Pengertian Adobe Illustrator, Fitur dan Harga Terbaru

Rancakmedia.com – Bagi kamu yang belum mengetahui tentang pengertian Adobe Illustrator, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membahasnya pada arikel yang kami sediakan di bawah ini.

Pada dasarnya Adobe Illustrator memang biasa digunakan sebagai software andalan oleh kalangan tertentu saja, maka tidak heran jika kehadirannya tidak sepopuler Adobe Photoshop, walaupun sama-sama luncuran dari Adobe.

Seperti yang semua tahu bahwa Adobe tidak perna mengecewakan penggunanya, sebab selalu memberikan fitur dan kecanggihan yang terbaik, termasuk juga dengan Adobe Illustrator.

Software Illustrator menjadi pengolah desain grafis yang diklaim memiliki fitur yang cukup lengkap untuk menciptakan projek unggulan.

Pengertian Adobe Illustrator

Walaupun performanya telah di akui, namun tidak bisa dipungkiri jika masih banyak yang belum mengetahui apa pengertian Adobe Illustrator.

Sejarah dari Adobe Illustrator

Sebelum kamu mengetahui pengertian Adobe Illustrator, kamu perlu mengetahui sejarah dari Illustrator terlebih dahulu.

Setiap versi Illustrator mempunyai fitur baru yang tidak akan bisa didapatkan pada versi sebelumnya.

Oleh karena itu, bila user ingin menggunakan Illustrator dengan lengkap, kamu harus menginstall versi AI terbaru dan juga terupdate.

Adobe mulai mengembangkan Illustrator pada tahun 1985, namun baru resmi dirilis pada Januar 1987. Adobe mulai didesain dan diprogram pada tahun 1986 yang merupakan pasangan dari Photoshop.

Pada tahun 1988, Illustrator resmi merilis versi 1.7 yang dirilis sebagai illustrator 88, yang awalnya diperkenalkan dengan peralatan dan fitur lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Pada tahun 1989, Illustrator 88 diangkat oleh Byte sebagai pemenang Byte Awward, karena diklaom lebih baik dari lawannya Aldus FreeHand.

Pada tahun 1990, Adobe resmi merilis Illustrator untuk platform NeXR, Silicon Graphics, dan Sun Solaris, namun anjlok penerimaan pasarnya.

Dirilisnya Illustrator sejak versi 1 hingga versi 5 masih dalam masa pemantauan, karena pihak Adobe yang belum konsisten untuk fokus pada platform apa. Adobe baru bisa konsisten terhadap pilihan platform mulai pada versi ke 7.

GUI Interface mulai menata kembali serta disesuaikan ulang, untuk mencapai konsistensi yang sudah menjadi dua yaitu antara platform Mac dan Windows.

Di bawah ini terdapat sejarah rilisnya Adobe Illustrator berdasarkan dengan versinya, yaitu mulai dari tahun 1996 hingga versi Win 95 yang mungkin masih bisa diintsall pada sistem operasai Windows terupdate saat ini:

VersiPlatformTahun Rilis
5.1Windows1996
6Mac1996
7Mac/WindowsMei 1997
8Mac/WindowsSeptember 1998
9Mac/WindowsJuni 2000
10Mac/WindowsNovember 2001
CS (11)Mac/WindowsOktober 2003
CS2 (12, 12.0.1)Mac/WindowsApril 2005
CS3 (13)Mac/WindowsApril 2007
CS4 (14)Mac/WindowsOktober 2008
CS5 (15, 15.0.1, 15.0.2)Mac/WindowsMei 2010
CS6 (16, 16.0.2)Mac/WindowsMei 2012
CC (17)Mac/WindowsJuni 2013
CC (17.1)Mac/WindowsJanuari 2014
CC 2014 (18.0)Mac/WindowsJuni 2014
CC 2014 (18.1)Mac/WindowsOktober 2014
CC 2015 (19.0.0)Mac/WindowsJuni 2015
CC 2015 1 (19.1.0)Mac/WindowsJuli 2015
CC 2015 2 (19.2.0)Mac/WindowsNovember 2015
CC 2015 3 (20.0)Mac/WindowsJuni 2016
CC 2015 3.1 (20.1)Mac/WindowsAgustus 2016
CC 2017 (21.0.0)Mac/WindowsNovember 2016
CC 2018 (22.0.0)Mac/WindowsOktober 2017
CC 2018 (22.1.0)Mac/WindowsMaret 2018
CC 2019 (23.0.0)Mac/WindowsOktober 2018
2019 (23.0.2)Mac/WindowsFebruari 2019
2019 (23.1.0)Mac/WindowsSeptember 2019
2020 (24.0)Mac/WindowsOktober 2019

Pengertian Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan perangkat lunak grafis berbasis vektor, yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems.

Sejarah dari Adobe Illustrator

Seiring berjalannya tahun, Adobe Illustrator telah mengalami perkembangan versi, Illustrator CC merupakan versi terkini dari generasi kedua puluh untuk produk Illustrator.

Software ini dipergunakan untuk menggambar karya dalam bentuk digital ilustrasi dengan hasil yang sangat maksimal.

Beberapa karya digital yang bisa dihasilkan dari aplikasi ini yaitu seperti Logo, Ikon, desain produk, ilustrasi, desain iklan di billboard, desain konten media, dan sebagainya.

Situs resmi Adobe memberikan penjelasan mengenai grafis, dengan melalui sotware ini yang mana menghasilkan bentuk vektor.

Vektor sendiri mempunyai keunggilan terbaik bagi gambar yang didesain karena tipa gambar yang tidak pecah saat di perbesar.

Oleh karena itu, software Adobe Illustrator sangat disenangi oleh para creator digital dalam menjalankan bisnis desain dan multimedia.

Fitur Menarik dari Adobe Illustrator

Fitur utama dari Adobe Illustrator terlihat dari tampilan sisi kiri dan kanan yang disebut dengan Panel Tools.

Pada panel tool telah disediakan beberapa icon atau alat untuk menyeleksi, mengcreate, dan mambuat manipulasi objek pada papan dokumen atau Artboard.

Namun pengguna harus mengetahui apa saja nama alat dan kegunaan dari fitur yang disediakan tersebut. Berikut beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, yaitu:

1. Layers Palette

Layes adalah palet dasar yang selalui ditemukan pada pengguna, sebab pada bagian layer selalu diterapkan pada software adobe system pada aplikasi pengolah gambar, salah satunya Photoshop.

Pada Adobe Illustrator, layer juga menjadi tool penting dalam pembentukan suatu objek desain. Layer Pallete juga akan mengatur informasi daftar atau lapisan objek pada Artboad atau papan lembar kerja.

Layers Palette

2. Toolbox atau Panel Tools

Panel Tools merupakan fitur yang paling sering digunakan pada AI, karena pada Toolbox terdapat berbagai fungsi menu untuk membuat ragam objek di dokumen Illustrator.

Toolbox ini terletak pada tampilan di sebelah kiri, dengan jumlah icon tools yang tersedia lebih dari 50 tools.

Diantaranya seperti, Selection Tool (V), Magic Wand Tool (Y), Lasso Tool (Q), Direct Selection Tool (A) dan lainnya.

3. Color Palette

Fitur color palette dimanfaatkan untuk membuat pewarnaan dengan menentukan isi warna (Fill) dan garis (Stroke).

Di dalam color palette ini akan ditampilkan beragam parameter warna dari tipe pewarnaan RGB ataupun CMYK.

4. Transparency Palette

Transparency Palette adalah bagian alat yang dimanfaatkan untuk mengatur tingkat opacity pada objek yang dibuat.

Palet transparansi pada fitur terbaru Adobe Illustrator akan seakin ditingkatkan dengan menyediakan penggeser objek atau lapisan.

Pada palet ini juga menyediakan kontrol Opacity Mask baru dengan nilai luminansi warna isian objek untuk mengcovert objek dasarnya.

5. Stroke Palette

Pada bagian ini Stroke Palette ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat garis luar objek atau disebut dengan outline.

Tools ini menyediakan pengaturan ketebalan garis pada objek vektor, yang bisa di atur sesuai dengan keinginan pengguna.

6. Gradient Pallete

Gradient Pallete akan membantu para pengguna dalam mengatur posisi gradasi warna pada sebuah objek vektor yang dipilih.

Warna default dari gradasi adalah hitam dan putih, kemudia bisa disesuaikan dengan berbagai warna yang diambil untuk pewarnaan objek.

Gradient Pallete

Fungsi serta Manfaat dari Adobe Illustrator

Dalam pandangan desainer grafis, Adobe Illustrator biasanya digunakan untuk membuat berbagai gambar digital dan juga dijadikan sebagai media cetak.

Fungsi unggulan dari software Illustrator adalah mendesain atau menggambar dalam bentuk vektor.

Selain itu Adobe Illustrator juga bisa digunakan untuk membuat tracing pada objek foto, mewarnai ulang objek hingga membuat tampilan foto menjadi sketsa.

Selain untuk menggambar ilustrasi, perangkat lunak ini juga memungkinkan untuk memanipulasi teks dan membuat desain multimedia.

Pengguna Illustrator juga akan didukung untuk membuat dan merancang desain mock up sebagai template icon ataupun bentuk desain untuk ditampilkan dalam aplikasi ataupun situs web.

Dari segi kualitas image vektor yang dimiliki, maka secara tidak langsung software ini mempunyai kegunaan untuk menciptakan hasil karya yang bagus dalam segi kualitas gambar.

Fungsi dan kegunaan dari software AI ini sangat variatif, tergantung dengan basic dan kemampuan explorasi dari pengguna ingin mengolah gambar desainnya menjadi seperti apa.

Secara rinci, beberapa karya desain multimedia yang dihasilkan dari Adobe Illustrator adalah:

  1. Desain foto jadi kartun
  2. Logo
  3. Watermark
  4. Desain konten media
  5. Desain ilustrasi
  6. Desain aplikasi
  7. Billboard, spanduk dan banner
  8. Desain icon
  9. Desain tabel, diagram dan grafik

Dari sekian banyak karya yang bisa di desain dengan menggunakan Adobe Illustrator adalah pekerjaan desainer yang sangat menguntungkan jika dihubungkan kedalam bentuk komersial ataupun usaha.

Fungsi serta Manfaat dari Adobe Illustrator

Karena saat ini Adobe Illustrator sering digunakan perusahaan media untuk menyuguhi keinginan klien dalam keperluan desain, seperti iklan produk, politik, perusahaan jasa media, desain admin sosial media, dan lainnya.

Harga Adobe Illustrator

Nah meskipun memiliki beragam fitur, Adobe Illustrator merupakan aplikasi yang tidak bisa kamu gunakan secara cuma-cuma alias gratis.

Kamu perlu membayar sejumlah biaya langganan untuk menikmati fitur dan tools nya secara legaal. Berdasarkan informasi dalam situs resmi Adobe, pilihan skema langganan itu diantaranya:

Aplikasi Adobe Illustrator Rp. 283.300 per bulan
Akses ke semua aplikasi Adobe Rp. 715.100 per bulan

Tombol kembali ke atas