Tips Memperkuat Sinyal WiFi Agar Selalu Stabil

nafa cahyani

Tips Memperkuat Sinyal WiFi Agar Selalu Stabil

Rancakmedia.com – Bagi kamu pengguna WiFi yang memiliki jaringan yang lemot, kamu bisa menggunakan tips memperkuat sinyal WiFi yang kami berikan di bawah ini untuk memperkuat sinyal WiFi kamu.

Teknologi hadir dengan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia, hampir bisa dipastikan bahwa setiap orang kini bergantung dengan teknologi.

Internet menjadi salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya.

Penyebab Sinyal WiFi Lemot

Untuk mengakses internet, peralatan yang diperlukan adalah perangkat yang bisa mentransfer data tanpa kabel, yang dikenal sebagai WiFi.

Adapun beberapa peralatan teknologi yang bisa menggunakan WiFi di antaranya ialah Komputer, Smartphone, Tablet, dan pemutar radio digital.

Peralatan teknologi ini mampu terhubung dengan sumber jaringan internet dengan melalui jaringan nirkabel. Dengan melalui WiFi, setiap orang akan lebih mudah dan cepat mengakses jaringan internet.

Namun sudah tidak jarang, terkadang jaringan WiFi ini sering mengalami kendala atau koneksi yang digunakan sangat lambat.

Untuk itu kamu memerlukan tips memperkuat sinyal WiFi agar dapat menggunakan jaringan internet yang stabil.

Penyebab Sinyal WiFi Lemot

Sebelum kamu mengetahui tips memperkuat sinyal WiFi, kamu juga perlu mengetahui penyebab dari sinyal WiFi yang lemot, sebagai berikut:

1. Posisi Router yang Salah

Salah satu pemicu terjadnya sinyal WiFi yang lemot ialah posisi router yang tidak sesuai atau bermasalah.

Karena router tidak boleh ditaruh sembarangan seperti di ruangan tertutup, lantai, dalam ruangan tertutup dan dengan dengan barang elektronik lainnya.

Penempatan router yang tidak sesuai tersebut akan bisa menyebabkan jaringan WiFi yang kamu gunakan menjadi lambat.

2. Kabel LAN Terputus

Penyebab kedua sinyal WiFi lemot ialah kabel LAN terputus. Jadi sebelum menggunakan jaringan WiFi, usahakan untuk periksa terlebih dahulu kondisi kabel LAN.

Pastikan kabel LAN sudah terpasang dengan baik, hingga tidak akan ada lagi gangguan kekuatan sinyal WiFi yang diterima.

Kabel LAN Terputus

3. Terlalu Banyak Pengguna WiFi

Salah satu penyebab WiFi lambat yang paling umum sering terjadi adalah terlalu banyak penguna yang menggunakan WiFi.

Kondiri ini sangat berpengaruh kepada kecepatan internet. Di beberapa tempat yang sering menjadikan jaringan WiFi lambat ialah seperti di tempat umum, restoran, hingga pusat perbelanjaan.

Tips Memperkuat Sinyal WiFi Terampuh

WiFi meskipun merupakan teknologi yang populer, namun tidak selalu memberikan kinerja yang sempurna.

Pengguna sering mengalami masalah seperti koneksi internet yang lambat, sinyal yang lemah, atau sinyal yang tidak merata di ruangan yang berbeda.

Berikut tips memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu lakukan di rumah, yaitu:

1. Update Radio Terbaru

Radio yang di maksud bukanlah alat elektronik penghasil informasi, namun konektivitas firmware pada perangkan yang kamu gunakan.

Setiap kamu melakukan update firmware baru akan memperbaiki jaringan internet kamu. Salah satu dari perbaikan yang bisa kamu lakukan ialah perbaikan radio atau lebih dikenal dengan baseband.

Baseband ini adalah struktur koneksi nirkabel pada perangkat kamu seperti WiFi, data dan sebagainya. Kamu juga bisa melakukan update radio yang sesuai dengan perangkat kamu dan menggunakan tools yang resmi.

2. Ubah Pengaturan Frekuensi WiFi menjadi 5 GHz

Pada perangkat WiFi Android keluaran lama, biasanya frekuensi WiFi hanya berada pada 2.4 GHz saja.

Namun saat ini sudah banyak yang bisa menerima sinyal pada frekuensi yang lebih tinggi, yaitu 5 GHz.

Yang memiliki arti spektrum sinyal yang ditransmisikan akan lebih bervariatis. Untuk itu pastikan bahwa modem WiFi kamu juga menggunakan frekuensi yang setara.

Jika kurang begitu yaking maka ikutilah petujuk seperti: Settings -> Wi-Fi -> Advanced -> WiFi frequency band -> Pilih Auto.

Ubah Pengaturan Frekuensi WiFi menjadi 5 GHz

Selanjutnya, pada perangkat Android kamu akan secara otomatis menggunakan frekuensi 5 GHz jika terdapat modem dengan frekuensi yang sekelas.

3. Mengubah Pengaturan Dasar

Pengaturan dasar pada perangka Android hanya cukup mempengaruhi konektivitas WiFi dan daya baterai yang digunakan saja.

Kamu bisa menghindari koneksi WiFi yang buruk dengan cara masuk ke Settings -> WiFi -> Advanced -> Periksa avoid poor connection -> Cklis.

Dengan begitu maka smartphone kamu akan mencari konektivitas WiFi yang tersedia secara otomatis.

4. Ganti Channel WiFi

Sinyal WiFi dalam proses transmisinya menggunakan saluran. Saluran ini memiliki tujuan supaya meminimalisir gangguan antara jaringan Wireless satu dengan jaringan Wireless lainnya.

Setiap Wireless modem atau router, pasti menggunakan sebuah channel. Contohnya pada sinyal WiFi yang memiliki frekuensinya 2.4 GHz, terdapat 14 channel yang bisa dipakai.

Salah satu tips memperkuat sinyal WiFi ialah dengan mengatur modem atau router Wireless kamu untuk menggunakan channel yang tidak digunakan oleh perangkat lain pada lingkungan kamu.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Android bernama WiFi Analyzer. Jika channel sudah penuh, maka usahakan untuk kamu menggunakan channel yang sepi (tidak banyak digunakan).

Untuk cara merubah channel WiFi, kamu bisa melakukannya pada halaman konfigurasi modem.

5. Pakai Custom Kernel

Jika ponsel kamu memiliki custom kernel, kamu bisa menggunakannya supaya penerimaan sinyal pada WiFi untuk ponsel kamu bisa maksimal.

Kamu bisa menemukan custom firmware untuk perangkat kamu pada forum XDA, custom kernel ini mempunyai banyak perbaikan, dan memiliki tweak untuk meningkatkan sinyal WiFi, sinyal ponsel, dan lainnya.

6. Pastikan Firmware Android Menggunakan Versi Terbaru

Sistem iperasi Android yang bekerja seperti sebuah komputer, yang dimana perangkat keras atau hardware harus dioperasikan dengan software atau driver yang sesuai supaya bisaa bekerja dengan baik.

Pastikaan Firmware Android Menggunakan Versi Terbaru

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memastikan firmware Android pada perangkat kamu dan selalu diperbarui ke versi terbaru untuk kinerja yang maksimal.

7. Cek Case HandPhone

Kamu juga bisa melakukan percobaan dengan speedtest.net, percobaan pertama lakukan dengan menggunakan case. Sedangkan percobaan kedua lakukan tanpa menggunakan case.

Setelah itu, coba bandingkan hasilnya apakah lebih baik atau lebih buruk. Pada umumnya, antena WiFi pada perangkat Android berada di belakang atau di bagian sisi.

8. Jauhkan dari Perangkat Elektronik Lain

Jenis perangkat elektronik lain seperi microwave juga dapat menjadi penyebab jaringan WiFi kamu lemah dan lamvbat pada saat digunakan.

Maka kamu harus menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Selain itu juga bisa menggunakan router dual band supaya bisa memindahkan frekuensinya dengan mudah.

9. Tingkatkan Daya atau Power Transmisi WiFi

Tips memperkuat sinyal WiFi selanjutnya ialah dengan mengatur WiFi transmission powernya, kamu bisa menggunakan pada semua modem atau router WiFi yang pasti memiliki pengaturan tersebut.

Pengaturan fungsi ini ialah untuk mengatur seberapa kuat sebuah modem atau router WiFi melakukan transmisi sinyal nirkabel.

Jika kamu pengguna modem Indihome, kamu bisa meningkatkan power transmisi jaringan WiFi dengan langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka halaman konfigurasi 192.168.1.1
  2. Kemudian masukkan username: admin dan password: admin
  3. Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman Network -> WiFi control
  4. Lalu ubah WiFi Power Control dari 100% ke 200% maka tenaga transmisi sinyal WiFi akan lebih kuat 2 kali lipat

10. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Pada aplikasi google play store ada banya sekali aplikasi penguat sinyal yang bisa kamu gunakan.

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Namun, dari sekian banyaknya aplikasi penguat sinyal Android, pastinya kamu akan merasa sulit untuk menentukan mana aplikasi penguat sinyal yang bagus.

Jadi kamu bisa cek aplikasi penguat sinyal WiFi yang sudah kami sediakan pada artikel sebelumnya, atau untuk mempermudah kamu bisa klik disini.

Cara untuk Stabilkan Jaringan Internet

Berikut cara untuk menstabilkan jaringan internet yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Periksa Situs Halaman yang Kamu Kunjungi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menstabilkan jaringan internet adalah dengan memeriksi situs halaman yang kamu kunjungi.

Seringkali situs yang kamu kunjungi akan menyimpan cookies, cache dan juga history yang berisikan segala informasi tentang halaman situs yang kamu kunjungi.

Dengan membersihkan aplikasi browser yang kamu gunakan secara berkala, dapat meminimalisir terjadinya koneksi internet yang tidak stabil.

2. Hindari Buka Banyak Tab pada Browser

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan cara tidak membuka tab pada aplikasi browser terlalu banyak.

Hal lain yang berpengaruh membuat jaringan internet kamu lambat ialah lupa close atau menutup browser terlalu banyak dan sering.

Dengan banyaknya tab yang dibuka secara bersamaan, akan berpengaruh terhadap kinerja perangkat gadget kamu.

Dan akan lebih baik untuk membuka tab yang diperlukan saja dan menutupya jika sudah tidak digunakan lagi.

3. Update Program Anti Virus yang Ada Pada Gadget

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan untuk menstabilkan jaringan internet adalah dengan memeriksa program anti virus yang ada pada gadget kamu.

Update Program Anti Virus yang Ada Pada Gadget

Sering kali browser yang kamu pakai ketika membuka situs terkena virus yang bisa mempengaruhi koneksi jaringan pada gadget kamu.

Jadi, jika kamu mengalami permasalahan dalam koneksi internet, pastikan untuk memeriksa program anti virus yang ada pada gadget kamu.

Jika kamu belum mengupdate program anti virus kamu, itu akan menjadi salah satu pengaruh kendalam pada internet kamu yang tidak stabil.

4. Hubungi Call Center dari Layanan Internet

Terakhir, kamu bisa menstabilkan jaringan internet kamu dengan mengecek keadaan kondisi internet kamu dengan menggunakan teknisi dari layanan internet yang kamu gunakan.

Jadi, jika dengan menggunakan langkah yang kami sediakan di atas tidak berubah apapun, kamu bisa menghubungi call center untuk menanyakan permasalahan jaringan tersebut.

Kesimpulan

Internet menjadi salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya.

Demikian informasi tentang tips memperkuat sinyal WiFi agar selalu stabil, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.