kirim pesan.

Facebook juga menghadirkan dan mengembangkan fitur baru lainnya seperti filter untuk story, marketplace, hingga lowongan pekerjaan.

Manfaat Penggunaan Pada Facebook

Berikut manfaat pengguna dari aplikasi Facebook, yaitu:

1. Manfaat Secara Personal

Dalam hal personal, pengguna mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya yaitu menemukan teman baru tanpa dibatasi oleh wilayah ataupun daerah.

Berikut beberapa hal yang bisa pengguna dapatkan saat menggunakan Facebook, yaitu:

  1. Mendapatkan teman dan relasi baru
  2. Media hiburan dan menghilangkan stres
  3. Sebagai tempat curhat dan berbagai pengalaman
  4. Berkirim pesan secara private melalui messenger
  5. Mengisi waktu luang

2. Manfaat Secara Sosial

Dengan Facebook, pengguna bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain, entah melalui pertemanan, komentar, suka, hingga kirim pesan.

Nah berikut manfaat dari Facebook secara sosial:

  1. Mempertemukan keluarga dan saudara
  2. Bergabung dengan sebuah grup atau komunitas
  3. Saling mempertemukan pengguna dengan hobi yang sama
  4. Bisa mengikuti halaman pada tokoh, artis, aktor atau pengusaha
  5. Terhubung dengan siapa saja
  6. Saling berbagi foto dan video

3. Manfaat Secara Ekonomi

Para internet marketer telah lama memanfaatkan Facebook sebagai media promosi dan menjual produk secara tepat dan ter target.

Berikut manfaat aplikasi Facebook secara ekonomi:

  1. Menambah lapangan pekerjaan
  2. Mencari lowongan pekerjaaan
  3. Bisa dimanfaatkan untuk bisnis online
  4. Media promosi

Cara Save Video Facebook yang Simpel

Facebook tidak menyediakan fitur untuk menyimpan video sehingga membutuhkan pihak ketiga. Cara save video Facebook yang paling mudah adalah secara online sehingga tidak perlu memakai aplikasi tambahan. Berikut beberapa cara menyimpan video Facebook secara online tanpa aplikasi tambahan.

1. Fbdownloader

Situs ini dapat diperoleh secara online dan tidak berupa aplikasi yang harus diinstal. Cara ini paling populer dan paling sederhana. Kualitas unduhan yang disediakan adalah SD dan HD. Situs ini juga dapat mengubah video menjadi file MP3. Berikut cara menyimpan video Facebook melalui Fbdownloader.online.

  1. Bukalah Facebook dan login ke akun.
  2. Pilihlah video yang menarik dan ingin disimpan, kemudian copy link video.
  3. Bukalah Fbdownloader.net melalui browser.
  4. Paste atau tempelkan link video di kolom ‘paste Facebook video URL’.
  5. Klik pada tombol ‘Go’.
  6. Pilihlah format video yang dibutuhkan.
  7. Pilihlah resolusi video yang dibutuhkan, kemudian klik unduh.
  8. Video telah tersimpan di perangkat.

2. SnapSave

Situs ini mempunyai kecepatan pengunduhan yang sangat cepat tanpa mengurangi kualitas audionya. SnapSave menyediakan kualitas video yang dapat menjadi pilihan yaitu kualitas HD, full HD, 2K, dan 4K. Berikut ini cara save video Facebook melalui SnapSave.

  1. Bukalah Facebook dan tentukan video yang akan disimpan.
  2. Salinlah link atau URL video yang dipilih.
  3. Bukalah website snapsave.app.
  4. Masukkan URL yang telah di-copy ke kolom paste video URL Facebook.
  5. Klik download dan pilihlah kualitas video sesuai kebutuhan.
  6. Video Facebook telah tersimpan di perangkat.

3. Fdown

Untuk download dan menyimpan video dari Facebook dapat memakai Fdown yang caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkah cara save video Facebook menggunakan Fdown.

  1. Bukalah Facebook dan pilihlah video yang ingin disimpan.
  2. Salinlah tautan video di Facebook.
  3. Bukalah fdown.net dan masukkan URL video ke kolom ‘enter Facebook video link’.
  4. Untuk menyimpan video, klik tombol download.
  5. Pilihlah kualitas video yang diinginkan dan video tersimpan di perangkat.

4. Getfvid

Getfvid menjadi salah satu website untuk download video Facebook yang diperoleh secara online. Untuk menggunakan situs ini tidak perlu mendaftar dan gratis. Getfvid dapat menyimpan video Facebook dalam bentuk audio atau MP3. Berikut cara menyimpan video Facebook menggunakan Getfvid.

  1. Bukalah Facebook dan pilihlah video yang ingin di-download kemudian disimpan.
  2. Salin tautan video atau URL yang ada di Facebook.
  3. Bukalah getfvid.com.
  4. Tempelkan URL atau link video di kolom ‘enter Facebook video URL’.
  5. Untuk menyimpan video, klik download. Tunggu sampai proses selesai dan video tersimpan di perangkat.

5. Downloadvideosfrom

Situs ini menyediakan pilihan format unduhan yaitu MP3 dan MP4. Meskipun diperoleh secara gratis tetapi proses download sangat cepat dan berkualitas bagus. Berikut cara menyimpan video Facebook menggunakan downloadvideosfrom.

  1. Bukalah Facebook dan tentukan video yang akan disimpan.
  2. Salinlah URL atau tautan video di Facebook yang ingin di-download.
  3. Bukalah downloadvideosfrom.com melalui browser.
  4. Masukkan tautan video atau URL ke kolom ‘enter Facebook video URL you would like to download’.
  5. Klik download dan tunggu sejenak sampai proses selesai. Video akan tersimpan di perangkat atau galeri. Jika ingin memperoleh kualitas video biasa dapat memilih download MP4. Sedangkan jika ingin memperoleh kualitas video yang lebih bagus dapat memilih download MP4HD.

Cara save video Facebook tanpa memakai aplikasi akan sangat membantu jika memori perangkat penuh. Menyimpan video menarik dari Facebook menjadi lebih mudah dan praktis.

Video yang telah disimpan dapat dibuka sesuka hati secara offline tanpa kuota internet.

Kesimpulan

Facebook adalah aplikasi jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk berinteraksi dan berkoneksi dengan pengguna lain dari seluruh dunia.

Demikian informasi tentang cara save video Facebook simpel tanpa aplikasi tambahan, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.