Link Download Adobe Premiere Pro 2023, Fitur Lengkap

nafa cahyani

Link Download Adobe Premiere Pro 2023, Fitur Lengkap

Rancakmedia.com – Banyak sekali editor video yang mencari link download Adobe Premiere Pro, sebab software ini memiliki keunggulan yang lebih menarik dari software editing foto ataupun video lainnya.

Jika kamu ingin editing perfilman, short movie, ataupun cinematic dengan Adobe Premiere Pro bisa kamu jadikan solusi yang baik untuk kamu gunakan.

Walaupun Adobe Premiere Pro berbayar, fitur yang disediakan pun memang sangat menarik dan tidak membuat kamu cepat bosan. Perangkat lunak ini memang dibilang cukup mudah untuk digunakan, baik itu untuk editor video profesional ataupun pemula yang baru memulai dalam dunia pengeditan.

Adobe Premiere Pro telah mengalami perkembangan versi dari tahun ke tahun, yang pastinya memberikan fasilitas editing unggulan terbaik.

Software ini termasuk masih berkaitan dengan Adobe CC atau Creative Cloud, dengan memberikan berbagai kelebihan fitur fantastis untuk memaksimalkan kebutuhan editing pengguna.

Apa Itu Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah software pengeditan video profesional, salah satu yang terbaik di antara software lainnya.

Adobe Premiere Pro yaitu perangkat lunak penyunting video yang dikhususkan untuk membuat rangkaian gambar, audio, dan video.

Premier Pro adalah rilisan baru dan dijadikan sebagai penerus ulang dari Adobe Premiere yang telah diluncurkan sejak tahun 2003.

Adobe Premiere Pro adalah program editing ataupun penyunting video dengan basis non linear (non-linear editor / NLE) yang dikembangkan oleh Adobe Systems.

Software editing video ini banyak digunakan oleh rumah produksi video, media televisi, iklan, broadcasting dan perusahaan konten video.

Dibandingkan dengan software editing lainnya, Adobe Premiere menjadi salah satu software edit video yang mudah dipahami dari antarmuka dan fiturnya.

Adobe Premiere Pro bisa bekerja sama dengan software multimedia lainnya seperti After Effects untuk menciptakan banyak efek, Adobe Photoshop, serta program utilitas lainnya.

Adobe Premiere Pro yaitu program pengolah video pilihan bagi para profesional, sebab software ini digunakan oleh perusahaan pembuatan film, pertelevisian, dan lain sebagainya.

Fitur Adobe Premiere Pro

Di bawah ini terdapat fitur dari Adobe Premiere Pro, sebagai berikut:

1. Color Grading

Salah satu fitur unggulan dari Adobe Premiere Pro yang sangat membantu dalam proses penyuntingan adalah Color Grading.

Dengan menggunakan HRD color range dengan color space REC-2100, color grading ini pun menjadi lebih vibrant dan juga dinamis.

Spesifikasi color grading ini pun menjadi standar untuk video yang ditampilkan dengan melalui broadcast di televisi.

2. Scene Edit Detection

Dengan scene edit detection ini akan mampu membuat kamu untuk mengedit cuplikan video secara otomatis.

Dengan pengoprasian yang sangat sederhana, kamu hanya perlu klik kanan di klip video, pilih Scene Edit Detection, lalu pilih apakah ingin klip langsung dipotong atau diberi penanda saja.

Fitur scene edit detection ini juga bisa menjadi semacam mata baru, untuk memberi rekomendasi pada bagian yang menurut Premiere Pro pas untuk di cut.

3. Audio Asset atau Adobe Stock Audio

Adobe Stock Studio adalah library yang isinya adalah aset audio yang free royalty serta bisa digunakan untuk pembuatan video apapun itu.

Salah satu kelebihan dari library audio Adobe Premiere Pro ini ialah bisa dengan mudah memfilter lagu berdasarkan mood, durasi, tempo yang diinginkan, serta juga genre.

Dan menariknya ada fitur timeline sync yang bisa membantu kamu untuk melihat apakah track yang dipilih itu sudah sesuai dengan hasil video yang dibuat.

4. Adobe Premiere Pro Production

Fitur yang terakhir adalah Adebe Premiere Pro Production, fitur ini akan ada semacam hub untuk kolaborasi.

Dengan production, workflow juga akan lebih enak serta pekerjaan yang mengharuskan adanya kolaborasi pun akan jadi lebih mudah untuk dikerjakan.

Dan kamu juga bisa mengumpulkan file XML, UMF, AAF, ataupun EDLsebagai metadata di dalam video yang dikolaborasikan.

Fungsi Adobe Premiere Pro

Adapun beberapa fungsi dari Adobe Premiere Pro, sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kreativitas editing
  2. Membuat dan melakukan editing video
  3. Untuk membuat video promosi
  4. Buat proyek video pernikahan
  5. Membuat proyek musik dan video
  6. Membuat film dan dokumentasi

Komponan Adobe Premiere Pro

Perlu kamu ketahui bahwa Adobe Premiere Pro ini memiliki komponen yang menarik, yaitu:

1. Project Window

Project Window adalah tempat untuk mengumpulkan dan menyimpan clip atau footage berupa file seperti gambar, video, serta audio yang akan diedit dan juga teks yang akan dibuat didalam proses pengeditan berikutnya.

Para Project Window, di dalam pengaturan dasar terdapat Tab Effect. Tab Effect adalah sebuah tab yang berisikan beberapa efek yang bisa digunakan untuk video, audio, serta transisi.

2. Monitor Window

Pada umumnya Monitor Window terbagi ke dalam Source Monitor yang berada di sebelah kiri serta Squence Moitor yang berada di sebelah kanan.

Fungsi dari Source Monitor ini adalah untuk memotong bagian tertentu dari sebuah clip yang selanjutnya digunakan di dalam timeline.

Sementara itu, Sequence Monitor ini memiliki fungsi untuk menampilkan hasil editing yang digunakan pada Timeline Window.

3. Timeline Window

Timeline Window adalah tempat untuk melakukan penempatan serta juga penyusunan clip atau footage baik itu gambar, video, ataupun audio.

Format waktu di dalam penyusunan clip atau footage di aplikasi Adobe Premiere menggunakan format SMPTE atau Society of Motion Picture and Television Engineers.

Format SMPTE ini menggunakan satuan waktu seperti jam:menit:detik:frame. Contohya yaitu seperti 00:24:08:03 maka format tersebut dapat dibaca seperti menit ke 24, detik ke 8, dan frame ke 3.

Dengan menggunakan format ini, kamu bisa lebih mudah mengetahui posisi yang sedag ditampilkan.

4. Tools Window

Tool Window adalah suatu jendela yang meliputi perangkat atau peralatan yang bisa digunakan dalam proses penyuntingan atau pengeditan.

Tools di dalam perangkat lunak Adobe Premiere antara lain seperti Selection Tool, Track Selection Tool, Ripple Edit Tool, Rolling Edit Tool, Rate Stretch Tool, Razor Tool, Slip Tool, Slide Tool, Pen Tool, Hand Tool, dan Zoom Tool.

Link Download Adobe Premiere Pro

Di bawah ini rancakmedia.com sudah menyediakan link download Adobe Premiere Pro yang bisa kamu unduh dengan mudah dan cepat:

Nama AplikasiAdobe Premiere Pro
Pertama Rilis23 September 2003
Rilis Stabil hingga UpdateCC 2020 versi 14.6 (20 Oktober 2020)
Dukungan OSWindows 64 bit dan Mac OS
TipePenyunting Video
DeveloperAdobe System
Downloadadobe.com/products/premiere.html

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Di bawah ini kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan dari Adobe Premiere Pro, sebagai berikut:

Kelebihan Adobe Premiere Pro

Berikut kelebihan dari Adobe Premiere Pro:

  1. Mudah untuk dioperasikan, perangkat lunak ini mudah dioperasikan karena pengenalan fitur dan layout interface yang mudah disesuaikan
  2. Tersedia fasilitas efek, efek yang bisa digunakan dalam software ini adalah fasilitas sound effects dan video effects
  3. Kemampuan timeline dalam memasukkan video dan audio ke dalam banyak kolom
  4. Kemampuan membaca berbagai format video yang akan dijadikan proyek editing
  5. Premier Pro mendukung pembuatan video VR (Virtual Reality), yaitu 360 derejat
  6. Komprehensif, dalam berkolaborasi dengan software Adobe lainnya, seperti kombinasi efek animasi dari After Effects
  7. Bisa menggabungkan banyak efek yang telah disiapkan, untuk membuat tampilan video lebih kreatif dan komunikatif

Kekurangan Adobe Premiere Pro

Berikut kekurangan dari Adobe Premiere Pro:

  1. Ukuran software yang cukup besar, karena hanya mendukung sistem operasi bertipe 64 bit
  2. Tidak hemat penyediaan hardisk, karena Premiere Pro CC mempunyai space yang besar
  3. Kurangnya spesifikasi komputer akan membuat menumpuknya crash
  4. Kelemahan dalam penambahan keyword tagging, karena hanya terbatas
  5. Membutuhkan spesifikasi komputer yang kuat (medium-high-end)

Kesimpulan

Adobe Premiere Pro adalah program editing ataupun penyunting video dengan basis non linear (non-linear editor / NLE) yang dikembangkan oleh Adobe Systems.

Demikian informasi tentang link download Adobe Premiere Pro 2023, fitur lengkap. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.