7 Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Online Paling Populer

nafa cahyani

7 Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Online Paling Populer

Rancakmedia.com – Rekomendasi aplikasi jual beli online sekarang ini memang banyak digunakan bagi semua kalangan. Selain dapat mempermudah sistem belanja, dengan menggunakan aplikasi jual beli online kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada membeli langsung ke toko offline.

Kehadiran toko online menjadikan siapa saja dengan mudah menjual maupun membeli barang tanpa harus keluar rumah, kamu hanya wajib memiliki gadget dengan internet yang stabil.

Namun, sebagian di antaranya masih ragu dengan keamanan dari aplikasi jual beli online, dengan begitu kamu bisa menggunakan rekomendasi aplikasi jual beli online yang rancakmedia.com sediakan di bawah ini.

Apa itu Aplikasi Jual Beli Online

Aplikasi jual beli online ialah aplikasi yang menyediakan platform untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa melalui internet.

Aplikasi ini dapat di akses melalui smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet. Pembeli dapat melihat produk yang dijual, membandingkan harga, dan melakukan pembelian dengan mudah.

Penjual juga bisa mengunpload produk yang ingin dijual, melakukan pengaturan harga dan menangani transaksi yang terjadi.

Aplikasi jual beli online juga menyediakan fitur yang memudahkan proses transaksi seperi keranjang belanja, pembayaran online, pengiriman dan pengembalian barang.

Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Online yang Aman

Jika kaamu masih ragu atau khawatir untuk menggunakan sistem jual beli online, kamu bisa mencoba menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi jual beli online yang telah kamii sediakan di bawah ini.

Semua aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yaang tidak diragukan lagi dan sangat dapat diandalkan, berikut beberapa aplikasi nya:

1. Tokopedia

Tokopedia adalah situs jual beli online yang sangat populer dan terpercaya di Indonesia karena memiliki metode pembayaran yang aman.

Pembeli akan mengirimkan uang ke rekening Tokopedia, lalu Tokopedia akan menginformasikan kepada penjual bahwa pembeli sudah membayar dan penjual akan mengirimkan produk yang dibeli.

Setelah produk di terima oleh pembeli, barulah uang yang pembeli kirim ke rekening Tokopedia akan diterima oleh penjual.

Fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia ialah urutan produk yang sesuai daftar atau list yang kamu inginkan, mulai dari terpopuler, termurah, termahal, dan sebagainya.

Selain itu kamu juga bisa membagikan atau share produk ke media sosial, hal ini yang akan mempermudah seseorang dalam berjualan atau membuka toko online di Tokopedia.

Fitur yang disediakan oleh Tokopedia:

  1. Jenis barang yang dijual di Tokopedia sangat beragam dan terdiri dari berbagai jenis kebutuhan. Juga tidak hanya barang baru, melainkan juga barang second
  2. Tokopedia memiliki jumlah penjualan barang yang cukup banyak, sehingga dapat menciptakan persaingan harga yang kompetitif dan menyebabkan Tokopedia menjadi salah satu marketplace dengan harga murah
  3. Selain menjadi pembeli, di Tokopedia juga bisa menjadi agen. Terutama karena keberadaan misi Tokopedia yang juga online to offline
  4. Memiliki beragam metode pembayaran
    Terdapat fitur pengembalian dana jika barang yang dipesan tidak sesuai
Nama AplikasiTokopedia
Versi3.202
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran Download43 MB
Dirilis tanggal9 Jun 2014
Diupdate pada11 Jan 2023
DeveloperTokopedia
DownloadKlik Disini

2. Lazada

Lazada sebagai platform jual beli online yang sangat selektif dalam memiliki penjual yang diizinkan untuk berjualan di platform tersebut.

Karena itu kamu tidak perlu khawatir akan terkena penipuan dari penjual yang ada di Lazada karena kamu dapat memiksa rekam jejak penjual saat melakukan transaksi.

Tidak hanya itu, pada tahun 2015 Lazada juga menerima suatu penghargaan dengan kategori Best Online Shop App.

Karena aplikasi Lazada memiliki sistem pembayaran yang aman dan bergaransi uang kembai jika produk yang dikirim kepada kamu tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Lazada juga merupakan aplikasi jual beli online yang terbesar di Asia Tenggara karena mencakup negara seperti Malaysia, Filiphina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Fitur Aplikasi Lazada

  1. Adanya fitur pengembalian uang jika barang yang kamu pesan tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah disebutkan
  2. Tersedianya beragam metode pembayaran, mulai dari transfer bank hingga jaringan ATM bersama
  3. Bebas ongkos kirim untuk barang dengan harga di atas Rp. 30.000
  4. Memiliki fitur bayar di tempat atau Cash on Delivery (COD)
Nama AplikasiLazada Indonesia App
Versi7.17.0
Perlu Android versi4.4 dan yang lebih tinggi
Ukuran Download41 MB
Dirilis tanggal8 Jun 2013
Diupdate pada28 Des 2022
DeveloperLazada Mobile
DownloadKlik Disini

3. Shopee

Rekomendasi jual beli online selanjutnya adalah aplikasi Shopee, aplikasi ini ini pertama diperkenalkan di Singapura dan cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang suka belanja online murah.

Aplikasi ini pernah mendatangkah girl band asal Korea Selatan yaitu Blackpink sebagai brand ambassador.

Tidak hanya popularitas dari brand ambassador yang bekerja sama dengan Shopee saja, Shopee juga dikenal dengan berbagai prodmo yang diluncurkannya, mulai dari flash sale, Shopee 12.12 hingga gratis ongkir transaksi online yang aman dengan adannya jaminan “Garansi Shopee”.

Dengan adanya jaminan tersebut, kamu tidak perlu khawatir jika barang yang kamu beli tidak kunjung datang atau melewati batas waktu yang telah ditentukan oleh sistem, karena dana yang telah kamu bayarkan akan langsung dikembalikan ke akun kamu.

Nama AplikasiShopee 12.12 Birthday Sale
Versi2.95.52
Perlu Android versi4.4 dan yang lebih tinggi
Ukuran Download80 MB
Dirilis tanggal4 Jun 2015
Diupdate pada21 Nov 2022
DeveloperShopee
DownloadKlik Disini

4. OLX

Dahulu OLX memiliki nama toko bagus yang merupakan salah satu situs jual beli online pertama di Indonesia namun setelah tahun 2014, berniaga bergabung dengan toko bagus dan mengubah nama brand jual beli online menjadi OLX.

OLX merupakan sebuah iklan baris yang menampilkan beragam produk dalam sebuah aplikasi Android atau iOS sehingga dapat mempermudah kamu dalam mencari produk yang kamu butuhkan.

Produk yang dijual bisa merupakan barang bekas atau barang baru, dan lengkap dari kebutuhan pribadi, kebutuhan rumah tangga ataupun kendaraan bermotor (sepeda, motor dan mobil).

Selain itu kamu dapat melakukan COD dengan penjual sebelum membeli untuk memastikan produk yang kamu inginkan.

Dan jika kamu hendal berjualan atau memasang iklan di OLX, kamu juga tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Fitur aplikasi OLX

  1. Fitur unggulan dari OLX ialah fitur COD (Cash on Delivery) yang memungkinkan kamu untuk bertemu langsung dengan jual dan pembeli, sehingga akan mengurangi resiko penipuan yang mungkin akan terjadi
  2. Jika kamu tidak melakukan pembelian melalui transfer, OLX ialah pilihan yang sangat aman dibandingkan dengan platform jual beli online lainnya
Nama AplikasiOLX - Jual beli online
Versi16.08.002
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran Download62 MB
Dirilis tanggal5 Nov 2012
Diupdate pada20 Des 2022
DeveloperOLX Global B.V.
DownloadKlik Disini

5. Carousell

Kamu bisa membeli produk dan segala kebutuhan lainnya melalui aplikasi jual beli online Carousell. Aplikasi ini menyedialan produk dengan harga yang murah sehingga sangat terjangkau untuk kamu gunakan.

Tidak hanya itu, Carousell juga menyediakan produk buatan Indonesia dan juga menyediakan produk import.

Jadi jika kamu membutuhkan produk import, kamu bisa melakukan pembelian di aplikasi jual beli onlin Carousell ini.

Dalam proses pembelian produk di Carousell, kamu bisa melakukan chatting dengan penjual. Dengan melakukan chatting kepada penjual, kamu bisa mendapatkan diskon untuk produk yang kamu inginkan.

Fitur aplikasi Carousell

  1. Carousell merupakan aplikasi jual beli paling bagus karena barang import
  2. Selain ada di Indonesia, aplikasi Carousell juga ada di Singapura, Malaysia, Philipina, Taiwan, Australia dan HongKong
Nama aplikasiCarousell: Jual Beli dalam App
Versi2.290.23.1139
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran Download35 MB
Dirilis tanggal15 Jan 2013
Diupdate pada8 Jan 2023
DeveloperCarousell
DownloadKlik Disini

6. TikTok Shop

Saat ini aplikasi TikTok sangat populer di semua kalangan, kini aplikasi TikTok juga memiliki toko online bernama TikTok Shop.

Kamu bisa menjual berbagai jenis barang, mulai dari pakaian, sepatu, makanan, alat elektronik dan lain sebagainya.

Penjual TikTok Shop juga bisa mempromosikan jualannya melalui live TikTok supaya semakin banyak kreator dan pengguna TikTok yang membelinya.

TikTok Shop sendiri mempunyai nilai unggul karena memberikan kemudahan dalam berbelanja, pengguna juga bisa membeli barang yang di promosikan sambil menonton video TikTok.

Aplikasi ini sangat memberi keuntungan bagi penggunanya, seperti ongkos kirim gratis dan potongan harga yang besar membuatnya semakin populer.

Nama aplikasiTikTok
VersiBervariasi berdasarkan perangkat
Perlu Android versiBervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran DownloadBervariasi berdasarkan perangkat
Dirilis tanggal7 Mei 2017
Diupdate pada13 Jan 2023
DeveloperTikTok Pte. Ltd.
DownloadKlik Disini

7. Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu aplikasi jual beli online yang menawarkan tampilan interface yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

Proses transaksi penjualan dan pembelian di Bukalapak juga sangat mudah dan tidak ribet. Kamu bisa menemukan dan membeli baragam produk yang kamu butuhkan dengan mudah di Bukalapak.

Sistem pembayaran di Bukalapak juga terpercaya dan aman, serta beragam dimana Bukalapak menyediakan rekenin bersama yang nantinya pembeli dan penjual tidak merasa dirugikan.

Jika kamu bisa mencairkan dana tersebut ke rekening pribadi kamu, jika transaksi tersebut telah sukses.

Kamu juga dapat menjadi agen Bukalapak yang dapat membantu menjualkan produk yang dijual dengan menggunakan fee yang bisa didapatkan langsung setelah proses transaksi selesai atau dikumpulkan dalam 2 hingga satu bulan.

Fitur aplikasi Bukalapak

  1. Bukalapak memiliki fitur rekening bersama, yang mana saat pembeli melakukan pembelian, penjual tidak akan menerima uang sebelum pembeli menerima barang
  2. Selain penjual, siapa saja juga bisa membuat toko di Bukalapak
    Terdapat beragam metode pembayaran dengan beragam barang yang tersedia
Nama AplikasiBukalapak
Versi5.27.3
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran Download31 MB
Dirilis tanggal7 Feb 2014
Diupdate pada4 Jan 2023
DeveloperPT Bukalapak.com
DownloadKlik Disini

Kesimpulan

Aplikasi jual beli online ialah aplikasi yang menyediakan platform untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa melalui internet.

Demikian artikel tentang 7 rekomendasi aplikasi jual beli online paling populer, semoga infotmasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.