Pengertian Microsoft OneNote, Kelebihan dan Kekurangannya

nafa cahyani

Pengertian Microsoft OneNote Kelebihan dan Kekurangannya

Rancakmedia.com – Bayak pengguna Microsoft yang menggunakan OneNote untuk mencatat, namun bagi kamu yang belum mengetahui pengertian microsoft OneNote, dan cara kerjanya kamu bisa simak artikel di bawah ini hingga selesai.

Sebenarnya ada banyak sekali software pencatat yang bisa kamu gunakan, seperti Google Keep, Evernote, dan lainnya.

Namun produk buatan Microsoft ini sangat populer di kalangan software pencatat, sebab adanya fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan software lainnya.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan membahas tentang pengertian Microsoft OneNote, sejarah, serta kelebihan dan kekurangannya yang perlu kamu ketahui.

Sejarah dari Microsoft OneNote

Sebelum kamu mengetahui pengertian Microsoft OneNote, kamu perlu mengetahui sejarah dari Microsoft OneNote.

Microsoft OneNote pertama kali dirilis pada tahun 2003 sebagai bagian dari Microsoft Office System.

Awalnya OneNote hanya tersedia sebagai aplikasi desktop, tetapi seiring berjalannya waktu OneNote mulai tersedia di berbagai platform seperti Windows, MacOS, iOS, Android, dan Web.

Pada tahun 2014, Microsoft mengumumkan bahwa OneNote akan menjadi aplikasi gratis untuk semua pengguna, baik pada platform mobile maupun desktop.

OneNote saat ini merupakan salah satu aplikasi catatan terpopuler dan sering digunakan oleh individu maupun organisasi untuk menyimpan dan membagikan informasi.

Pengertian Microsoft OneNote

Pengertian Microsoft OneNote adalah aplikasi catatan digital yang memungkinkan pengguna untuk membuat, menyimpan, dan berbagi catatan dengan mudah.

OneNote memiliki antarmuka yang user-friendly dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan teks, gambar, audio, dan video pada catatan pengguna.

Perlu diketahui juga, Microsoft OneNote adalah bagian dari suite Microsoft Office. Namun Microsoft OneNote juga merilis versi aplikasi Windows 10 UWP-App (Universal Windows Platform).

OneNote juga memiliki fitur colaboration yang memungkinkan beberapa orang untuk berkolaborasi pada catatan yang sama secara real-time.

Secara umum, Microsoft OneNote memberikan solusi yang mudah digunakan dan fleksibel untuk mengelola informasi dan catatan digital.

Fitur Utama Microsoft OneNote

Di bawah ini terdapat fitur utama dari Microsoft OneNote, sebagai berikut:

  1. Interface halaman catatan: memberikan ruang bebas yang fleksibel untuk menulis, menambahkan gambar, dan audio atau video recording.
  2. Pengaturan halaman: memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengelompokkan halaman catatan pengguna berdasarkan topik atau proyek tertentu.
  3. Kolaborasi: fitur kolaborasi real-time memungkinkan beberapa orang untuk bekerja pada halaman catatan yang sama, membuat OneNote pilihan yang baik untuk proyek tim.
  4. Integrasi Microsoft Office: OneNote memiliki integrasi dengan aplikasi Microsoft Office lainnya, memungkinkan pengguna untuk menambahkan dan menyertakan file dari aplikasi lain ke dalam catatan pengguna.
  5. Tag: dapat memungkinkan pengguna untuk menandai dan mengelompokkan catatan berdasarkan kategori tertentu.
  6. Pemindaian dokumen: memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen dan memasukkannya sebagai gambar dalam catatan pengguna.
  7. Fitur pencarian kuat: memudahkan pengguna untuk menemukan catatan tertentu dengan cepat.
  8. Ink: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggambar secara bebas, baik itu dengan menggunakan jari atau stylus
  9. Keamanan: memungkinkan pengguna untuk menambahkan password pada catatan pengguna untuk memastikan keamanan informasi yang mereka simpan.
  10. Aksesibilitas: OneNote menyediakan fitur aksesibilitas seperti pembaca layar dan ukuran teks yang dapat diubah untuk memudahkan pengguna dengan kebutuhan khusus.
  11. Mix media: Di dalam Microsoft OneNote, kamu bisa memasukkan gambar, video, dan juga audio. Kamu hanya cukup klik tombol mic, dan OneNote akan mentransipkan suara kamu menjadi teks secara otomatis.

Fungsi Micorsoft OneNote

Berikut beberapa fungsi dari Microsoft OneNote, yaitu:

Microsoft OneNote memiliki banyak fitur lengkap yang pastinya akan membantu mempermudah pekerjaan pengguna nya. Selain itu, kamu juga bisa membuat tabel, memasukkan gambar, link website, dan audio.

Software ini biasanya digunakan untuk keperluaan seperti di bawah ini:

  1. Menulis daftar kegiatan harian
  2. Menulis Quick Notes
  3. Mencatat ide
  4. Mencatat daftar belanja
  5. Membuat resep
  6. dan sebagainya

Manfaat Microsoft OneNote

Di bawah ini terdapat manfaat dari Microsoft OneNote yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Mengatur File dengan Rapi

Microsoft OneNote membantu pengguna untuk mengelola file dan informasi pengguna dengan rapi dan teratur.

Dengan fitur penambahan file beragam seperti powerpoint, word, excel, audio, gambar, video, dan link website, pengguna dapat menyimpan semua catatan penting pengguna dalam satu Notebook digital.

Ini memastikan bahwa file tidak tercampur dengan yang lain dan mudah ditemukan ketika dibutuhkan.

2. Bisa Berkolaborasi

Microsoft OneNote memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk bekerja bersama dengan teman kerja atau rekan sekolah.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi tugas proyek atau kerjaan dengan teman mereka secara online melalui sistem cloud.

Ini membuat bekerja sama dengan teman lebih mudah dan efisien, tanpa harus bertatap muka.

3. Didukung Beberapa Device

Dan paling menariknya dari software ini ialah sangat fleksibel, yang artinya kamu tidak harus menggunakan PC atau laptop untuk membuka aplikasi ini.

Microsoft OneNote sendiri bisa digunakan di beberapa platform, seperti Android, iOS, atau Windows Phone.

Dengan begitu, kamu bisa membukanya dimana saja, dan tentunya akan lebih bagus jika microsoft OneNote ini disinkronkan dengan internet.

Cara Menggunakan Microsoft OneNote

Berikut beberapa cara menggunakan Microsoft OneNote yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Downlod atau instal aplikasi Microsoft OneNote pada perangkat kamu (PC, laptop, atau mobile device).
  2. Masuk ke akun Microsoft, namun kamu jika kamu belum memilikinya kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
  3. Setelah masuk, buat sebuah Notebook baru atau pilih salah satu yang sudah tersedia.
  4. Buat halaman baru untuk setiap topik catatan yang berbeda.
  5. Tambahkan catatan, gambar, audio, video, atau elemen lain yang diperlukan dengan menggunakan tools yang tersedia.
  6. Gunakan fitur sinkronisasi dengan OneDrive untuk membuat catatan yang tersedia secara online dan dapat diakses dari perangkat lain.
  7. Gunakan fitur kolaborasi untuk bekerja sama dengan teman atau rekan kerja.
  8. Simpan dan cetak catatan jika diperlukan.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft OneNote

Banyak kelebihan yang bisa ddapatkan dari Microsoft OneNote ini, yang diantaranya terintegrasi dengan Microsoft Office, dapat berkolaborasi, sinkronisasi OneDrive dan lainnya.

Berikut penjelasan lebih detailnya tentang kelebihan dan kekurangan dari Microsoft OneNote:

Kelebihan Microsoft OneNote

Berikut kelebihan dari Microsoft OneNote:

  1. Dapat diintegrasikan dengan Microsoft Office. Dalam Microsoft OneNote, pengguna dapat menambahkan dokumen dari aplikasi Microsoft Office lain seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook.
  2. Kolaborasi mudah dilakukan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file tentang pekerjaan atau tugas dengan teman-teman. Ini memungkinkan kamu untuk bekerja secara bersama-sama dengan teman-teman tanpa perlu bertemu langsung.
  3. Dapat menambahkan berbagai elemen. Kelebihan dalam membuat catatan di Microsoft OneNote adalah pengguna dapat menambahkan gambar, tulisan tangan, catatan, audio, video, screenshot, grafik, dan elemen lainnya. Letak elemen dapat diletakkan pada bagian mana saja.
  4. Tersinkronisasi dengan OneDrive. Penggunaan OneNote pada versi Office 365 akan otomatis terhubung dengan OneDrive.

Kekurangan Microsoft OneNote

Jika dilihat dari kelebihannya serta fungsi dan fitur yang disediakan oleh Microsoft OneNote ini, hampir tidak ada kekurangan yang dimilikinya.

Karena dengan banyaknya keuntungan yang bisa pengguna dapatkan tersebut, dapat menutupi beberapa kekurangan yang ada.

Kesimpulan

Microsoft OneNote adalah aplikasi catatan digital yang memungkinkan pengguna untuk membuat, menyimpan, dan berbagi catatan dengan mudah.

Demikian artikel tentang pengertian Microsoft OneNote, kelebihan dan kekurangannya, semoga informasi di atas dapat bermafaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.